Friday, 1 April 2016

Resensi Buku : Menggambar dengan Sidik Jari (Fingerabdruck Punkt und Strich)


Judul : Fingerabdruck Punkt und Strich, Zeichenspaß auf Fingerabdrücken (Complete Funprint & Fingerprint Drawing Book)
Author : Edward R. Emberley (Ein Buch Der Edition Michael Fischer)
Publisher : 2012 Edition Michael Fischer GmbH, Igling
ISBN : 978-3-86355-075-2
Page : 80 Halaman
Price : 9,90 Euro (D)

Buku ini gue temukan, ketika gue sedang jalan-jalan untuk refreshing mata gue pada suatu hari. Bosen di kamar mulu, akhirnya gue memutuskan jalan-jalan ke pusat Kota Hannover. Dari rumah gue yang kata orang-orang di tempat jin buang anak karena saking jauhnya, sebenernya hanya butuh waktu sekitar 40 menit naik kereta bawah tanah (U-Bahn) nomor 4 tujuan Garbsen atau kereta bawah tanah (U-Bahn) nomor 5 tujuan Stöcken.
Berhubung kedua kereta itu ga melewati stasiun utama, pilihan gue cuma dua; berhenti di Stasiun Aegidientorplatz atau Stasiun Steintor. Dua-duanya mengharuskan gue jalan kaki sekitar lima menit (kalau dari Stasiun Steintor) dan sepuluh menitan (dari Stasiun Aegi) untuk bener-bener sampe di tengah kota. Dan sepertinya, gue lebih memilih turun di Stasiun Aegi karena lagi pengen jalan-jalan aja rada lama. 
 photo m159.gif photo cz23.gif photo m159.gif
Sebenernya gue ga sengaja nemu toko ini, setelah gue iseng keluar masuk toko buku yang berujung gue ga beli buku apapun. Akhirnya gue nyasar belok ke Schmiedestraße dan berujung nemu toko yang selama beberapa hari sebelumnya gue cari-cari. Nama tokonya ‘Idee. Creativmarkt’. Toko yang menjual aneka ragam alat untuk ngelukis, gambar dan segala hal yang berhubungan dengan seni. Kebetulan banget gue lagi mau ikutan kelas ngelukis dan belum beli barang-barang yang dibutuhkan.
 photo m172.gif photo m172.gif photo m172.gif
Gue masuk dan ketemulah buku ini berada di rak buku ga jauh dari kasir. Mata gue langsung berbinar ceria, gue merasa menemukan sebuah harta karun.
 photo 29.gif photo 29.gif photo 29.gif
Asli, gue sebenernya suka melakukan segala hal yang kreatif-kreatif gitu. Tapi di Indonesia ga pernah sempet belajar. Selain karena di deket rumah gue sarananya ga ada dan emang waktu itu belum jadi prioritas gue, sih. Jadinya ini hanya menjadi keinginan gue yang terpendam. Jadi deh, ketika tinggal di Hannover dan segala macam kursus, murah meriah untuk pekerja sosial kayak gue, kalap deh gue ikutan sana sini. Jadi rekam jejak buku-buku cara-cara ngegambar yang gue beli di Jerman, buanyak banget deh. Salah satunya buku ini.

Kenapa gue beli buku ini?
Karena unik.
Buku ini mengajarkan secara sederhana, gimana caranya ngegambar dengan sidik jari. Jadi, dari sidik jari kita yang diwarnain terus ditempel di buku kosong, bisa diubah jadi gambar yang lucu-lucu hanya dengan narik garis-garis sederhana aja.
 photo m155.gif photo m155.gif photo m155.gif
Percobaan pertama gue, gue buat di buku gambar ukuran A3 dan ngerjainnya pun sambil rapat online via Skype haha. Jadi rapat, sambil belepotan warna warni spidol di seluruh jari. Ga ada yang tahu juga, orang lagi rapat online. Yang penting kan, suaranya kedengeran hehe.

Gampang banget buatnya, serius.
 photo 22.gif photo 22.gif photo 22.gif
Percobaan kedua, gue iseng buat pas udah balik ke Indo.
Dalam dua jam, jadi dua gambar :

Gambar 1, 
Time Between Prince, Superhero & Dinosaur
 photo 51.gif photo 51.gif photo 51.gif

Gambar 2,
"I will save you, princess"
 photo cz36-1.gif photo cz36-1.gif photo cz36-1.gif
TADDAAMMM!!
Harap maklum ya, kawan kalau gambarnya masih seadanya hehe.
Gue masih harus banyak belajaar. Namanya juga baru awal nyoba-nyoba :p
 photo m024.gif photo m024.gif photo m024.gif
Berita baiknya, buku ini cocok banget buat mainan sama anak kecil. Kan seru ya, mainan sidik jari gitu terus sidik jarinya bisa membentuk suatu gambar. Pasti anak-anak seneng banget, deh.

Berita buruknya, sayangnya gue ga tahu buku ini dijual di Indonesia atau ngga. Terjemahan Bahasa Inggrisnya ada, sih. Tapi sepertinya belum diterbitkan di Indonesia. Selama gue keluar masuk toko buku, kedua mata gue yang minus ini belum menemukan buku dengan jenis yang serupa di Indonesia.
 photo m048.gif photo m048.gif photo m048.gif
Jadi, kalau suatu saat kalian jalan-jalan ke luar negeri dan menemukan buku ini, boleh dibelii. Rekomendasi dari gue. Cucok banget bagi kalian yang suka menghabiskan waktu bersama anak-anak :)

SERU, LOOH! 
MAINAN SIDIK JARII!! 
 photo m015.gif photo m015.gif photo m015.gif
Selamat bermain!
Keep Calm and be Creative!

4 comments:

  1. Lucu dan kreatif Mba Dhira. Bagus bagus bagus.

    ReplyDelete
  2. Bukunya bermanfaat , cocok juga buat yg lagi mau belajar menggambar :D

    ReplyDelete
  3. salam ukhuwah mba dhira,,,, buku itu cocok bingittttt buat aku ngajar di PAUD,,, aku pernah lihat hasil menggambar dengan sisdik jari seperti itu ketika PPL di sebuah TK... benar-benar creatiffffff. mudah-mudahan suatu hari aku memiliki buku itu ^^

    ReplyDelete