Thursday, 19 April 2012

ajari dia, agar mengerti Part 1

Hallo, lama ga cerita2 di blog yaa..hehe
maaf2, minggu2 ini lagi agak ribet soalnya :p dimulai dari ade2 asuh gw lagi pada libur paskah 2 minggu. jadinya, mereka non-stop di rumah. Otomatis, gw juga harus non-stop merhatiin mereka. Ditambah sekarang, gw udah masuk lagi les bahasa jermannya dan banyak bener PRnya. Jd waktu gw abis buat ngerjain PR sama jagain bocah2. Sekalinya kosong, gw malah puas2in nonton sama donlot, saking jarangnya gw punya waktu sendiri buat relaks haha.

Nah, selama gw di sini banyak hal menarik yg gw lakuin sama bocah2 ini. Pastinya, gw di sini ga diem aja dong, cm main sama mereka, ngawasin mereka, dll. ada hal2 yg menurut gw, mereka itu ga pantes ngelakuin suatu hal dan menurut gw, gw berkewajiban buat ngajarin mereka mana yg bener dan mana yg salah :D

karena di sini, gw posisinya di keluarga ini sebagai kakak tertua. gw sih, ngebayangin aja klo tiba2 ade2 gw ngelakuin hal2 negatif sampe gede, kira2 perasaan gw gimana. atau bahkan gw ngebayangin, klo gw jadi ibu terus ngeliat anak gw ngelakuin hal2 yg ga pantes, perasaan gw sebagai ibu gimana. berhubung gw ga suka, jadinya gw ngerasa harus ngajarin anak2 di keluarga ini juga hehe

Jujur, gw belom jadi psikolog. gw juga belom punya banyak pengetahuan soal ngurus anak. Tapi, gw berusaha sebisa mungkin buat ngajarin ade2 asuh gw dengan cara gw sendiri. Gw juga selalu berdoa semoga cara gw ga salah yaa hehe

dan kalaupun suatu saat ternyata mereka berubah ke arah yg baikpun, itu bukan karena gw. Tapi Allah-lah yg berperan penting. Allah yg membolak balikan hati manusia kan. gw sih cuma, ngajarin aja. klo berubah, Alhamdulillah. Klo ga berubah, ya di coba lagi sampe mereka ngerti :D

Contohnya Hüseyin. Anak ini masih 4 tahun, cuma kadang2 ga sopan. Dy manis sifatnya sebenernya. Care sama adiknya, sayang sama kakaknya, tapi kadang2 klo lagi badmood. OWW!! kadang teriakin orang yg lebih tua, nendang, mukul, lempar barang. pokoknya, jauh dari sopan dan bener2 parah. gw gatel banget, pengen ngajarin dia, klo itu tuh, bukan sifat yg baik.

at the first time, gw nyerah. bukan karena gw ga sanggup ngadepinnya, tapi karena faktor bahasa gw yg masih minim. jadi, minggu2 awal gw cuma merhatiin dia, dan nyari alesan di balik semua kelakuan dia. Semacam observasi gitu lah hehe pasti ada sesuatu hal kenapa dia bisa ga sopan gitu. ntah mungkin karena di manja, kemauannya selalu diturutin, ga pernah di marahin, dll.

karena gw ngamatin tiap hari, akhirnya gw nemu. Pertama, klo dia ngelakuin kesalahan ke kakaknya. Awalnya, kakaknya marah. Cuma klo hüseyin udah nangis sambil teriak2, kakaknya ga jadi marah dan langsung meluk dia, terus bilang "Gak papa, gak papa. Hüseyin maaf, ya" gw heran, yg salah adenya kok yg minta maaf kakaknya.haha
Kedua, klo dia mulai lempar barang, ga ada yg nyetop dia buat berhenti. di biarin aja gt lempar2. Malah, kadang di samperin. terus orang yg di aniaya sama hüseyin, yg minta maaf.ckck. salah ini, salah..
Ketiga, klo dia udah mulai nendang atau mukul, yg di pukul cuma bilang 'aw' dan pindah ke tempat lain yg agak jauhan biar ga kena pukul. Ya gitu aja terus, sampe kemauannya ada yg nurutin dan akhirnya dia diem.
Orang tuanya terlalu sibuk sama tokonya. Jadi kadang2, mereka ga mau repot dan langsung nurutin kemauannya supaya dia diem. Walaupun kadang2 di marahin sih, tapi ga gt tegas. jd kata gw sih, ga ngefek ya hehe

Sampe suatu saat, hüseyin main sama kakaknya dan gw ga liat gimana kejadiannya kayaknya dia ga sengaja tangannya nonjok hidung kakaknya. Berhubung, hidung kakaknya pernah patah, jadinya klo kesentuh dikit bisa langsung nyeri. yg kesentuh dikit aja udah sakit apalagi klo ketonjok. Jadilah, air mata kakaknya turun dengan otomatis. Gara2 sakitnya, sakit banget kayaknya. gw aja yg ngeliat berasa ngilu, apalagi yg ngerasain T,T

gw akhirnya, nyamperin hüseyin dan bilang : "Hüseyin, Sag Entschuldigung." Hüseyin, ayo bilang maaf.
Tapi dianya, malah nangis dan teriak2in gue. gw pasang muka tegas aja. seolah2 ga terpengaruh sama teriakannya dia. kakaknya, tiba2 megang tangan gw dan bilang "Nadhira, gak papa kok. biarin aja.."
ekspresi muka gw tetep ga berubah dan gw bilang ke kübra, "Maaf kübra, tapi hüseyin harus belajar caranya minta maaf. Kalo kamu terus2an lembut ke dia, ketika dia berbuat salah, sampe gede dia bakalan terus kayak gt. Ga cuma ke kamu aja, tapi ke orang lain juga. Sekarang, kamu duduk aja di sini, aku coba bujuk dia. Tapi tolong, kamu harus kerja sama sama aku ya...He must learn it, okay?"

akhirnya, kübra ngangguk. gw coba bujuk hüseyin lagi, tapi dia malah lari ke kamar dan nangis teriak2 di situ. gw ikutin dia dari belakang, buka pintu kamar, dan ngeliatin dia tanpa bersuara, tanpa ekspresi. gw kasih dia waktu nangis, sekitar 2-3 menit. gw berdiri di depan pintu, dan cuma empat kata yg keluar dr mulut gw, 'Hüseyin, bist du fertig?' Hüseyin, udah nangisnya?

Dia masih teriakin gw, gw masih tetep pasang muka tanpa ekspresi, tp mulai jalan perlahan ke arah dia. duduk di sebelah tempat tidur, ngelus2 rambutnya, awalnya dia berontak, tapi gw tetep deketin dia perlahan, dan bilang 'Hüseyin sayang, coba liat. tadi 'abla' (kakak perempuan, bahasa Turki) kesakitan, kena pukul tanganmu. Kamu lihat kan, tadi abla nangis. Itu sakit banget loh, hüseyin. Ayo, minta maaf yuk. Sini, aku temenin..'
Terus hüseyin jawab, "TAPI AKU GA SENGAJAA!! AKU GAMAU MINTA MAAF! AKU GA LIAATT!"
Gw ga nyerah, "Klo gt kamu bilang ke abla ya, klo kamu ga liat dan km minta maaf karena ga sengaja mukul. Tadi liat kan, abla sampe nangis kesakitan gitu. kamu ga sayang, sama abla?"
Hüseyin, ngeliatin gw ragu terus bilang, "Sayang..."
"Klo gitu minta maaf ya, sini aku gendong. aku temenin juga."
Dia mau di gendong, kita berdua nyamperin kübra yg masih nangis kesakitan. tapi, pas udah duduk di depan kakaknya, dia malah diem aja, "Hüseyin, Sag Entschuldigung. Abla Entschuldigung." Hüseyin, bilang maaf. Abla, aku minta maaf. cuma tetep dia diem, dan nangis lagi. terus pengen lepas dari pangkuan gw, dan kabur lagi sambil teriak2 ke kamar.

Gw diem, terus ngeliatin kübra, "Schatz, bist du okay?" Sayang, km gapapa? Kübra ngangguk, tapi itu air matanya ga berhenti ngalir, aduh sakit banget pasti tuh. trs dy jawab, "Ein bisschen" mendingan.
gw ngangguk, dan nyamperin hüseyin lagi. gw apus air matanya, ngajak ngobrol kayak tadi. bawa dia ke depan kakaknya.. but still, kata maaf itu ga keluar dari mulutnya. Dan tetep nangis, tetep teriak2. Berharap suatu saat, gw jd lunak dan biarin dia ga ngomong minta maaf ke kakaknya. sekaligus shock juga karena tiba2 kakaknya ga nyamperin dia.

Hal itu terus berulang2, sampe 1 jam gw bujuk dia. terus gw tarik, gw gendong ke depan kakaknya. bujuk dia buat minta maaf. gw ga peduli berapa banyak waktu yg gw butuhin buat ngebujuk hüseyin, bilang kata 'maaf'. Menurut gw ini penting, menurut gw dia harus belajar. Sampe akhirnya, hüseyin tahu klo gw tetep ga akan nurutin kemauannya dan kakaknya tetep nunggu dia bilang maaf. Sampe hüseyin sadar bahwa, gw ga akan terpengaruh walaupun dia nangis sampe guling2. gw tetep akan ngelakuin hal yg sama : biarin dia nangis, nyamperin dia pelan2, ngelus rambutnya, ngusap air matanya, gendong dia dan pangku dia di depan kakaknya, megang tangan kanan hüseyin, nyodorin tangan kanannya ke tangan kanan kakaknya, dan selanjutnya gw akan bilang, 'Hüseyin, sag entschuldigung. Abla entschuldigung...' Hüseyin, bilang maaf. Abla, aku minta maaf...

Dan sampai pada saat, tiba2 dia bilang, "Abla, Ents-chul-di-gung" Ab-la, a-ku min-ta ma-af...
Omongannya kaku dan malu2 gt. gw baru sadar, ini kayaknya pertama kalinya dia bilang maaf. Sebelumnya, ga ada yg pernah minta dia bilang maaf, dan ga ada yg ngajarin dia cara minta maaf. Mungkin ada yg ngajarin, tp klo dia udah ga mau minta maaf, di biarin aja gt ga di follow up haha

Setelah minta maaf, kakaknya langsung meluk dia dan bilang, "Iya, hüseyin. gpp kok, udah ga gt sakit lagi :)"

Hüseyin ngeliatin gw sambil cengar-cengir, "Gampang kan hüseyin, bilang minta maaf. Lain kali, klo km ngelakuin kesalahan, langsung bilang maaf ya.." Terus, dia ngangguk malu2 gt haha imut banget deehh :D

awalnya, setelah kejadian ini gw kira dia cuma tobat pas kejadian itu aja. Tapi waktu itu, dia lagi main sama ade perempuannya, asiyla. Main lego gt. cm hüseyin ngerebut paksa lego yg di pegang asiyla dan asiylanya kedorong jatoh. sebenernya, harusnya gpp. tp sayangnya, legonya lagi berserakan di atas karpet. Jadi asiyla jatoh di atas lego2 itu. Otomatis dia nangis, gara2 sakit. gw langsung bilang, 'Hüseyin minta maaf sama asiyla!' eh, dianya malah teriakin gw terus kabur keluar kamar. gw udh feeling sih, pasti dia kabur nungguin gw ngejar dia. terus bilang, 'yaudah hüseyin, gpp..'haha tp sori sori aja yaa.. ga akan. gw biarin aja, dia kabur keluar kamar. ga gw samperin. terus gw nenangin asiyla, terus dengan cueknya main sama asiyla dan bener2 ga peduliin hüseyin :p

terus yg kocaknya, hüseyin ngintip dr balik pintu gt. gw cuma ngeliatin aja, tp ga ngomong apa2. terus ngelanjutin main sama asiyla lagi hehe tiba2 dia masuk kamar dan nyamperin gw terus bilang, "Nadhira, klo aku salah aku harus minta maaf kan?" wow, gw sebenernya rada shock juga dengernya. cm gw langsung bisa memahami keadaan dan bilang, "Iya, km harus bilang maaf klo km salah.."
trs hüseyin ngangguk, "Asiyla, entchuldigung" Asiyla, maaf yaa..
gw langsung tepuk tangan gt, "wah, hüseyiinn. gitu dooonggg :) kereenn. peluk coba asiylanya terus di cium. tanya, masih sakit atau nggak.."
hüseyin langsung meluk asiyla terus dicium asiylanya, "Asiyla, masih sakit ga? maaf yaa, aku ga sengaja.."

Sumpah yaa, itu tuh caranya hüseyin ngomong maaf ke asiyla itu cute bangeett. pas meluk apalagi. seneng aja, ngeliat anak 4 tahun, meluk sm nyium adenya yg masih 2 tahun. sambil bilang, "maaf yaa. masih sakit gaa?"

Oww, hüseyiin, du bist sehr süüüßß!! hüseyin, km lucu banget siihh. gemes jadinya. gw acak2 aja rambutnya, terus gw peluk deh diaaa.. yihaaa, What a good day! :)

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

Seneng banget, akhirnya gak sia2 gw waktu itu bujuk dia minta maaf ke kakaknya sampe 1 jam lebih. akhirnya dia inget sampe sekarang, klo salah itu harus minta maaf, dan janji ga akan ngulangi lagi. Dan seneng juga, karena Allah buat hüseyin ngerti maksud gw waktu itu.

Terima kasih ya Allah, you make my day more easier :)
Ya Allah, tolong tetap bantu aku, ngajarin hüseyin yaa..
Makasih banyaakkk :D LOVE YOU, ALWAYS!!! :)
PhotobucketPhotobucketPhotobucket

3 comments:

  1. salam mbak,

    wah di Jerman mana ya?

    ReplyDelete
  2. Waaahh keren bangeeettt... :D
    hahaha..
    sejam itu lama banget lho klo ga sabar..
    :P

    beruntung banget bisa punya pengalaman kayak gini.. ^^,
    salam kenal sebelumnya deh..
    -Imam-

    ReplyDelete