Thursday, 25 April 2013

Ada Pembunuh di Dalam Seminar... PART 1

Potsdam-Germany, 14-24 April 2013

Ini adalah permainan seru selama gue hidup haha
Jadi ceritanya selama 11 hari ini gw ada seminar kerja di Potsdam (deket Berlin). Pesertanya para pekerja sosial (FSJ) internasional. Pas seminar gw ini, Negara yg ikutan itu dari : Indonesia, Mongolia, Kirgistan, Rusia dan China.

Mereka datang dari berbagai kota di Jerman. Gw dan beberapa anak Mongol lain, datang dari Hannover. Ada lagi yg datang dari Jerman bagian bawah. Dari Heidelberg, dari Stuttgart, St. Georgen, dsb.

Wednesday, 10 April 2013

Darrel dan topengnya..

Nama Jermannya :
PROGRESSIVE MUSKELDYSTROPHIE :
Infantile aufsteigende Beckeng├╝rtelform (Typ Duchenne)

Istilah gampangnya adalah kelainan pada otot (Muscle / Muskel). Penjelasan singkat yg gw dapetin dari atasan gw (dengan pemahaman bahasa jerman gw yg ala kadarnya) adalah si otot ini menekan secara progressive organ-organ tubuh penting, hingga akhirnya si organ tubuh itu pecah dan tidak berfungsi lagi. Orang yang terkena penyakit itu meninggal, ketika si otot berhasil menekan Jantung sampai pecah.

Wednesday, 3 April 2013

Apa yang gw lakukan sekarang?

Well, ga kerasa udah lebih dari setaun gw di sini. Tandanya, Homestay gw yg satu tahun udah berakhir. Jadi sekedar pemberitahuan, gw udah ga tinggal lagi di rumahnya Huseyin sama Asiyla ya.. Udah ada yang ngegantiin gw di sana hehe

Berhubung gw masih pengen tetep tinggal di Jerman untuk menimba ilmu lebih dalam lagi, gw ngelamar kerja sosial di sini. Kalau istilah bahasa jermannya FSJ (Freiwilige Soziales Jahr ). Kontraknya sama kayak homestay, satu tahun. Jadi selesai akhir Februari tahun depan. Sebenernya gw pengen langsung kuliah, tapi sepertinya banyak syarat yang belum terpenuhi. Dari mulai deposit sampe sertifikat bahasa Jerman. Syarat bahasa untuk ambil kuliah psikologi rada tinggi memang. Soalnya bahasa psikologi kayak bahasa kedokteran. Jadi bahasa jerman sulit yang banyak istilah-istilah alakazam di sana hehe