Tuesday, 8 October 2013

Seminar, kau aneh sekali T,T

Jadi ceritanya kemaren gue itu dateng ke seminar yang di adain sama tempat kerja gue. Seminar itu wajib dan gue jadi ga punya alesan buat nolak ga dateng hehe. Lebih tepatnya karena kemaren itu hari libur gue dan aslinya gue pengen ngelakuin hal lain ketimbang dateng ke seminar itu. Cuma yah, berbekal kepercayaan pasti gue dapet manfaat dari seminar itu, jadinya gue dateng aja.

Dari surat yang gw dapet, gw harus ikutan tiga seminar. Temanya, Hygieneschulung, Infektionsschutzbel, sama Datenschutz. Jadwalnya sih, dua seminar pertama di selesein hari itu juga dan seminar terakhir besoknya. Yang dateng para anak muda pekerja sosial kayak gw, dari mulai pemuda jerman sampe pemuda pemudi yang asalnya di luar Jerman kayak gw. Dan sudah pasti yang pake kerudung cuma gue doang ntar hehe.
 photo 18.gif photo 18.gif photo 18.gif
Dari namanya udah bisa di tebak2 kan ya apa isi seminarnya, Hygieneschulung ya isinya tentang step2 supaya badan higienis terbebas dari kuman. Dari judulnya, gue udah tau pasti bakalan di tunjukkin virus2 atau kuman2 jijay gitu. Bayanginnya aja gue udah mual haha. Terus klo Infektionsschutzbel isinya tentang bagaimana melindungi diri dari infeksi penyakit gt. Gue juga bayanginnya udah mual karena pasti di liatin luka-luka ga jelas gt. Beginilah, gw emang ga cocok jadi dokter saudara-saudara haha. Tapi berhubung kerjaan gw berhubungan dengan anak-anak special need, hal itu penting. Karena kan, kita ga tau klo mereka punya penyakit yang bisa di tularin ke kita. Jadi bayangan gue, pasti sampe cara bersiin tangan juga di ajarin. Tapi ya itu, pasti mual ngeliatnya deh -,-"
 photo 33.gif photo 33.gif photo 33.gif
Jadi, seminar pertama Tema Hygieneschulung mulai dari jam 10 pagi sampe jam 12 siang. Diisi sama Herr Kublik. Herr itu klo di Bahasa Inggrisin sama kayak Mr. klo di Indonesian sama kayak Bapak Kublik. Pertama kali gue masuk ruangan dan ngeliat Pak Kublik, gue cuma bisa geleng2 kepala. Ampun deh, ini Herr apa Frau??? (Frau itu dlm Bahasa Inggris Mrs atau Miss). Melambai banget gayanyaaa. #Jgeeerrr

Temen gw yg namanya Houbi anak Madagaskar, bolak balik ngejekin cara ngomong si Herr itu selama seminar berlangsung. Gw sih masih mending ya, diem aja walau dalam hati gregetan. Cara ngomongnya itu loh, pelan banget kayak Putri Solo terus mulutnya di monyong2in. Nah, Houbi ngikutin cara ngomongnya itu Herr sambil bisik2 ke gue. Gw yg dengerin cara ngomong si Herr yg temponya lambat, ngantuklah jadinya. Mana gw duduknya di pinggir lg, pas banget sama jarak pandangnya itu Herr. Aarrgghh. Ya Allah, tolong jadikan waktu cepat berlalu T,T
 photo m082.gif photo m082.gif photo m082.gif
Houbi juga bisik2 ke gue gini, "Er ist Schwul, oder? Ja, ne? Hiiyy" "Eh, dia pasti Gay? Iya kan? Hiiy" Gw cuman nyengir, "Vielleicht. Keine Ahnung haha" "Mungkin. Gatau juga haha."
 photo m158.gif photo m158.gif photo m158.gif
Tapi yg kocaknya, cwe Jerman di sebelah gue bolak balik bunyi perutnya. Karena laper. Dia ngelirik gue malu gitu, karena bunyinya kenceng banget hehe. Gue berusaha cuek nahan ketawa, karena klo gw di posisinya dia pasti bakalan malu lagi. Bunyi perut gt kan ga bisa di kontrol hehe

Selama seminar pertama, apa yang gw bayangin terjadi juga. Itu yg namanya bakteri, virus, ampe diliatin videonya. Gimana org bersihin dapur pake lap, tp ternyata di lap itu udh banyak bakterinya terus nyebar kemana-mana. Belom lagi di video itu ada dokter yg lg buka luka pasien, trs lukanya di liatin. Bakterinya juga di liatin. IHHHH, najongbalabala deh. Aduuhh, mual banget. Hueks. Gue ga kebayang, temen gw ada yg ambil jurusan Virologie (Jurusan Ilmu Virus2 gt). Hiiii.

Akhirnya, penyiksaan seminar pertama selesai di tutup dengan pemeriksaan kebersihan tangan kita. Jadi kita di suruh cuci tangan pake semacam Alkohol gt (namanya gw lupa, jenis alkohol ini selalu ada di tempat kerja gw) trs tangan kita di sinarin alat warna biru. Nanti keliatan, mana bagian yang belum steril. Gw sempet protes bilang ke si Herr itu klo kulit gw sensitif. Jd klo pake Alkohol yg itu, kulit gw langsung kering kerontang. Abis itu dia bilang, klo kyk gt prosedurnya harus pake creme yg warna pink, trs selanjutnya yg wrn kuning, nanti beberapa jam kemudian baru pake sabun, baru deh pake alkohol yg itu. Semua peralatan kebersihan itu ada semua di tempat kerja. Dia liatin contohnya, dan emang ternyata gue kayak pernah liat. Dari semua materi seminar pertama, cuma info cara bersiin tangan aja yang gue menurut gw berguna banget plus dapet sertifikat. Sisanya, mual.
 photo m097.gif photo m097.gif photo m097.gif
Seminar kedua, mulai jam 13.30. Jadi kita dapet istirahat satu jam setengah. Karena tempat istirahat deket sama rumah. Gue pulang dulu, solat, makan siang salad kentang di campur rendang di kasih temen. Wuena'ee Puooll hehe.
 photo m087.gif photo m087.gif photo m087.gif
So, mulai di seminar kedua. Temanya, Infektionsschutzbel. Berdasarkan surat, harusnya yg ngisi namanya Frau Eckhard. Tapi ntah kenapa kok yang dateng bapak2. Padahal kan, Frau artinya Mrs. atau Miss haha

Si bapak pengisi seminar ini, lebih terlihat menyeramkan di bandingkan pengisi sebelumnya. Seperti dosen killer gt deh. Awalnya semua tegang ga berani ngobrol. Tapi setelah 15 menit, muka orang-orang di dalem seminar mulai frustasi. Si bapak ini ngomongnya cueppeet banget kayak kereta. Kita yang sebagian besar terdiri dari orang asing dan belum begitu lancar ngomong Bahasa Jerman, cuma bisa bengong merhatiin dia ngomong. Kata yg gue tangkep sebagian besar cuma, "blablabala...muss du. blbskhdi/%&%&$&$/ beachten. Infektion...jkisfhefheufbjsn blabalabala" Kita semua saling tengok kanan-kiri. Malah ada cwo di bagian belakang duduknya, udah sukses tertidur pulas ga peduli si bapak ini nyindir-nyindir karena dia tidur.
 photo m093.gif photo m093.gif photo m093.gif
Gw cuma saling tengok kanan-kiri ke Houbi. Pasang tampang cengo. Udah gt si bapak ini kebanyakan ngomong, "Emmmm..." terus bolak balik tarik nafas. Gatau karena dia gugup atau emang kebiasaan dia gt. Cwe di depan gw yg kayaknya orang Ukraina, cuma nyengir frustasi dan bolak balik ngerutin kening nengok ke temen sebelahnya.
 photo m197.gif photo m197.gif photo m197.gif
Aslinya, gw udah biasa sama orang-orang Jerman yang ngomongya cepet. Khususnya di Kota Hannover. Atasan gue, Dirk. Ngomongnya juga cueppeet buangeet. Tapi yg ini beda. Dia ngomong ga ada jeda, ga ada titik. Makanya mungkin gara-gara itu dia bolak balik tarik nafas.
 photo m179.gif photo m179.gif photo m179.gif
Ini muka gw, waktu dengerin si bapak ini ngisi seminar : 
 photo m125.gif photo m125.gif photo m125.gif
Muka frustasi gue dan Houbi :
 photo 50.gif photo 50.gif photo 50.gif
dan kenyataan bahwa daun-daun di luar jendela ternyata lebih menarik ketimbang dengerin si bapak itu ngomong berentet ga ada titik :
Daun-daun yg tadinya hijau sedang berubah warna menjadi kuning, lebih indah bukan? :p
 photo 29.gif photo 29.gif photo 29.gif
Seminarnya sama menjijikkannya buat gue, karena lagi-lagi diliatin bakteri dan virus yg bisa bisa bikin kita terinsfeksi. Di tambah contoh orang yg tadinya sehat-sehat aja tiba-tiba jd sakit parah karena terinsfeksi virus mematikan. Gw cuma bisa narik nafas frustasi panjang. Sepertinya kedua seminar ini bukan buat gue -,-"
 photo m061.gif photo m061.gif photo m061.gif
 Ternyata, seminar terakhir yg jadwalnya besok di jadiin hari itu juga setelah seminar Infektionsschutzbel yg ga begitu jelas isinya apa.  Pengisinya bapak-bapak muda enerjik, berkepala botak mengkilau. Bernama Herr Büse. Dia bilang, cuma butuh jelasin 15 menit yang justru isinya cuma mengenai tentang sejarah tempat kerja gue. Tapi menurut gue, justru si bapak2 ini yg ngisinya cuma bentar, lebih enak jelasinnya dan lebih nyantai orangnya. Gue ngerti hampir seluruh perkataan yg dia ucapin. Tapi sayang, hampir seluruh peserta seminar yg hadir udah abis energinya gara2 nguras tenaga untuk konsentrasi dengerin si bapak2 pengisi kedua. 
 photo m041.gif photo m041.gif photo m041.gif
Begitulah, seminar kemarin. Aneh-aneh ya para pengisi seminarnya -,-"
Setelah acara selesai, gue langsung ke Stasiun Utama Kota Hannover mau ketemu ade gw sebentar yang lagi nunggu kereta selanjutnya 18 menit mau ke Leipzig. Dia baru balik dari Indo dan pulang naik Garuda ke Amsterdam. Dari Amsterdam naik kereta ke Leipzig tapi harus ganti kereta dua kali. Ganti kereta pertama di kota gue, Hannover 18 menit. Abis itu ganti kereta lagi di Magdeburg, baru deh lanjut lagi ke Leipzig.

Dia mau sekalian ngasih titipan gue. Kamera gw, ama 3 buku titipan, dia yg bawain dari Indo. Gara-gara waktu itu koper gue ga muat hehe. Eh terus dia ga cuma ngasih itu, dia ngasih gue juga basreng (bakso goreng) sama kripik singkong dari Indoo. Ihiiy, makasih dedee.
 photo m032.gif photo m015.gif photo m032.gif
Setelah itu, gue jalan-jalan bentar ke tengah kota dan nengokin temen gue yang abis ngelahirin. Bayinya lucuuu. Jadi pengeen #eh?  HAHAHA
 photo m016.gif photo m016.gif photo m016.gif

3 comments:

  1. assalamu'alaikum, maaf mbak dhira.
    mau tanya, gmana cara ke jermannya? mbak dhira kerja? atau sambil kuliah?
    Amat-metro-Lampung

    ReplyDelete
  2. Luar biasa :)
    menarik dan mengesankan .. hehehe..
    berkunjung ke blog saya:
    abyawwabin.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. wah sangat menarik sekali ane jadi terkesan dengan tuliasan sista ini. salam kenal.

    ReplyDelete