Sunday, 17 August 2014

Antara Jomblo, Single dan Secret Admirer

Nama gue, Dhira.
Umur gue baru dua puluh dua tahun. Single dari kecil sampe sekarang.
Kegiatan saat ini, sibuk ke tukang jahit buat bikin baju kondangan. 
Untuk antisipasi dapet undangan nikahan lagi dari temen seangkatan.
 photo m164.gif  photo m164.gif  photo m164.gif
So, guys. 
Seperti keterangan di atas. Gue single dari kecil sampe gede. 
Bukan karena gue ga laku, tapi guenya yang gamau #tsaah
 photo m027.gif  photo m027.gif  photo m027.gif
Dan karena semakin banyak orang yang belum punya pasangan, gue jadi gatel pengen ngulas dikit apa itu bedanya 'Jomblo' sama 'Single'
Jadi, konon katanya, kedua kata itu punya arti yang berbeda. Katanya, 'Jomblo' itu nasib. 'Single' itu pilihan. Atau klo iseng nyari jawaban di Yahoo Answers, ada yang nulis jawaban gini : "Single (inggris) artinya bebas sendiri tanpa ikatan hubungan cinta dengan siapapun. Jomblo (sunda) artinya gagal terjual, tidak laku, atau tidak diinginkan."
Ada juga yang bilang kalau, "Jomblo itu ga punya pasangan karena emang ga ada yang mau. Kalau single itu punya alesan kenapa ga punya pasangan. Contohnya karena pacaran itu ga boleh sama agama, dosa. Single itu proses menjaga diri sebelum menikah, dll. Jadi intinya, single itu ga punya pasangan bukan karena ga ada yang mau, dianya aja yang gamau."
Gue sempet nemu ada orang nulis di blognya tentang perbedaan jomblo sama single. Dia bilang, "Jomblo bakalan suka update status atau ngetweet pake bahasa sendu atau galau. Sedangkan single nggak kayak gitu, kalaupun ada seorang single yang suka ngetweet galau....... itu sih namanya single berjiwa jomblo.." (bisa diliat di sini postingannya http://nelamdewinta.blogspot.com/2013/05/perbedaan-antara-jomblo-dan-single.html)
 photo 27.gif  photo 27.gif  photo 27.gif
Ooo, jadi Jomblo itu ternyata suka ngetwit galau dan sendu-sendu gitu. Jadi kalau single yang ngetwit-ngetwit galau, tandanya single berjiwa jomblo, tooh. Berarti para wanita atau pria yang memutuskan single atau tidak pacaran karena katanya 'Ga boleh sama agama. Mau menjaga diri sebelum menikah...' tapi mereka ini jadi 'secret admirer' alias naksir seseorang diam-diam dan ujung-ujungnya ngetwit galau karena ga tahu harus ngomong atau ngelampiasin kesiapa (soalnya yang ditaksir juga ga tau dia naksir. Namanya juga secret admirer), berarti para single yang katanya gamau pacaran karena menjaga diri sebelum menikah tapi kenyataannya ngetwit galau adalah termasuk para single berjiwa jomblo. Bener, bukan? AHAHAHA #devillaugh
 photo 10.gif  photo 10.gif  photo 10.gif
Oke Dhir, cukup ketawanya #pfft
Jadi gini, gue cuma mau bilang bahwa, "Ga ada salahnya kok, mutusin Single atau tiba-tiba statusnya jadi Jomblo yang katanya ga ada yang mau hehe. Tetep, mau jadi Single atau Jomblo, dua-duanya sama-sama udah punya jodoh masing-masing yang nama pasangannya masih Allah jaga." Cuma bedanya ya itu, klo jadi Jomblo itu terkesan ga sabaran. Merasa dirinya sengsara banget belum ada pasangan, sirik sana sini ngeliat temen-temennya nikah atau gandeng seseorang. Tapi klo milih jadi Single karena alasan pacaran itu ga boleh sama agama dan mau menjaga diri sampai Allah mengantarkan pasangan kita, berarti kita harus bener-bener sungguh-sungguh Bismillah, konsisten sama prinsip Single kita ini.
 photo m059.gif  photo m059.gif  photo m059.gif
Nah, menurut gue yang statusnya masih sebagai wanita Single tak mau pacaran, hal yang paling susahnya minta ampun adalah kalau gue naksir seseorang. Mau bilang ke orangnya langsung, masih ga berani. Belum tentu dia suka sama gue dan mau ngelamar gue, kan? Mau diem aja, ujung-ujungnya jadi Secret Admirer. Jadi kayak lagunya Tulus, deh : "Biarkanku memelukmu tanpa memelukmu, mengagumimu dari jauh. Aku menjagamu tanpa menjagamu, menyayangimu dari jauh." Nahloh.
 photo 85.gif  photo 85.gif  photo 85.gif
Jadi karena ga bisa ngomong langsung sama orangnya, ujung-ujungnya cuma ngeliatin dia aja dari jauh. Kalau dia seneng, ntah kenapa gue jadi ikutan seneng. Kalau tiba-tiba papasan padahal ga janjian, seolah-olah gue dan dia adalah takdir yang sudah di tentukan oleh Allah. Padahal, klo gue ga naksir dia mah, tiba-tiba ga sengaja ketemu juga biasa aja perasaannya. Karena realita jatuh cinta adalah semua hal yang terjadi biasa aja terasa menjadi berlebihan dan seolah-olah berhubungan antara gue dan dia. Tapi realita yang sebenarnya adalah ketika gue ga suka sama dia, hal-hal yang kayak gitu ga berasa ada hubungan apa-apa antara gue dan dia. Semua berjalan biasa aja, ga ada yang perlu di lebay-lebay-in. Ya nggak?
 photo 80.gif  photo 80.gif  photo 80.gif
Skill yang tersembunyi yang mulai terasah orang-orang yang jadi secret admirer adalah jadi jago nge-stalk orang yang di taksir. Gue akuin, gue tetep ga jago-jago amat nge-stalk. Masih tahap standar lah, liat postingan Instagramnya, Facebooknya, paling ngobrol sebentar via Whatsapp. Tapi gue punya temen, ya ampuunn itu yang namanya nge-stalking cwo incerannya jago buanget. Ampe gue heran, itu gimanaaa nemunyaa. Tiba-tiba aja temen gue ini nge chat gue, "Dhiirr, kesel banget sih. Kok dia dapet mention dari cwe A?? Centil banget tuh cwe!" atau "Dhir, hari ini dia mau ke tempat A,B,C,D loohh. Ya ampuun, dia ganteng banget!" dan sebagainya, sebagainya. Gue ga ngerti lagi deh, ini temen gue ngubek-ngubek twitter cwo incerannya gimana caranya? Tau si do'i mau pergi kemana, gimana caranya? Padahal, dianya sendiri ga berani ngobrol langsung maupun tidak langsung. Super banget O,O
 photo 30.gif  photo 30.gif  photo 30.gif
Jujur, jadi secret admirer itu udah pernah gue rasain. Gimana galaunya, gimana sedihnya kok dia ga ngerti-ngerti klo gue naksir? Gimana patah hatinya, ternyata dia punya calon lain. Ujung-ujungnya gue jadi banding-bandingin cwo yang suka sama gue dengan cwo yang gue taksir. Kan salah banget, kayak gitu kan? Sampe ngetwit galau juga pernah. Walaupun ga parah-parah banget sih, twit galaunya hehe. Jadinya gue sempet masuk kategori 'Single berjiwa Jomblo', deh bukan Single seutuhnya. Sebel banget. Tapi In Syaa Allah gue udah tobat kok hehe. Do'akan terus, yaa :)
 photo 04.gif  photo 04.gif  photo 04.gif
Klo kata Mb Fufu di bukunya yang judulnya : 'Jodoh Dunia Akhirat. Merayu Allah Menjemput Dalam Taat' itu "Jodoh itu sesungguhnya begitu dekat, bahkan kita dan jodoh kita berada di circle yang sama. Hanya saja, prasangka-prasangka, perasaan-perasaan yang tak seharusnya dan fokus kita kepada orang lain yang telah menghijabi kesadaran kita akan kehadirannya.."

Nah, jadi kesimpulannya. Berhentilah jadi Secret Admirer wahai para manusia-manusia Single. Punya Secret Admirer malah bisa jadi penghalang kita ketemu sama jodoh kita yang sesungguhnya, looh. Apa enaknya, jadi Secret Admirer bertahun-tahun, ujung-ujungnya dapet undangan pernikahan dia dengan orang lain? SAKITNYA TUH, DI SINII #nunjuk2kehati
Ya tapi klo mau dipikir-pikir, ya wajar aja cuma dapet undangan nikahnya doang. Orang yang ditaksir juga ga tau klo kita naksir dia. Iya ga?
 photo m048.gif  photo m048.gif  photo m048.gif
Makanya, gue In Syaa Allah udah berhenti jadi Secret Admirer. Walaupun awal-awalnya susah banget. Tapi gue tetep bertahan. Niat suci kan, jadi Single karena Allah. Godaan-godaan itu pasti ada emang. Tiba-tiba dia jadi tambah ganteng, tiba-tiba dia jadi tambah berkharisma, tiba-tiba dia nge-Whatsapp, tiba-tiba...tiba-tiba...tiba-tiba...
Intinya satu, Setan itu pasti godain kita dari sudut manapun. Tapi percaya deh sama gue, Allah pasti bakal nguatin hati kita kok, kalau memang kita itu niat berubah. Percaya deh sama gue. Gue udah pernah ngerasain itu semua. Ayo, fokus bersihin diri sendiri. Lurusin niat, biar ga belok-belok. In Syaa Allah, bisa. Aamiin :)
 photo m178.gif  photo m178.gif  photo m178.gif
Susah? Iya gue tau, susah. Tapi In Syaa Allah gampang, kalau kalian memang berniat dan take action untuk berubah :) Trust me. Allah menolong hambanya yang terus berusaha berubah ke arah yang lebih baik, kok. Tenang, sajaa. Keep going :D
 photo cz23.gif photo cz23.gif photo cz23.gif
Yang paling gue ga abis pikir adalah ketika gue dapet curhatan dari temen-temen gue. Contohnya ada yang naksir cwo yang katanya agamanya bagus, sampe kuliah ke universitas islam terkemuka di Luar Negeri, cerdas, dewasa, dan lain-lain. Pokoknya perfecto klo bakalan jadi suami. Tapi temen gue curhatnya intinya gini, "Dhir, kok dia tega banget sih Dhiir. Dia tau gue ga mau pacaran,  tapi kenapa klo ngobrol ke hal-hal berkaitan masa depan gitu, ke gue? Kan gue jadi bayangin yang nggak-nggak, Dhir. Udah gitu dia sendiri sempet bilang klo belum siap nikah. Tapi seolah-olah dia itu ngobrol ke gue kayak lagi ngerancang masa depan antara gue dan dia. Dia tau ga siihh, klo gue suka sama diaa?? Jahat bangeet. Gue harus gimana dong, Dhiirr?? Walaupun kelakuan gue masih preman, gue juga menganut paham ga mau pacaran sebelum nikah. Tapi gue gamau di kode-kodein sama dia mulu. Gue mau konfirmasi perasaan dia ke gue kayak gimana, tapi takuut. HUAAA."
 photo m147.gif  photo m147.gif  photo m147.gif
Jujur, gue juga pada saat itu bingung mau jawab apaan. Tapi, waktu itu gue sempet bilang ke dia gini, "Kalau memang dia punya dasar agama yang bagus, demi menjaga perasaan kamu yang gamau pacaran, harusnya dia STOP ngomongin hal-hal sensitif itu ke kamu. Bilang ke dia baik-baik untuk berhenti bahas masalah kayak gitu atau kamu ganti topik ke obrolan yang netral. Usahain, biarpun cuma chatting, ngobrolnya klo bisa banyakan di grup. Jangan kebanyakan ngobrol cuma berdua, doang. Kalau dia masih tetep bahas-bahas kayak gitu, gue sebagai temenmu jadi mempertanyakan kualitas pemahaman agamanya dia. Harusnya, kalau agamanya bagus, dia tahu batas-batasan berhubungan sama perempuan itu gimana. Ya kan?"
 photo m155.gif  photo m155.gif  photo m155.gif
Untuk para wanita yang memutuskan Single karena Allah, please banget belajar untuk bisa nahan diri dari godaan para lelaki yang suka ngasih harapan palsu dengan cara yang halus. Pelajari coba baik-baik, bener ga sih sang pria ini punya agama yang bagus? Bersikap tegas buat bilang "Tidak", kalau emang dia nggak kasih kepastian untuk datang ngelamar. Gausah main api, dengan mau-mauan ketemu sama dia berdua doang. Alesannya mungkin, "Kita ketemu ga ngapa-ngapain, kok.." Tapi setankan punya cara lain untuk menggoda. Digoda pacaran gamau, paling pulang ketemuan langsung galau sana sini karena timbul perasaan baru ke dia yang tadinya belum pernah muncul :p. Hayoo. Mendingan, yuk mariii, cari calon suami yang bisa menghargai kita dengan benar, teman-temaaannn :)
 photo m015.gif  photo m015.gif  photo m015.gif
Untuk para pria yang memutuskan Single karena Allah, please juga 'STOP' ngasih harapan palsu ke wanita incerannya. Kalau serius, lamar. Kalau belum, ya siapin diri dulu. Tapi gausah bilang-bilang dulu ke incerannya. Tunjukin dong, kalau kalian itu pria sejati. Bukan pria yang cuma bisa ngomong doang, mengumbar janji yang belum tentu bisa ditepati. Ingat ya, lelaki luar biasa itu yang tahu bagaimana memperlakukan wanita sesuai ajaran Allah. Bukan malah mempermainkan hatinya. Nah nah naaahh :D
 photo m145.gif  photo m145.gif  photo m145.gif
Jodoh itu hanya Allah yang tahu, kawan. Allah bisa suka-suka mengubah siapa yang bakalan jadi jodoh kita, loh. Mungkin, Allah mau mengabulkan doa kita dengan menikah dengan wanita atau pria inceran kita. Tapi, bisa jadi kalau kita STOP mikirin si dia dan terus upgrade diri kita ke arah yang lebih baik, bisa jadi Allah mengubah jodoh kita dengan memberi kita suami atau istri yang kualitasnya lebih tinggi dari inceran kita yang sekarang. Who knows? Allah knows. Wallahu a'lam :)
 photo 63.gif  photo 63.gif  photo 63.gif
So, buat para pangeran-pangeran berkuda gagah..
Selamat menempuh rintangan berliku, untuk menjemput sang putri yang menunggu di dalam kastil indah :)
Ingat yaa, sainganmu banyak, pangeraan.
Kalau terlalu lama di perjalanan, nanti putrinya keburu keambil sama pangeran terpilih yang dateng duluan :p
Asah terus kemampuannya, biar rintangan berliku dari Allah bisa segera cepat terlewati hehe

Untuk para putri-putri berhati lembut...
Yuk, siapkan diri menyambut pangeran terpilih yang datang :)
Dengan menanti dalam ketaatan dan terus memperbaiki diri kepada Allah yang Maha Penyayang.
Pangeran tersebut sudah susah payah melewati rintangan yang sudah disiapkan Allah loh, jadi jangan buat ia kecewa :)

Sang pangeran datang dengan gagah berani dengan kepantasan yang tinggi, karena berhasil lolos menempuh rintangan berliku yang Allah berikan..
Sang putri menyambut dengan keanggunan dan senyuman menyejukkan yang terpancar karena ketaatannya kepada Allah..

Hingga pada akhirnya, tak dapat dipungkiri lagi. Semua orang mengakui, bahwa sang putri dan sang pangeran adalah pasangan yang serasi :)
 photo m045.gif  photo m045.gif  photo m045.gif

58 comments:

  1. Heuheuy mama komen duluan... Meskipun temanya soal Man joddoh wajodoh,mama meng-aminkan aja,buat para single yg berusaha menjaga diri dg memilih single(asal konsisten ya dg komitnya untuk singke karena Allah). Semoga Allah menjaga Iffah kalian dan mempercepat datangnya jodoh yg paling okei untuk kalin semua Wahai para singke krn Allah. Emang berat tp sabar ya... InnAlloha ma'a shobiriin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, makasih mamiii *kissu2*

      Delete
    2. kalo menurut cak lontong, perbedaan jomblo dan single itu, jomblo itu sudah pasti single kalo single belum tentu jomblo, misalnya orang main badminton, main single satu lawan satu, belum tentu yang main single itu jomblo

      Delete
  2. Masyaa Allah.. TOP dhir �� smoga kita segera dianugrahi pangeran terbaik dari Allah..
    btw, kiriman postcardnya uda nyampe Bontang lohh.. ��
    danke.. ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau gituu. Seneng postcardnya udah sampeee. Soalnya, suka nyasar entah kemanaa hehe.

      Makasih yaa, udah sempetin bacaa :)

      Delete
  3. dulu gue juga sempat masuk kedalam golongan orang yg menyadang status single berjiwa jomblo. tp alhamdulillah sekarang udah enggak. Karna mungkin aktivitas pada waktu itu jauh berkurang dari biasanya, makanya jadi sampai ngetwit2 galau tanpa tujuan :D. Tp ada yang gue heranin, kok gue sering dibilang PHP ya, bukanya wajar kalau ada lawan jenis mendekati karna ada alasan tertentu yang masuk akal, misal tanya informasi dan lain lain, setelah tau si doi mennyimpan perasaan gue jadi menjauhi. dan gelar PHP pun akhirnya entah dari mana nyangkut dan kedengeran ditelinga gue. gue sih gak ambil pusing. cuman kadang mikirin jg sh, Apakah bener ya sikap gue bgtu ? jangan2 secara g sadar emang gue PHP ya ? hemmm ya sudah lah:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya klo menurut sy, kita menjauh banget dr dia tiba2 jg ga bagus juga. Klo emang statusnya temen, ya bersikap aja biasa. kadar komunikasinya di kurangin. ngobrol kalau yg penting2 aja.
      Masalah jd dpt gelar PHP, mungkin ketika ngobrol sama si do'i sempet ada obrolan yg menjurus, yang menurut dia agak ngasih harapan gt hehe jadi yaa, kena sial dapet gelar itu deehh :p

      klo sy malah dapet gelar ga peka. Suka ga nyadar klo maksud dia itu mau pendekatan hehe. Buat sy soalnya, klo ga dtg ke ayah sy langsung, ga pernah sy anggap serius. Jd selalu dianggap bercanda aja atau main2 doang :p

      Delete
  4. Pedes... kayak Pak Kepsek Indra Noveldy. Hehe.
    Kalau disambung ama tulisan2 lain ya berkaitan semua, dari mas Ippho yg bilang gelar sajadah aja, biar gk dpt gelar PHP, ditambah mbak Peggy Gelar sajadahnya di sepertiga malam (terakhir). In sya Allah dah Jodoh Dunia Akhirat. Trus tujuan nikahnya ditambah bisa ngafalin Quran berdua kata Ust Yusuf Mansur. Top Dah...
    Btw kok komenku kata orang semua, mana pendapat sendiri ya? Hehe.
    Gk papa dech, Dengar-Taati-Lakukan aja.
    Sukses mbak...

    ReplyDelete
  5. Uhuuuuy~ makin mangteb aje nih dhiraa~
    asikasiiik~ ini macem jawaban dari curhat para single-itah
    dijawabnya kaya kuliah umum gituu cihuuuy~ keceee bangeeet~ :DDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ceilaahh, jeng usiii. Makasih yaa udah nyempetin baca blog eikeeuu hehe #hugs2

      Delete
  6. Assalamualaikum Dhira, salam kenal yaaa aku baru pertama kali main kesini :) subahanallah Dhir blogmu sprtinya berkah sekali, very inspiring! And i wanna thank you for that, really

    Cerita tmen kamu yg diajak ngomingin masa depan dll sama cwo yg dianggep agamanya oke itu juga kejadian sama aku hahaha persis banget minus dia ngga kuliah ke ln. Tapi mgkin aku emg rada bandel dan udah capek takut misreading mixed signals, akhirnya aku bilang aja terus terang. Gara2 obrolan kita sering merembet ke yg errrr gt deh, aku kan ngga enak krn ada perasaan sama dia. Doesnt mean that I wish we're in relationship or anything, tp aku pengen bilang aja lah drpda mikirin terus.

    Dan jawaban dia adalah *tetereret* aku cuma dianggep adek yg enak diajak curhat and nothing more. Dia udah menemukan 'putri'nya dan jelas bgt kalo itu bkn aku :')

    Awalnya sakit hati sih, udah lmyan lama kita 'deket'. Trs muncul juga perasaan nyesel krn ngapain aku pake acara confession segalaa?! Dodoool hahaha. Tapi trs istighfar... ya Allah akhirnya nunjukin kalo selama ini aku nyasar sedikit, salah jalan. Plus, dikasih tau jalan yg benar seharusnya kemana, terang dan jelas. Alhamdulillah sekarang udah nggak mikirin dia trs di sela2 waktu luang. Nggak membayangkan hal2 yg dikompori sama setan itu lagi. Lebih fokus utk target2 yg lebih besar, membahagiakan ortu. Dulu masih aja sempet mikir kpingin mmbahagiakan dia. Astaghfirullah, siapa dia sampai disandingkan sama ortu? Semoga bisa jadi pelajaran, dan kita semua ttap diberi kekuatan utk istiqomah, aamin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum Salam, salam kenal jugaa.
      waah, mb bilang langsung kyk gt untuk mastiin perasaan, bisa dibilang oke banget tuh. cm baiknya harusnya mb ga nanya langsung ke orangnya. Tp lewat jalur perantara orang lain. Kyk istrinya Rasulullah, Khadijah r.a :)

      Jadi mb mastiin lewat jalur perantara orang lain yg terpercaya, kira2 si dia udah siap menikah atau belum? atau sudah punya calonkah? klo sudah siap dan belum punya calon, mau ga kira2 berproses sama mb hehe. Jd kalau lewat perantara orang lain yg terpercaya, untuk menjaga kita aja supaya ga malu2 banget kalau di tolak hehe. Cara kyk Khadijah r.a ini, cocok bagi para wanita tegas, drpd berandai2 kan ya, mendingan mastiin langsung hehe. Cuma ya, harus siap mental di tolak :)

      atau mau pakai caranya Fathimah r.a yg suka sama Ali. Beliau ga bilang langsung, tetapi menanti dalam taat sambil memantaskan diri kepada Allah. Fathimah terus menanti keputusan Allah, tapi menantinya bukan sambil berharap2 supaya jadi sama Ali hehe. Berdoa terus, menanti dalam taat :)

      Nahh, setelah mb ngaku jadi ketauan kaan dia ternyata mksdnya bedaa -,- cuma sy msh ga paham sama cwo2 yang katanya agamanya bagus, tapi kok curhat ke lawan jenis? Ga ada tuh istilah ade2an. yang ada malah jadi salah paham, kan? Klo yang kayak gt sih, menurut sy kualitas pemahamannya patut di pertanyakan hehe

      Oke deeh, tetep semangat buat mb! :) Semoga kita semua diberi kekuatan dan diberi pangeran gagah berani yang super duper oke sama Allah, ya. Aamiin :)

      Delete
    2. Ehehe aku jg masih 20 taun kok Dhir, panggilnya rina aja. Maunya tdi pake g+ eh malah ngga mau login T.T

      Makasih dhir sharing2nya, aku awalnya sama dia emg satu organisasi dan emg sama2 suka becandaan gt orgnya jadi santai. Lama2 jadi berubah dan skrg balik lagi sih tmen yg santai, alhamdulillah juga ngga yg jadi awkward2 bgt atau gmn, rugi kalo kehilangan tmen gara2 hal beginian.

      Mgkin nanti kalo udah mnjelang dpt gelar yg dicita2kan dan ktemu cwo macam ini baru aku tanggapin serius, dg tanya ke sso yg bisa dipercaya utk kelanjutannya. Tp kalo skrg aku mikirnya ya kyak waktu itu, heehe ngmong aja langsung kan kita bisa ttep tmenan :)

      Iyaaa itu dia, aku udah lama mikir dan ngerasa berdosa khalwat yg bkin gelisah sndri :( alhamdulillah realita non jatuh cinta nya udah balik lagi. Sadar kalo itu salah, tapi susah buat ninggalin itu menyedihkan :(

      Aamiin ya Rabb.. doa2 yg baik itu smoga dikabulkan sama Allah

      Delete
  7. semakin ngefans sama Dhira :)))
    terimakasih tulisannya Dhira... terus nulis, ya...

    ReplyDelete
  8. kak dira,
    izin copas yaaa...keren banget blognya, supaya banyak yg move on dari jomblo dan single ...
    makasih.

    ReplyDelete
  9. Cuit..cuit..jd siapakah pangeran berkuda poni yg akan menjemput putri cantikku???semoga yg terbaik untuk putri2 yg terbaik..

    ReplyDelete
  10. Bismillah... single karena Allah... :)
    aku jadi meseum - meseum sendiri dhir bacanya... heheee

    ReplyDelete
  11. Mbak, maaf ya tadi saya terlanjur nge-share tulisannya sebelum minta ijin ke mbak.
    mohon ridhonya ya mbak ��

    ReplyDelete
  12. Masya Allah, aku banget nih, Single berjiwa jomblo, setelah dapat pencerahan semoga ada perubahan, amiin.

    ReplyDelete
  13. kakaak aku juga single selama 21 tahun iniiii, dan semakin manteb single karena Allah setelah baca postingan kak Dhir. sambil memantaskan diri dalam ketaatan, kita tunggu pangeran berkuda putih. thanks kak....

    ReplyDelete
  14. assalamualaikum dhira, tulisannya aku banget,, single tapi bermental jomblo... hahahhaa... kocak tapi menusuk,.. terus nulis dan menginspirasi yaa dir.. salam kenal :D

    ReplyDelete
  15. Dhira... suka bgt, semua mirip dg ku dr kata pembuka sampai akhir..
    ijin copas yaa..aku jg kmrn habis bikin tulisan tp blm sempet upload...
    Semoga lekas dipertemukan dg perisai langit... Aammiiinn.

    ReplyDelete
  16. Assalaamu'alaykum mb dhira, salam kenal (y)
    tulisannya baguuus bgt, hampir2 sama sama yg aku rasain nih, hehe
    ijin share ya, syukron :)

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum mbak dhira...salam kenal dari Ann, yang single sejak 24 tahun yg lalu, dan pasti.y bangga karena itu ^^
    Tulisan.y amat sangat menarik, izin share ya mbak.
    Makasih sebelum.y :)

    ReplyDelete
  18. Assalamu'alaikum ka dhira
    Salam kenal ^^.
    Seneng banget bisa baca blog kaka, sangat menginspirasi. Blog tentang Jomblo-Single-dan-Secret Admirer bener-bener nyadarin aku :') Mungkin ini salah satu petunjuk dari Allah, supaya aku gk ke arah yang lebih jauh lagi, hehe ^^.
    Thankyou so much kaka, aku seneng dan lega sebelum ke arah yang lebih jauh aku harus men-STOP sisi diriku yang mengaku single berjiwa jomblo ini, dan secret admirer. Cerita blog ini bener bener nyata banget dengan yang aku alami :(
    Barakallah ya kaka ^^. Semangat berkarya mengajak dan membangun jiwa-jiwa islamiah untuk orang lain :)
    Salam kenal kaka
    Wassalamu'alaikumwarhmah (^/\^)

    ReplyDelete
  19. suka banget sama semua tulisannya ka dhira, di tunggu bukunya ya kak :)

    ReplyDelete
  20. Haduuuh dhiir,,,keren banget tulisannya....ngefans sm kmu deh..persis bgt sm ky yg ak rasain

    ReplyDelete
  21. mba dhir,jujur saya mau nge-share nih tulisan.karna tulisan ini sedikit banyak mewakili hati saya..namuunnn mba...saya takut di cap "single berjiwa jomblo" nih..hahahah

    ReplyDelete
  22. wow, keren.. :) cukup merasa juga nih, single berhati jomblo.. hahahaha

    ReplyDelete
  23. ngena banget kak tulisannya, apalagi yang secret admirer kak, izin share iyaa kakak

    ReplyDelete
  24. keyen abissssh kaka :D cukup mengobati kegalauan single fighter macam eyke

    ReplyDelete
  25. kaka super banget tulisannya, bener2 ngena di aku huhu. Keep writting kak !!

    ReplyDelete
  26. menginspirasi sekali tulisan ukhti

    ReplyDelete
  27. iya kaak dhira.. ayas juga jago banget nyetalkerin si doi krn ga ada jalan lain, DDS => Diam Diam Suka
    tapi InsyaAllah Istiqomah, prinsipnya tetep single :3 :3 :3 #fufufu

    ReplyDelete
  28. Tulisan yang bagus. Aku jomblo sih, tapi sekarang aku jomblo berjiwa single. Kalo kakak bingung mau posting apa posting ini aja : menemukan passion, soalnya kakak sendiri udah nemuin passion dan kebetulan aku suka baca tulisan kakak. Kalo kakak mau lho. Maaf keluar topik.

    ReplyDelete
  29. Tulisannya bagus banget semoga anakku yang namanya sama ma dhira bisa punya keputusan yang sama seperti dhira sll istiqomah mjd single dan hanya mau pacaran setelah nikah ajah. Aamiin ya Allah

    ReplyDelete
  30. Aiihhh Dhiraa... Ini postingan plg TOP!! Semoga tetep istiqomah dan segera dijemput pangeran yaa ;)

    ReplyDelete
  31. artikelnya keren banget kak sangat menginspirasi dan kata-katanya ngena banget,semoga saja kita bisa mendapatkan jodoh yang baik dan beriman.amin

    ReplyDelete
  32. Huaaaa pas bngetnii..baru aja "tobat" dr status Single Berjiwa Jomblo..jadi ngaca sendiri,,senyum2 sendiri..hihihi..

    Tenkyu yoo artikelnya..Nice ^^

    ReplyDelete
  33. Dhira, izin share ya.
    Buat menyadarkan yang lain.
    Thanks,Tulisannya bagus banget...TOP.

    ReplyDelete
  34. Ciee keren tulisannya,, lagi nunggu jodoh juga nih,,
    *Lho hahaha

    ReplyDelete
  35. assalamu'alaikum,
    salam kenal teman semuslim.
    Insya ALLAH tulisan ini jdi pemberat amal baik mba dhira, aamiin
    saya minta sarannya boleh mb dhira?, tolong bahas tips+trik biar g pacaran boleh? sama gimana caranya mengingatkan yg sudah+lagi menjalani pacaran itu
    plis plis mba dhira,

    saya pantengin trus deh blognya, hehe
    terus menginspirasi teman semuslim

    ReplyDelete
  36. Artikel nya bagus banget sih tuan putri :) *kagum*

    ReplyDelete
  37. Assalamualaikum nadhira,
    Syukron ya. Tulisanmu ini membuatku banyak introspeksi diri sekaligus pelipur lara.

    Aku memiliki perasaan pada seorang alumni yang sudah Sembilan tahun lalu tidak berjumpa. Pun sampai saat ini, setelah membaca tulisanmu, aku menyimpulkan bahwa aku cukup menjadi secret admirer nya. Dia, orang yang kusukai, telah mengajariku banyak tentang perasaan cinta.
    Dan begitu aku sadar perasaaan ini mulai tumbuh mengakar, aku pun meminta perantara orang lain untuk mengetahui apakah dia sudah mempunyai calon? Bagaimanakah kualitas agamanya?

    Setelah meminta bantuan pak guru pondok pesantren mahasiswa, aku pun memperoleh jawaban bahwa dia sudah mulai berkomitmen dengan gadis laiinya.
    Sedih, iya. Jelas sedih. Tapi aku pun tidak mau berlarut2 dalam perasaan itu.
    Dengan begini inshaAllah aku sudah termasuk wanita tegas. Yang sudah siap mental. Seperti Khadijah r.a. Seperti kalimat darimu :
    “Cara kyk Khadijah r.a ini, cocok bagi para wanita tegas, drpd berandai2 kan ya, mendingan mastiin langsung hehe. Cuma ya, harus siap mental di tolak :)”

    Akhir kata, jazakillahu khoiro ya Nadhira. Semoga kita selalu menjadi hamba Allah yang tidak putus dari hidayah Allah.
    Sukses untuk karir nya di Jerman. :-)

    ReplyDelete
  38. dhiraaa... kalo pas kamu naksir coco kenapa udah pernah ngga minta bapak untuk menyampaikan ke cowonya hehee.. jadi kaya kisahnya Khadijah radhiyallaahu 'anha... :d

    ReplyDelete
  39. Makasih mba dhira :) jadi ngerasa kalo selama ini "single berjiwa jomblo" *duhh
    tapi tak apalah, untung ngebaca ini, jdi sadar diri deh :D Semoga kita selalu di beri kumadahan untuk terus menjaga dan memperbaiki diri, amin.

    ReplyDelete
  40. wah wah wahhh, T.O.P. B.G.T banget deh kak.

    ReplyDelete
  41. suka bngt motivasi buat aq yg bisa di bilang single berjiwa jomblo sering update galau dg baca ini bisa jd referensu buat aq agar lbih baik lg n tdk jd S.A .amin

    ReplyDelete
  42. suka banget sama tulisan yg ini, jadi pembelajaran buat diri sendiri.
    kayaknya aku setengah single berjiwa jomblo kali ya? hahahha,, suka galau tapi gak suka update :D

    ReplyDelete
  43. Huaaa' πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… jdi baperr bacanya

    ReplyDelete
  44. http://beritadomino2o6.blogspot.com/2017/07/unik-ada-gunung-kembar-mirip-payudara.html

    http://jutawandomino206.blogspot.com/2017/07/pembongkar-kubur-gadis-korban.html

    http://marimenujudomino206.blogspot.com/2017/07/heboh-dibwa-hilang-wewe-gombel-dibacain.html


    HALLO TEMAN-TEMAN YUK DAFTARKAN SEGERA DIDOMINO206.COM JUDI ONLINE TEPERCAYA & AMAN 100% !

    SANGAT MUDAH MERAIH KEMENANGAN TUNGGU APALAGI AYO BURUAN DAFTARKAN TEMAN-TEMAN^_^

    UNTUK PIN BBM KAMI : 2BE3D683 SILAHKAN DIADD YA:-)

    ReplyDelete