Thursday, 29 November 2012

Kupejamkan Mataku, maka Mereka Ada

gw berdiri di taman belakang.
Taman yg tadinya banyak rumput hijau, sekarang menghilang tertutup putihnya salju.
Matahari semakin jarang nongol, langit selalu mendung.
Winter itu menyebalkan. Winter itu : Dingin.Basah.Gelap

gw tengok kanan-kiri, nyari sesuatu yg kira2 hangat.
yg di cari, ga ada.
satu yg harus gue inget : 'Ketika memutuskan ke luar rumah, kehangatanpun hilang. Dinginnya salju akan menyiksamu. Terima Kasih'

gw tarik nafas panjang, lalu nutup mata...
Ah, bayangan itu muncul lagi...

Selama beberapa bulan terakhir, selalu ketika gw nutup mata, bayangan ini selalu muncul...
Di depan gw, tiba-tiba muncul pintu. Pintu yg ketika gue buka, sosok itu selalu ada.
Berdiri di depan pintu, di dalam suatu ruangan hangat, ntah di mana, menunggu gw di sana : "Mama..."

Nyokap gw berdiri di ruangan, di balik pintu itu.
Seakan, selalu nunggu gw di sana...
gw berdiri mematung, kaget.

Mama, yg wajahnya hampir menyamai putihnya salju, yg wajahnya bersinar bagaikan sinar matahari yg jarang datang di musim dingin...
Mama, dengan senyum lembutnya yg tiba2 dpt menghilangkan angin dingin yg selalu datang mengganggu gw...
Mama, dengan matanya yg berbinar ceria, seperti matahari yg bisa melelehkan salju di sekeliling gw saat ini.
Mama, dengan tangannya yg membentang lebar, yg lebarnya melebihi luasnya bumi, menunggu untuk meluk gw...

Mama yg ada di sana, itu nyokap gw...
mama yg ada di sana, yg ada di sana...
benarkah itu nyokap gue? tiba2 gw jd ragu...
gw ga berani ngelewatin pintu itu...
berdiri mematung, sambil nutup mulut gw dengan kedua tangan.
kalau ini cuma khayalan, biarlah gw tetap berdiri di sini.
ngeliat nyokap gw, dari sini, udah cukup banget menurut gw.
"Mama, mama lagi apa di sana? Kenapa berdiri di sana?" gw ngomong sendiri dlm hati.
Tapi tiba2 nyokap gw jawab, dengan suara halusnya yg berirama, seakan2 mendengar suara hati gw, "Sini sayang, mama peluk..."

Ah, itu suara nyokap gw...
Tanpa pikir panjang lagi, gw langsung lari ngelewatin pintu itu, gw peluk nyokap gw.
Pelukan mama yg hangat, pelukan mama yg erat, elusan tangan mama di punggung gw, yg menenangkan...
Hilang sudah, dinginnya salju. Hangat, menjalar di sekujur tubuh gw...

gw peluk nyokap gw seerat mungkin, selama mungkin, ga mau bayangan itu hilang...
gw tau, ini cuma bayangan yg muncul klo gw nutup mata...
tp pelukannya terasa nyata, hangatnya sama, dekapannya sama...
"Mama, jangan pergi. Temenin aku di sini..."

Nyokap gw ngelepas pelukannya, ngelus pipi gw lembut, dan bilang "Nanti ya sayang, nanti mama balik lagi..."
belum sempet gw jawab, tiba2 bayangan nyokap gw hilang, yg ada hanya ruangan kosong.
gw tersentak kaget, mata gw terbuka, ruangan itu hilang, pintu itupun lenyap.
yg ada, hanya gw yg berdiri taman belakang, di bawah derasnya hujan salju, dan dinginnya udara yg membekukan.
kehangatan itu hilang, dinginya musim dingin sekarang menjalar di seluruh tubuh gw..
sekarang, yg terasa hanya : hampa.sepi.dingin.sendiri

dan tiba2, petikan gitar di lagu Iwan Fals yg judulnya ibu, terngiang2 di kepala gw. Lagu itupun, tiba2 muter sendiri di kepala gw sampai selesai...

"Ribuan kilo jalan yang kau tempuh
Lewati rintang untuk aku anakmu
Ibuku sayang masih terus berjalan
Walau tapak kaki penuh darah penuh nanah
Seperti udara kasih yang engkau berikan
Tak mampu ku membalas
Ibu... ibu...
Ingin kudekap dan menangis dipangkuanmu
Sampai aku tertidur bagai masa kecil dulu
Lalu do'a-do'a baluri sekujur tubuhku
Dengan apa membalas...
Ibu...ibu..."

****

Kali ini, mimpi...
gw ada di tengah2 keramaian, hingar bingar di suatu kota...
seperti berada di china town, pusat perbelanjaan, tulisannya semua huruf china, tapi anehnya Patung kereta kudanya Brandenburger Tor tampak terlihat berdiri tegak menjulang di ujung jalan sana.
Aneh, ini sebenernya gue ada di China apa di Berlin?
gw bengong, masih ga ngerti. Ini apa sih? gw ngapain di sini?

Tapi tiba2, pundak gw ada yg nyentuh dari belakang...
dari hangatnya telapak tangannya, dari lembutnya sentuhannya, dari lebar tangannya...
gw tau itu siapa...
"Bapak?" gw nengok ke belakang.
Bokap gw berdiri di sana, dengan cengiran khasnya, dengan raut mukanya yg jenaka, "Mbak Dhira, belanja sama bapak yuk..."
lagi2 gw kaget, apa lagi ini?

Sebelum gw bereaksi, bokap gw narik tangan gw, dan naro tangan gw di sikutnya, "Ayoo, mumpung bapak di sini. Bapak beliin apa yg kamu suka.."
gw ngeliat sosok bokap gw dr samping, ini bokap gw beneran, ini bapak? Bapak di sini?? "YAHOOO!!!" Langsung gw peluk bokap gw dari samping, bokap gw nengok dan nyengir lebar, "Waktu bapak, buat kamu hari ini sayang..."

gw ngangguk cepet, dan ngabisin waktu sama bokap gw keliling2 pusat perbelanjaan itu, yg gw gatau itu sebenernya ada di mana. Gw ga begitu pengen beli banyak, tapi bokap gw maksa beliin banyak.
Yang paling seru adalah ketika gw sama bokap gw milih2 barang dan ketawa2 bareng.
cengiran bokap gw, bercandaan bokap gw, hilang sudah semua beban gw selama ini.

Bokap gw meluk gw erat, sambil goyang2in badan gw ke kanan dan ke kiri. Ngelus kepala gw perlahan dan bilang, "Bapak sayang kamu, nak...Kamu baik2 ya, di negeri orang...Jangan khawatir ya, bapak sama mama, sama adik2mu di rumah baik2 aja. Inget ya sayang, kamu itu mutiara bapak. Kamu mutiara terindah, tercantik yg bapak punya. Bapak yakin, mutiara seperti kamu, pasti bisa menjadi mutiara yg bernilai tinggi juga di mata orang lain. Kejar cita-citamu ya sayang, selalu berikan yg terbaik. Jangan nangis, jangan sedih. Bapak selalu tunggu, senyumanmu ketika webcaman di skype."

Air mata gw netes di baju bokap gw, gw ngangguk perlahan. Bokap gw, nyium kening gw, lembut...
lagi, cengiran khas bokap gw itu muncul.

gw ambil, kantong2 belanjaan gw, tapi tiba2 ratusan orang dateng dari arah samping, dorong gw sana-sini, barang belanjaan gw jatuh. Tp gw ga peduli, pandangan gw langsung nyari2 bokap gw, "Bapak?"
Orang2 itu dorong gw dari segala penjuru sekarang, gw hampir jatuh ke belakang.
Lagi, tangan hangat, besar, megang sikut gw erat, "Kamu ga papa, sayang?"

Bokap gw ada, bokap gw di sini.
gw ngangguk, senang dan kita berdua berusaha menerobos kerumunan yg gw sendiri ga ngerti, kenapa tiba2 jd banjir manusia.
tapi semakin ke depan, semakin susah di terobos.
orang2 itu semakin banyak, seolah2 berusaha ngelepas pegangan erat gw ke bokap gw.
gw kedorong, lagi, lagi, dan lagi...
pegangan itu pun terlepas, bokap gw hilang, kerumunan orang itupun tiba2 ikut menghilang sedikit demi sedikit.

tinggal gw sendiri, berdiri mematung, di tengah hiruk pikuk yg mulai mereda.
lagi, gw sendiri.terasing.terdiam.kehilangan.

ntah kenapa, di sana...
sayup2 terdengar lagu yg ga asing lagi.
Lagunya Ada Band Ft. Gita Gutawa, judulnya Yang Terbaik Bagimu

"Teringat masa kecilku kau peluk dan kau manja
Indahnya saat itu buatku melambung
Disisimu terngiang hangat napas segar harum tubuhmu
Kau tuturkan segala mimpi-mimpi serta harapanmu

Kau inginku menjadi yang terbaik bagimu
Patuhi perintahmu jauhkan godaan
Yang mungkin ku lakukan dalam waktu ku beranjak dewasa
Jangan sampai membuatku terbelenggu jatuh dan terinjak

Tuhan tolonglah sampaikan sejuta sayangku untuknya
Ku terus berjanji tak kan khianati pintanya
Ayah dengarlah betapa sesungguhnya ku mencintaimu
Kan ku buktikan ku mampu penuhi maumu

Andaikan detik itu kan bergulir kembali
Ku rindukan suasana basuh jiwaku
Membahagiakan aku yang haus akan kasih dan sayangmu
Tuk wujudkan segala sesuatu yang pernah terlewati"

Hampir 10 Bulan gw di sini, saat di mana memejamkan mata adalah satu2nya hal yg menghibur ketika gw ga punya waktu panjang buat webcaman.
Saat di mana, fantasi liar itu muncul dengan mendatangkan nyokap gw yg selalu nunggu gw di sana, meluk gw dengan pelukan hangat yg selalu terasa nyata...

Dan ketika malam datang, saat di mana bokap gw selalu hadir nunggu gw di alam mimpi dan berusaha menenangkan gw di sana, menghibur gw dengan cengiran khasnya, candanya dan dengan suara khasnya yg berirama...

Hampir 10 Bulan di sini, waktu di mana membuka mata terasa tersiksa, karena gw harus menghadapi realitas yg ada.
Kenyataan bahwa, orang tua gw ga di sini, mereka jauh. Mereka di Indonesia. Mereka di sana, bukan di sini. Tapi tetap, hadirnya mereka di saat gw memejamkan mata adalah suatu hal yg berharga buat gw meskipun hanya sekejap...
"Mama, Bapak, Do you know that? You are my everything and... I Love You" :)

41 comments:

  1. I Miss U, bapak tambah kangen membaca ini. Bapak menangis di Garuda Lounge, bapak baru tiba dari Palembang langsung mau terbang ke Pekanbaru. Bapak tak peduli air mata mengalir, entah orang-orang bilang apa, bapak tak peduli. Air mata yang mengair adalah airmata rinduku padamu. i miss u

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bapakku sayaangg : I Miss You too :) mb dhira kangen bpk jugaa. makasih, udh mau nemenin mb dhira wkt mb dhira tidur :D LOVE YOUU *Hugs2*

      Delete
  2. Jadi teringat mama dan papa yg tengah menanti saya dirumah...makasih tuk ceritanya mba Nadhira..sangat menyentuh...:'((

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mb Frahnasy : makasih ya,udh sempetin baca blog sayaa :D

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. menitikkan mata, walopun belum pernah terpisah jarak dengan orang tua :)
    keluarga yang hebat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @tari daerah : bersyukur yg orang tuanya dekeett hehe makasih yaa udh nyempetin baca blog saya :)

      Delete
  5. Terharu mba, jd kangen jg sama ibu dan bpk, sukses ya disana mba dhira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kangluks makasih ya atas doanya.. :) makasih juga udh nyempetin baca blog sayaa hehe

      Delete
  6. Ingat ibu yg selalu sabr..bapakb yg selalu tegas..nun jauh di sana...love you mak bpak..

    ReplyDelete
  7. hampir sama mbak,bapak ibu ada di ujung jawa timur,dn saya ada di perbatasan jawa tengah blajar cr rejeki,kmrn mbahkung wafat,kt ibu manggil nama cucuny yg gbs datang.

    tp mbk matanya kok sipit,ky di film-film korea :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @widia nurdiana : muka nurun ayah saya persis, tapi mata dari ibu saya hehe jd deh, sipiitt :p
      makasih udah luangin baca, yaa :D

      Delete
  8. Seakan mama dan papa kembali hadir dihadapanku...moga aku bisa jadi anak yang shaleh yang dapat terus mendoakan mereka di dunianya sekarang...makasih yah mbak dhira...tulisan ini sangat mengingatkanku akan kenangan" bersama almarhum mama dan papa...

    ReplyDelete
  9. Nadhiraaa! Be strong, dear! Pulang dari Jerman nanti makin sayang sama Mama Papa. :)

    ReplyDelete
  10. Seberat apapun berat yang aku pikul ini, tidak lain dan tidak bukan hanya untuk orang tuaku yg tersayamg dan tercinta...thanks dira :)

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Nasib mahasiswa rantau ke negeri orang.
    orang tua emang salah satu obat ketika lg sedih di negeri orang.

    ReplyDelete
  13. Nice and touchy...orang tua mba dhira pasti bangga sama mba dhira yg udah survive di negri org..doa saya buat mba dhira..sehat2 selalu yah

    ReplyDelete
  14. salam kenal mba dhira,. thanks buat ceritanya. *ngelap air mata* semakin berat langkah ini untuk melanjutkan kuliah di luar. tapi cita-cita haruslah dikejar dan diraih. semangat ya,. :)

    ReplyDelete
  15. jadi kangen mamah juga yang jauh disana :') tulisan yang sangat bagus mbak :) sukses terus disana..

    ReplyDelete
  16. Mba Dhiraaa.. dhea nangis baca nya, aseli .. walau d, sama mama papa cuma kepisah 1 jam kalau pakai pesawat, rasanya bisa ngerasain kangennya. mba semangat !

    ReplyDelete
  17. kenapa ya, banyak yg nangis waktu baca ini :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Norm(a)Rahmawati : wah, gatau ya sy hehe yg jelas, nulis ini ga duga pada bakalan nangis :p tergantung pengalaman pribadi dan suasana hati mungkin :D

      Delete
  18. Makasih Nadhira... Mendadak rinduu beratt. saya rindu

    ReplyDelete
  19. mba dhira, sukses disana yaa. Aku ikut terharu. Semoga bisa nyusul sekolah disana. Amin :) semangat mba nadhira..

    ReplyDelete
  20. Fiiuuhhhh.....
    senengnya....walau terpisah benua....masih bisa bertemu someday....
    beda dengan aku.....entah kapan lagi bisa bertemu dan berkumpul kembali atau malah tidak mungkin?....miss u ma...pa....semoga mereka berkumpul di surga dan kita semua bersatu kembali pada saatnya...Amin....

    ReplyDelete
  21. Entah knp, tulisan ini begitu bikin gue suspend...

    ReplyDelete
  22. Replies
    1. Assalamu'alaikum...
      Aku newcomer di blognya Nadhira, tp bgitu baca, langsung suka (two thumbs up) emang buah g pernah jatuh jauh dr pohonnya ;)
      Postingan diatas buat aku menggumankan selaksa doa, "smg Nadhira selalu menjadi qurrota a'yun buat kedua orgtuanya.."

      Delete
  23. Dhiraaa, baca ini bikin mewek abiss, •‧::‧({})Ʈħªηќ yºü({})‧::‧• Yaaaaa tulisannyaa bagus

    ReplyDelete
  24. Wah senengnya bisa baca lagi tulisan mba dhira.. Blog yg lama dah gbsa dibuka ya? Aku ngefans ama tulisan mba dhir dibandingkan ama tulisan babeh jamil, hehe..
    Baca tulisan ini bikin nangis, bersyukurnya aku karena ortuku tinggal serumah denganku. Bisa memandang, memeluk melayaninya sertiap saat.ditunggu tulisannya ya mba dhir, moga sehat selalu :)

    ReplyDelete
  25. Asli baca postingan ini bikin berlinangan air mata. Karna tau gmn rasanya jauh dari orang tua :)
    Semangat dhira. Ganbatte ne (n_n)V

    ReplyDelete
  26. Novarino (Daffa Robbani)12 December 2012 at 00:12

    Assalamu'alaikumm
    Dhira,, tulisan u sangat menyentuh. isi tulisannya dalem,, smpai membuatku terpikir Abi dan Ummi di ujung timur jawa.. ingin rasanya pulnk, tapi saya hrus sukses dulu di Jakarta..
    mencoba menaklukkan ibu kota jakarta.
    semoga dhira bisa cepet balik ke indonesia,, supaya bisa berkumpul dengan orang tua kandung dhira yg menanti dgan penuh cinta..
    keep smile, happy, n pray..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaa dira, tulisannya bagus banget :) buat para pembaca bakalan nangis deh. setiap baca postingan mba dira selalu membawa energi positif buat aku :) banyak hal yang tersirat yang ada disetiap tulisan mba diraa :) sukses yaaa

      Delete
  27. halo mba dhira salam kenal :) baru mampir sebentar ke blognya, udah lgsg kepo banyaak tulisan :) yg ini dalem. rasa haru, sedih, dan kangennya ngena :") suka!
    nb: bikin buku dong mba hehe

    ReplyDelete
  28. kalo liyat cerita ka dhira jadi ngerasa kecil deh, ka dhira hebat :D semangat terus kak :D

    ReplyDelete
  29. baru kali ini mampir di blog mu dek dhira dan isi nya terasa menyentuh. tak terasa air ini pun tumpah ketika kakak ingat mama kak yg udah mendahuluiNya, papa msh ada tapi kak sering miss komunikasi. tapi setelah baca kisah mu, kak ingin memberi sesuatu yg berharga bwt papa selagi dia msh ada.terimakasih dek, kamu sangat menginspirasi
    terus menulis ya dek,,,semangat!!!

    ReplyDelete
  30. terharu saya membacanya...

    ReplyDelete
  31. gak sengaja saya baca tulisan ini, tiba2 air mata saya jatuh. entahlah,, karena apa saya gak tau. Danke Dhir.. Tulisan2 mu sangat membantu memotivasi saya utk kembali mewujudkan mimpi bisa belajar di Jerman. :)

    ReplyDelete
  32. Membaca tulisan ini seperti sebuah oase kerinduan kepada Ibu dan bapak, kerinduan untuk dipeluk seperti masa kecil dulu. Kadang dalam hidup ini ada hal2 yang seakan tidak lagi dilakukan karena seiringnya bertambah usia.

    ReplyDelete