Friday, 8 August 2014

Project Mudik Keluarga Jamil Azzaini~

Heeyy, teman-temaaann!!
Mudik, gaaa??
Klo iya, kemanaa??
Terus ngapain ajaaa??hehe
 photo m129.gif  photo m129.gif  photo m129.gif
Klo keluarga gue selalu punya kebiasaan khusus setiap liburan. Jadi, liburan kita itu bertema. Tujuannya, supaya liburan keluarga kita ini bermakna, doonggg. Jadi, ga cuma seneng-seneng liburan ajaa, tapi ada suatu hal baru yang bisa kita pelajari :) Asik, kan? Asik, banget nget...hehe.

Nah, tema liburan kali ini adalah 'Membuat Video Inspirasi'. Gue yang ditunjuk sama orang tua gue buat jadi ketua projectnya. Jadi, berhubung lebaran nanti kita semua mau liburan di tempat Mbah kita di Lampung, sebelum berangkat kita di briefing dulu sama Bapak.

Para pemain videonya yaa, kita-kita aja sekeluarga. Berhubung, ade gue Izzan emang suka banget buat video gitu, dia juga ngerangkap jadi yang buat videonya. Jadi dengan bermodalkan cuma pake satu camera DSLR dan Tripod, kita semua mulai syuting videonya setelah berembuk mau buat video yang kayak gimana.
 photo 63.gif  photo 63.gif  photo 63.gif
Berhubung, gue emang ga pernah sebelumnya di suruh jadi penanggung jawab video gitu, awal-awal pembuatan videonya rada kacau juga. Udah hampir setengah jadi, pas diskusi barengan ade-ade gue plus orang tua gue, kayaknya isi videonya kurang maknyus gitu. Belum lagi Scene-nya banyak banget, terus pindah-pindah lokasi sana-sini, bikin kita yang punya peran sebagai pemeran di dalem video buatan sendiri, jadi bingung. Malah pas mau syuting, jadi ga fokus. Ujung-ujungnya, malah jadi males buat video dan ade-ade gue juga di ajakinnya ogah-ogahan. Dan videonya pun, terancam gagal. Gue sempet jadi males, ngatur ade-ade guenya lantaran sempet gondok, gara-gara mikir kalo videonya bakalan jadi aneh gitu. Ternyata,  kenyataan di lapangan ga semudah bayangan yaa.. Kesel juga jadinya.
 photo m067.gif  photo m067.gif  photo m067.gif
Tapi setelah diskusi lagi sekeluarga, nyumbang ide, dll. Akhirnya, cuma ada dua pilihan. Pilihan pertama, tetep lanjutin video yang udah dibuat sebelumnya dengan cerita yang harus diotak-atik dikit. Karena, ada yang harus diubah dikit jalan ceritanya. Atau pilihan kedua, buat video dari awal dengan konsep yang baru.
 photo m190.gif  photo m190.gif  photo m190.gif
Berhubung, kita mudik di rumah Mbah itu ga lama, jadinya kita dikejar waktu buat nyelesain videonya secepatnya. Akhirnya, gue yang tugasnya sebagai pimpinan project yang merangkap sebagai sutradara, menyatakan untuk buat ulang videonya dengan konsep yang beda dan dengan scene yang lebih gampang dibuat.
 photo m081.gif  photo m081.gif  photo m081.gif
Dan Alhamdulillahnya emang, lebih lancar buat videonya. Scene-nya gampang-gampang semua. Ade-ade gue juga gampang meraninnya. Ga sampe setengah hari, kita hampir nyelesain semua scene. IHIIIYY #nangisbahagia
 photo 81.gif  photo 81.gif  photo 81.gif
Jadi temanya itu, "Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mudik" Sebenernya, ini tuh dapet idenya karena gue dan ade-ade gue ini mengamati kalau biasanya orang-orang itu mudik kayak cuma sekedar mudik aja. Harusnya berinteraksi sama saudara-saudaranya, eh tapi malah asik sendiri. Dulu, kita akuin, sering banget ngelakuin hal-hal yang harusnya ga boleh dilakuin waktu mudik ini. Tapi, untuk tahun ini, Alhamdulillah gue dan ade-ade gue udah berusaha buat ngurangin itu semua.Seruu loh, bisa main sama ade-ade sepupu yang masih pada kecil-kecil, ngobrol sama saudara-saudara, malah sempet berusaha ngapalin silsilah keluarga besarnya Mbah gue yang buanyaak bangeeet. Awalnya karena heran, tamu-tamu yang dateng ke rumah Mbah gue yang jumlahnya ribuan itu sebagian besar bilangnya saudara. Awalnya, gue pikir maksudnya 'Saudara Seiman', doang hehe. Taunya, saudara beneran dari silsilah keluarga Mbah yang bercabang-cabang kemana-mana. Pala gue ampe puyeeng. Sekarang juga klo ditanya lagi, udah ga inget kali. Yang jelas, gue tau wajahnya, tau namanya. Tapi klo silsilah persisinya, udah nyerah deh guee. Ribet banget kayak benang kusut wkwk.
 photo m125.gif  photo m122.gif  photo m125.gif
Tapi menurut gue, hal yang paling kocak itu, pas lagi bagian take video masing-masing, yang ngomong sendirian di suatu ruangan. Itu sumpah, kocak abis. Eh, tapi lebih ke melas sih sebenernya.HAHA.

Jadi, kita semua itu abis pada pulang dari rumah Pakde, kakaknya bapak. Nyampe rumah mbah itu, abis Ashar. Berhubung emang Lampung itu puannasnya ga ketulungan kan ya, jadinya kita semua itu nyampe rumah Mbah pada keringetan dan pastinya itu keringet ngumpul semua sama bau ketek haha.
Pas take video yang ngomong sendirian itu kan, di kamarnya Mbah. Karena posisinya paling mojok, tenang, terus karena ade-ade sepupu gue yang pada masih bocah-bocah jarang masuk ke kamarnya mbah. Jadinya, ga berisik. So, kita syuting sambil nutup pintu kamarnya mbah. Biar suara-suara dari luar kamar ga masuk.
 photo 52.gif  photo 52.gif  photo 52.gif
Tapi sialnya, hari itu tuh lagi malem takbiran. Alamaakk, itu suara takbiran dari mesjid kuenceeng buangeet. Jadi, kita bolakk balik ngulang acting gara-gara suara takbirannya masuk ke dalam rekaman video. Udah mana jarang acting, jadinya bolak balik ngulang. Sekalinya udah bagus, suara dari orang takbiran masuk ke dalem video. Terus, banyak orang di luar yang nyalain kembang api yang bunyinya DZIIINGGG~ JGEERRR~ gembel.
 photo m185.gif  photo m185.gif  photo m185.gif
Mana kamarnya Mbah kita itu, ga gede-gede amat plus udara Lampung yang puannaass, jendela sama pintu ditutup. Ya ampyyuuunn, udah kayak di dalem sauna kitaaa. Belom lagi itu bau-bau keringet sama ketek nyampur di dalem satu ruangan karena kita semua belom ada yang mandi. Di tambah bonus, salah satu ade gue (yang tidak bisa di sebutkan namanya, demi menjaga privacy-nya) kentut dengan bau yang wanginya menusuk sukma kami semua. Ampun dah. Total banget kita, ngirup racun yang keluar dari tubuh kita sendiri ahaha.
 photo 21.gif  photo 21.gif  photo 21.gif
Dan yang kasiannya, pas kita udah selesai, eehhh Mbah mau istirahat di kamarnya. ADUUHH, itu polusi udara masih bergentayangan di dalem kamar, niihh. Maaf, banget Mbaahh. Maaaaaff. Tak ada maksyuuddd hehe.
 photo m107.gif  photo m107.gif  photo m107.gif
Pokoknya, selesai syuting, lega kitaa. Tinggal di edit. Ade gue, Izzan emang gokil banget. Cepet banget ngedit videonya. Paling cuma dua sampai tiga hari udah jadi itu video. Kita sekeluarga cuma bisa geleng-geleng kepala ngeliat kekuatan tersembunyinya untuk ngedit-ngedit video. Gue dan yang lain ngasih masukan sampe sepuluh point-an, sama dia langsung di selesein secepat kilat. MAMMA MIA, LUAR BIASSHHAA!! Kakak pertamanya siapa sih, kakak pertamanyaa. Kayaknya nurun deh, ilmunya dari gue AHAHAHA #diketekinsekeluarga
 photo 40.gif  photo 40.gif  photo 40.gif
Videonya menurut gue, oke bangeet.
Cuma gue rada nyesel aja, lupa akting baca buku sambil nangis-nangis kayak orang sarap. Ga kepikiran sumpaah. Jadinya, hasil video bagian gue cuma gitu-gitu ajaa deehh #garuk2tembok.
Tapi gpp, namanya juga baru buat video. Ga malu-maluin lah, guenyaa hehe.
 photo m048.gif  photo m048.gif  photo m048.gif

Oke, teman-temaaann!!
Ini dia video persembahan dari Keluarga Jamil Azzaini
Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi bagi yang menontoonn :)
ENJOY!

Naahh, kalian waktu mudik begitu juga gaa??
Hayyo, ngaku HAYOOOO hehe
 photo m131.gif  photo m129.gif  photo m131.gif

-Salam dari Keluarga Jamil Azzaini-
 photo m057.gif  photo m032.gif  photo m057.gif

10 comments:

  1. Kereeeen mbak Dhira... gak sabar nunggu bukunya...

    ReplyDelete
  2. mba dhir, ntu kaya bukunya bng tere liye yg "rembulan tenggelam di wajahmu" ya? hheu.. #SalahFokus

    ReplyDelete
  3. keren videonyaaaa mbak :D
    ringan tapi berbobot :))

    ReplyDelete
  4. Bagussssss sayang....teruskan!!!!

    ReplyDelete
  5. Bagus banget videonya mbak.. Isinya dipadu editingnya keren... :)

    ReplyDelete
  6. selalu kagum dengan kekompakan keluarga Pak Jamil Azzaini :) salam SuksesMulia mbak ;)

    ReplyDelete
  7. Haduh ituh kelakuan anak2 mama.... Kalo ada yg nanya jangan bilang2 kalian anak2 mama Ria yak,hehehe... Kabuuurrr....

    ReplyDelete
  8. hihii.. pesannya berbobot tapi dikemas kocak :D seru deh...

    btw salam kenal ya dek dhira :)

    ReplyDelete