Wednesday, 25 July 2012

Puasa pertama di Jerman itu..

                Bulan Juli, Musim Panas di Jerman, tanggal 20, diperkirakan puasa...
                Obrolan soal puasa, jadi bahan obrolan 'Hot' di kelas Bahasa Jerman gw. Temen-temen gw yg non-islam, pada ngajuin pertanyaan rombongan soal puasa, semuanya pada shock klo kita ga makan sama minum dalam jangka waktu lama. Statement umum seputar puasa dari temen2 gw yg non-islam adalah "Hei, orang itu bakalan mati klo ga makan sama minum seharian gt. Kalian keren amat, bisa bertahan..."
                Komentar gw dlm hati : "Hei, orang bakal mati klo ga makan sama minum seminggu, sebulan, kalee.. ini cuma belasan jam doang, santai aja gw sih.. -,-"


                 Tapi yg rada ngeselin temen gw yg lain, orang Islam juga. Orang Maroko, cwe sama orang Afganistan, cwo. Gw ga maksud ngomongin ya, tapi emang mereka kadang suka  lebay gt. Mana setiap gw mau jelasin, di potong terus mereka nyerocos. Mending klo bener, ini sih kadang2 ngaco.. gw sih, males nambahin, pendapat gw suka beda soalnya. Terus mereka berdua dengan semangat '45 nyerang gw. Daripada ntar temen gw tambah bingung, karena ada dua pendapat dan mikir Islam itu agama yg ribet, jd gw cuman angkat bahu aja. Yg jelas penjelasan intinya bener.. :p
                Yg paling kocak adalah nentuin waktu puasa. Tu orang duaan bilang, "Puasa taun ini itu mulainya kalo ga hari kamis, ya jumat..." *dengan pe-denya*
gw :  "Nggak kali, Jum'at atau Sabtu..."
mereka : "Nggak lah, setiap taun itu perkiraannya bisa sehari sebelumnya. Jd puasa bisa 29 hari atau 30 hari. karena puasa perkiraan tanggal 20 Juli, jadinya sehari sblmnya ya tanggal 19 Juli.." *dngn muka nyolot* hahaha
gw :  "Loh kok kayak gitu sih, kan tergantung perhitungan bulannya.. ga bisa di patok kayak gt doang kali"
mereka : "EH NGGAK DONG! Tiap tahun itu selalu begitu. KAMU NGERTI GA SIH??"
                gw udah males nih, nanggepin. Akhirnya, gw cuma angkat bahu aja. Bodo amatlah haha. gw ngomong aja pake bhs Indonesia "Situ kali yg ga ngerti, udah salah pedee haha"
                   Mereka nanya gw ngomong apa, gw cuma nyengir aja haha
                Yg ngeselinnya itu, mereka bukannya nyeritain yg positif tentang puasa, malah ngomong "Puasa itu, buat kita itu susah. Cuaca panas, banyak kerjaan. Ga boleh makan, ga boleh minum. Susah banget buat kita ngejalaninnya..."
                gw *dalem hati*: "Kita??? Kalian doang kali, gw sih kaga-,-"
                Akhirnya karena kesel, gw bilang, "Tergantung orangnya sih, klo buat saya ya biasa aja. Asal niatnya kuat sih, mau panas, mau badai, mau banyak kerjaan, mau waktunya lama, ya gampang2 aja dan bisa puasa sampe selesai hehe #peace"
Mereka : "Ya tapi buat kita susah! *agak nyolot*"
Gw : *males nangepin, dan males debat* "Ya ya ya.. kan sy bilang tergantung orangnya Klo kalian merasa puasanya susah, sy doain semoga di lancarin semuanya sama Allah.." *Sambil senyum manis* hehe
                -,-" Cape dee...Belom puasa aja, ngomongnya udah kayak gt, ya pantes aja berasa susah puasanya wkwkwk.
                Btw, karena gw ikutnya Hilal Global, jadinya klo udah ada yg liat hilal di negara manapun, gw ikut puasa. Berhubung di Jerman, hilal ga akan keliatan *karena klo menurut perkiraan,klo ga salah  Hilal bakal keliatan di daerah Amerika Selatan*, jadinya gw nunggu info aja. Pas banget malem2nya, nyokap gw nge-whatsapp klo tanggal 20 itu udah puasa. Jadi gw harus nyiapin saur, nih.. :D
                Intinya, nentuin awal puasa itu dari perhitungan bulan. Bukan asal nentuin aja. Gw ga pernah ikut2an pemerintah Indo soalnya. Makanya, kadang Idul Fitrinya suka duluan. yg laen masih puasa, gw udah makan2 HAHAHA :p
                Nah, meskipun keluarga asuh gw Islam, tapi mereka bukan Islam yg taat. Jadi, puasanya semaunya aja. Klo dikira2 kuat, ya puasa, klo nggak, ya ga puasa -,-
                Gw sempet nanya ke ibu asuh gw, biasanya klo mereka emang puasa, saurnya apaan? Yg bikin gw shock adalah, dy jawab : "Ya kayak sarapan biasa aja.. Roti gt. kadang di tambahin telor, sih.."
                Duileee, gw klo di rumah ya yg puasanya cuma sampe jam 6 malem.. saur itu lengkap. Ya ada sayur, nasi, lauk pauk, minum teh, kadang susu, terus sama nyokap gw di kasih vitamin. Padahal selama puasa, gw ga ngapa2in. Cuma di rumah aja, kerja nggak, intinya cuma nyante2 lah..
                Lah, INIIII!! Udah mah musim panas, gw kudu kerja, udah gt buka puasanya jam setengah sepuluh malem, saur cuman roti doang mah, mana tahaann.. bukannya ga kuat sih, tapi kan gw belom pernah ngerasain puasa selama itu. Jadi kudu siap2 energi, klo2 badan gw belom bisa adaptasi. Masa saurnya cuma roti doang, waduh berabe ini sih..
                Akhirnya, gw rekues minta beliin mie aja. Ya gpp lah makan mie doang, drpd cuman makan roti T,T Sebenernya sih pengennya Indomie, tapi di beliinnya mie ramen jepang gt yg ada label halalnya. Yaudah, Alhamdulillah. Mending banget ini mah..
                Malemnya sebelum sahur, gw berdoa sama Allah semoga di beri kekuatan. Soalnya, udah hampir seminggu badan gw meriang haha cuacanya minggu ini dingin banget Masya Allah. Musim Panas kok ya, dingin beneer T,T
                Sahur, bangun jam setengah tiga. Aduh rasanya gimanaa gt yaa.. Inget di rumah biasanya puasa bareng2 keluarga, nonton acara sahur bareng2, atau klo ga di rumah di kostan, pergi beli sahur bareng temen, terus makannya gantian. Nebeng di kamar temen sambil ngobrol atau gantian di kamar gw hehe
                Ini gw sendirian, terus masak mie. Untungnya ada sosis sama daging ayam, jadinya gw campur sama mie. Sepi bener...Sambil sahur, sambil ngelamun.. Ya Allah, betapa enaknya sahur rame-rame... T,T
                Selesai sahur, lanjut shalat Tahajjud terus baca Al-Qur'an sambil nunggu shubuh. Gw berdoa lagi, semoga puasanya di beri kekuatan, klo bisa rasa laper sama rasa pengen makan atau ngiler liat orang makan, di ilangin Ya Allah..
                Abis itu gw shalat Shubuh dan tidur bentar sampe jam setengah tujuh. Soalnya, gw harus les bahasa Jerman, dan tema kali ini adalah jalan2 ke Museum. Duile, hari pertama aja tenaga gw udah di kuras buat jalan2 sampe siang. Tapi tetep, Bismillah...HARUS KUAT!! :)
                Rencana awalnya, setelah dari museum kita bakalan minum atau makan2an ringan di cafe yg terletak di dalem museum itu. Gw mikir, gimana caranya gw ngabisin waktu gw sedangkan temen2 gw yg lain pada makan. Apa nunggu di luar cafe, atau jalan-jalan sendirian muter2 museum...
                Tapi, Allah emang keren. Rencana makan sama minumnya ga jadi, gara2 salah satu temen les gw bilang, dy harus pergi cepet karena harus kerja. Karena kita ber group dan dua diantara kita termasuk gue nebeng mobilnya dia, jadinya kita kudu pulang bareng dy di tambah cuacanya jelek. Gerimis tiba2 dateng dan suhu jadi tambah dingin. Karena Museumnya sebagain besar outdoor, jadinya ga mungkin ngelanjutin sambil ujan2an. Wah, gila bener emang..Allah itu punya rencana yg keren abiss. Top markotop pokoknya mah :D
                Terus, selama nunggu bis abis pulang les, makanan bertebaran di mana-mana... Orang2 dengan cueknya makan ini, makan itu. Bau wangi makanan juga berseliweran.. Biasanya, gw agak sedikit tergoda, tapi gw sendiri kaget.. sama sekali ga pengen makan dan ga kegoda sedikitpun! Ampe anak kecil makan di depan gw dengan lahapnya aja, gw bener2 ga ngerasa laper sama sekali. Cuma haus dikit, tapi ga terlalu. Biasanya gw klo puasa di rumah, bawaannya pengen tidur2an aja di atas tempat tidur saking teparnya. Kali ini beneran nggak, Allah beneran ngabulin doa gw aaaahhh Ya Allah, makasiiihh :D *senang*
                Pulangnya ga ada istirahat, langsung bantuin beres2 rumah, naik turun tangga, terus maen sama Hüseyin dan Asiyla. Lari-lari sana sini.. Beneran ga begitu haus, beneran ga laper haha wow, ini pengalaman keren banget buat gue. hehe
                Cuma yg rada bikin sedih itu, pas mau buka puasa. Gw sebenernya pengen ada suasana buka puasa gitu, Ini tuh beneran ga asik aja suasanya. Gw pengen buka makan pake es buah atau kolak, atau setidaknya lagi ga pengen makan makanan Turki. Karena, gw lagi ga mood makan makanan itu. Kayaknya ga cocok aja buat buka puasa T,T Nah, ibu asuh gw itu buatin sup, terus apa gt pokoknya ada kacang polongnya. Terakhir nasi. Gw liatnya aja udah gak pengen, soalnya ada kacang polongnya terus banyak pasta tomatnya, terus nasinya udah pasti asiiiiiinnnnnnnnnnnnn banget. Karena emang mereka klo masak nasi pasti kayak gt, asin. Gatau deh di campur apaan lagi, pokoknya asin dan nasinya kenyal2 gimanaa gt. Jadinya gw milih mendingan buka puasa pake air putih aja nih kayaknya :( Tapi ibu asuh gw nawarin, klo mau buka puasa di rumah kakaknya yg jaraknya cuma 200 meter dr rumah. Di satu sisi gw males, karena cuacanya dingin. Di satu sisi, gw gamau makan-makanan yg di buatin ibu asuh gw sekarang. Dia masak bukan khusus buat gw sih, buat keluarganya juga. Sebenernya, gw mau aja makan asalkan masakannya bukan yg ituuu T,T Tapi yasudahlah, dengan harapan besar, walaupun males ke luar rumah... akhirnya, gw milih buka puasa di rumah omnya ade2 asuh gue..
                Pas nyampe, langsung di suguhin makan. Gw liat makanannya.. oke mendingan. Tapi...yeee, ada kacang polong lagi nongol. Belom sempet bilang nggak mau makan kacang polong, udah di ambilin. Aish. Memang segala sesuatu yg di hindari pasti ujung2nya bakalan ngejar2 juga ya haha Yasudahlah, harus bersyukur. Banyak orang yg buka puasa ga bisa makan. Gw masih mending di suguhin makanan banyak. Alhamdulillah :)
                Pulang dari rumah omnya ade asuh gw, jam 22.30. Nyampe rumah, ternyata keluarga asuh gw lagi nyiapin buat nonton film 3D di ruang keluarga. Gila, ini TVnya canggih abis. Gw nyoba bentar pake kacamatanya pas filmnya lagi di coba2. Efeknya asli, keren paraahhh hahaha.
                Cuma berhubung gw lagi ga mood, karena faktor kangen buka puasa di rumah hehe dan juga mikir2 lagi kayaknya filmnya selesainya malem banget. Soalnya, nungguin temennya dateng. Jadi film mulai jam 23.15-an. Klo gw ikutan nonton, ntar gw bisa ga bangun sahur hehe Jadinya langsung cabut ke kamar. Dan saya pun tidur~ :p
                Jadi, inilah pengalaman puasa gw di negeri orang...
                Ga asik-sepi-payah...
                Orang bilang, "Enak kali, keluarganya muslim. Jadinya klo mau puasa, shalat, dll ga takut udah terjamin..."
                Maaf ya, menurut gw itu adalah kata2 yg agak2 kurang pas buat gw hehe Klo gw malah ngerasa ga enak dan perasaan gw campur aduk jadi sedih. Bayangin aja ya, udah tinggal di keluarga muslim, tapi merekanya sendiri ga shalat, ga puasa...gw jadi sedih aja liatnya. Sayang kan.. Kita kan gatau, umur kita sampe kapan..
                Apalagi alesan ga puasanya, cemen menurut gue. Kayak misalnya ayah asuh gw bilang, "Kayaknya saya hari ini ga puasa. Soalnya banyak kerjaan. Saya ga bisa konsentrasi klo sambil puasa.."
                Gw dlm hati, "Ya ampun, dulu Rasulullah dan para sahabat puasa di tengah cuaca yg terik, sambil perang pula. Ini cuma kerja setengah hari, doang..Astaghfirullah. Bokap gw aja ngisi training ke sana-sini kudu ngeluarin tenaga besar setiap harinya, belum lagi tenggorokan kering gara2 kebanyakan ngisi training, biasa aja dan bisa puasa sampe selesai. Alesannya kok, ya gini banget sih? T,T"
                Yg lebih bikin gw bengong adalah ketika gw, orang tua asuh gw, sama Kübra lagi ngomongin Museum Istana Topkapi di Turki. Yg isinya banyak hal tentang sejarah Islam. Sampe jenggot, pedang, mantel Nabi Muhammad, sendal, dll ada di sana. Tiba2 Kübra anak pertamanya nanya ke gw gini :              
Kübra : "Nadhira, kok kamu tau banyak cerita tentang Nabi Muhammad, sih? Padahal kan kamu ga ngerti bahasa turki?"
Gw : "HAH?" *kaga ngarti maksudnya dia apa deh*
Kübra : "Iya, kan Nabi Muhammad kan orang turki, ngomongnya pake bahasa Turki,liat deh sampe jenggotnya, pedangnya, mantelnya ada di Museum itu. Kamu ga pernah ke Turki kok tau banyak tentang sejarah Nabi Muhammad, sih?"
Gw         : "ASTAGAAHHH!!! SEJAK KAPAN WOOII NABI MUHAMMAD JADI ORANG ORANG TURKII?? DEMI APA NI ANAK, NGACO BENNEERR?? ASTAGHFIRULLAH. NABI MUHAMMAD ORANG ARAB, KÜBRAAAAAAAA" *shock*
                Kübra ga percaya terus nanya ke bapaknya, bapaknya langsung tampangnya campuran kesel, malu, dan mau marah ga bisa, soalnya emang dia ga pernah ngajarin. Akhirnya, bilang klo Nabi Muhammad itu emang orang Arab.
                Selama ini, seumur idup gw, separah2nya orang ga begitu tau Nabi Muhammad ya.. mereka tetep tau Nabi Muhammad orang Arab. Gw ga abis pikir, kok ni anak bisa-bisanya mikirnya melenceng sampe ngira Nabi Muhammad orang Turki. Ya Allah, tobat deh ini.. kasian amat ni bocah.
                Sumpah, sedih banget gw. Klo tinggal di keluarga non muslim, masih bisa maklum klo mereka gatau. Ini gw tinggal di keluarga muslim, booo... sedih banget kali, tiap hari ngeliat fenomena yg kayak gt. Ya Allah, berikanlah hidayah kepada keluarga asuh saya Ya Allah :(
                Intinya, puasa pertama kali di sini, sendirian. Lalu dikelilingi orang yg "tau" tentang wajibnya puasa, tapi sengaja ga ngelaksanain itu, bikin perasaan gw agak-agak gimanaa gt ya.. ga ada acara heboh, kayak di Indo klo udah mau buka. Biasanya, ade2 kandung gw klo bentar lagi beduk Maghrib udah heboh teriak2 aja, "Hore, Horee..bentar lagi bukaaa!!" terus rebutan mangkok es buah. Pengen dapet yg porsi gede, terus dorong2an. Atau buka puasa bareng sama temen2, terus tarawehan. Ini mau taraweh bareng aja kudu naik mobil ke mesjid 30 menit an, udah gt sholat tarawehnya aneh pula. Aish. Banyak2 Istighfar deh, gue mah...Selalu berdo'a semoga di beri kekuatan sama Allah buat menjalani ini semua. Berlindung sama Allah, mudah2an gw ga ikut2an terperosok. Semua kecewa, udah ketumpuk jadi satu, sampe waktu webcaman sama nyokap gw, tak tahanlah akhirnya banjir air mata, sesegukan haha Tapi tenang juga akhirnya, denger saran dari nyokap gw. Bagaikan minum air dingin di tengah gurun pasir... Mom, you're the best moomm :) Makasih banyak ya, mamiku sayaanggg~ I lop yu puulll :D
                "DEDEEEEEEEEEEEEEEEE" *manggil2 ade gw yg tinggal di Berlin* "TEMENIN MBAK DHIRA PUASA DI SINI DOONGGGG, HUAAAAAAAAAAAA~"

               

               

9 comments:

  1. Intinya sih kita kudu banyak bersyukur. Alhamdulillah kita masih dilimpahi begitu banyak cobaan. itu artinya kan Allah begitu sayang saman kita. Banyakin sabar. Innallaha maas sobirin. hehe

    ReplyDelete
  2. Salut sama dhira. Tetap zemangat yah!!

    ReplyDelete
  3. itu TERAWEH-nya gimana mbak Dhira? erlu diceritaan lagi sepertinya... hehe...

    Semoga keluarga Muslim baca ini, he... biar tahu.

    ohya, post juga di kompasiana.com mbak Dhira, sepertinya akan LEBIH BAGUS...

    #GREAT POST... tulisannya bagus, #BeBestTogether!

    ReplyDelete
  4. wahh tulisannya, sy baca dari awal smpe akhir,, terharu, yahh emang sih mba dhira,jalanin ajah,, semua sudah diatur yg terbaik oleh Nya,, tetap semangat yah mba dhira,,,!

    sy dh baca di kompasiana. solusi yang baik mas slamer hariadi,,

    mba dhira sering ngepost ajh di kompasiana,, sharing kegiatan mba dhira,, homestay disana,, ehhe

    ReplyDelete
  5. seru sekali baca tulisan pengalaman disana ..
    semoa lancar dan sukses selalu di Jerman sana..

    #blogwalking siang

    ReplyDelete
  6. Wah panjang juga, tapi bener2 menambah wawasan, jadi tahu di Jerman kayak apa

    ReplyDelete
  7. Hey, ngga sengaja baca tulisan kamu, saya jadi geli sendiri. kebetulan saya orang indo yang juga merantau di negeri jerman. satu yang berkesan banget sama tulisan kamu tentang orang maroko dan orang afghanistan, karena untuk hal satu ini, emang mayoritas orang indo suka ngga cocok ama orang2 maroko terlepas cowok ato cewek, yah kenapa, kayaknya kamu sendiri juga bisa jawab. jadi itu hal lumrah yang kita dapati disana. makanya suka heran aja kalo di indo orang2 arab ato sejenisnya suka terlalu dielu elukan di indo. dulu sih sebelum berangkat berpikir mereka lah tempat kita menjalin kekeluargaan, eh ngga taunya... hahaha ok selamat berpuasa yah, viel spass noch bei was auch immer ;)

    ReplyDelete
  8. Hai Dhira, gw Dian (wartawan dari koran rakyat merdeka - desk internasional)pengalaman puasa pertamanya di Jerman bagus juga. Boleh gw jadiin artikel di koran ku tidak?
    kalau boleh, e-mail gw di nanda_13kt_loony@yahoo.com

    rencanaya buat artikel pas lebaran. konsepnya sharing.

    ReplyDelete
  9. mba, boleh tanya2 gak???
    setelah baca-baca artikel ini :
    http://edukasi.kompasiana.com/2013/03/23/full-skill-versus-full-ijazah-544731.html

    sy jd pengen bgt sekolah kejuruan di jerman, syaratnya apa ya??? utk bs sekolah kejuruan dsana??? mhn infonya mba nadhira..
    thks

    ReplyDelete