Wednesday, 16 September 2015

#TIPS MENULIS 2 : Tulisan yang Mudah Dipahami

“Kak, aku kesel. Masa orang-orang pada ngehina tulisan aku. Terus pada bilang ga ngerti sama yang aku tulis. Mereka itu bodoh apa gimana sih? Masa gitu aja ga ngerti. Huh.“
“Gue ini emang liar nulisnya dan banyak yang ga ngerti sama tulisan gue. Gue sih bangga, tandanya gue unik. Ga ada yang bisa nyamain kecerdasan gue berarti, Dhir.“

Kalimat curhatan dan kalimat kepedean diatas sering banget gue denger. Bangga, karena tulisannya ga dimengerti orang lain, kesel karena menganggap orang yang membaca tulisannya bodoh karena ga ngerti setelah baca tulisan yang dia buat.

Sunday, 13 September 2015

Ketika Cinta Begitu Berat

-SERIAL VOLKERT FAMILY 1-

Baca ini dulu, sebelum melanjutkan (klik link) ~> Volkert Family Trees & Sinopsis Cerita

“Ibu, apa gejala jatuh cinta itu?” Tanyaku datar. Pertanyaan dengan nada serius yang begitu saja terlontar dari mulutku yang hampir memasuki usia dua puluh lima tahun. Pertanyaan yang seharusnya ditanyakan ketika aku remaja – yang sayangnya tidak pernah terlontar karena aku tidak pernah merasakannya. Pertanyaan menggelikan yang seharusnya tidak ditanyakan oleh pria dewasa sepertiku. Pertanyaan yang…sialnya sudah terlanjur keluar dan tidak bisa ditarik kembali karena ibuku sudah mendengarnya.

Monday, 7 September 2015

Ketika Cinta Tak Berbalas

“Seharusnya kau berusaha mengerti. Mengapa kau—
Tidak pernah bisa menjadi hujan yang jatuh persis di hatinya.“

Aku tahu, sudah berapa lama kau mencoba berhenti. Aku juga tahu, sudah berapa lama kau mencoba melupakan. Hari-hari yang kau lalui karena menyukainya itu terasa menyakitkan, karena ia tak pernah memperhatikan. Perhatiannya tak pernah tertuju kepadamu, hatinya hanya tertuju kepada wanita itu dan ia lebih memilih berhujan-hujanan di atas cintanya dan bukan cintamu yang turun dengan sendu.

#Puisi : Akan Ada Saatnya

A . K . A . N -  A . D . A
S . A . A . T . N . Y . A

Pasti akan ada saatnya, ketika jantung ini berdetak tidak seperti biasa dan merasakan keterikatan lebih kepada seseorang dan orang itu adalah kamu.

Friday, 4 September 2015

#Kisah Az & An 7 : Jangan Tinggalkan Aku Sendiri

“Jadi, berapa lama?“ Tanyanya menuntut jawaban segera. Aku mengalihkan pandanganku dan menatapnya dengan senyuman maklum, “Tiga hari aja kok, mas. Sebentar, kan?” Jawabku. Bahunya yang bidang turun dengan lemasnya, keningnya berkerut dan aku tahu, sebentar lagi pasti ia mulai merajuk, “Aaah, adee. Kelamaan. Kenapa sih, ga bisa nunggu mas aja? Kan kita bisa berangkat barengan tiga hari kemudian. Kenapa? Kenapa ga bisa, kenapa?” Rajuknya, masih tidak terima.

Aku mendekat, memegang kedua pipinya dengan kedua tanganku. Menatapnya dengan lembut tanpa berujar apapun. Yang ditatap, hanya mengalihkan pandangan kesal, “Jangan tiga hari. Kelamaan. Berangkatnya dua hari lagi aja, ya. Kalau ditinggal ade sama si kembar sehari aja, mas masih sanggup deh. Please.” Ujarnya memohon.

#TIPS MENULIS 1 : Pentingnya Latihan

“Gimana sih, kak caranya cepet dapet inspirasi nulis?“
 “Aku susah banget mau nulis, abis idenya ga keluar-keluar sih, kak.”
“Kak, aku ga jago nulis. Gimana mau buat buku? Pasti ga akan ada yang baca.”

Pertanyaan dan pernyataan di atas adalah hal-hal yang sering gue dapet akhir-akhir ini. Sebagian besar menanyakan cara termudah dapat inspirasi menulis, sebagian yang lainnya memberikan pernyataan negatif atas dirinya sendiri yang katanya ga bisa nulis atau ga jago nulis.