Wednesday, 1 January 2014

Wintercamp 2013 Berlin

 photo m036.gif  photo m036.gif  photo m036.gif
Wintercamp 2013 Berlin

Wintercamp is back! Yo Yo Yoo!
Tapi tunggu, ini itu bukan seperti bayangan kalian, kita camping di dalem hutan pas Musim Dingin.
Bukan, bukaaann! hehe
Semua pesertanya nginep di penginapan, kok. 
Di sediain makan, ruangannya gede, tempat tidurnya nyaman, hangat, dll.

Jadi, dari tanggal 27-28 Desember 2013, gue sama temen-temen gue yang lain ikutan acara ini.
Sebenernya acara ini pernah diadain tahun 2011 lalu. Nah, sekarang acara seru ini di buat lagi.
Peserta yang dateng ada kurang lebih 150 orang pelajar yang domisilinya menyebar di kota-kota Jerman. Buat gue, kenapa pengen ikutan acara ini selain sebagai ajang ketemu ade gue yang udah lama ga bersua, gue penasaran juga sama isinya plus jadi kenalan sama banyak temen baru hehe.

Katanya sih, isi acaranya tentang pemantapan rohani sama penyegaran jasmani gitu. Kita ntar di bagi-bagi perkelompok gitu, terus ada pemateri, ada games, sesi muhasabah, mentoring, Shalat Tahajjud, Baca Al-Quran, teater yang di lombain perkelompok, outbond, jelajah alam, dsb. Temen gue yang ikutan waktu tahun acara Wintercamp 2011 bilang, klo acaranya seru banget. Yaudah, karena gue penasaran dan Alhamdulillah dapet jatah libur kerja, akhirnya gue ikutan deeehh hehe.
 photo m129.gif  photo m137.gif  photo m129.gif
Karena acara di tanggal 27nya pesertanya harus dateng jam 07.30, para peserta yang tinggal di luar kota kayak gue, mau ga mau harus berangkat tanggal 26 Desembernya. Nginep di rumah temen di Berlin. Biar ga telat datengnya. Soalnya dari Hannover ke Berlin klo naik kereta biasa kira-kira 4 jam-an. Naik kereta cepet 2 jam, tapi harganya mahal. So, akhirnya gue nginep di rumah temen yang jarak dari rumahnya ke tempat acara sekitar 40 menit. Sekali naik kereta.

Jadi, kalau kita naik kereta dari arah manapun, harus berhenti di Stasiun namanya Stasiun Nikolassee (Bahnhof Nikolassee). Panitia sempet nge upload video gimana caranya nyampe ke Stasiun Nikolasse kalau kita posisinya ada di Stasiun Utama Berlin (Berlin Hauptbahnhof). Dan videonya menurut gue, kocak hehe. Coba diliat deh...
 photo m066.gif  photo m066.gif  photo m066.gif
Wintercamp 2013. How to get there?

Nah, di tempat acara, gue beneran kenalan sama banyak banget temen baru. Sekaligus ketemu sama temen yang udah lama kenal lewat dunia maya doang. Padahal udah hampir dua tahun gue kenal sama mereka, baru ketemunya pas acara Wintercamp kemaren hehe.

Yang lebih kerennya, ada mahasiswi pake kerudung, kuliahnya di Halle, dia pake kursi roda. Kuliahnya jurusan Biokimia, sekarang baru semester satu dan dia tinggal sendiri loh di sanaa. Gileee banget deh. Jempol banget buat perjuangannya. Dia bilang, dia ke Jermannya juga sendirian. Kereenn, kaan. Kalau kalian mau tau cerita lengkapnya tentang dia, ntar Insha Allah gue ceritain di postingan selanjutnya deh. Sekarang, gue mau fokus cerita tentang pengalaman gue ikutan Wintercamp dulu hehe.

Nah, pas acara di mulai, MCnya ngasih tau klo ntar bakalan ada teater perkelompok. Aduh, maak. Gue udah sebel aja tuh dengernya. Paling ga suka di suruh maen teater terus diliatin banyak orang. Bingung, ntar nasip gue gimanaa ini sampe besok. Dan ternyata pas liat jadwal, teaternya malemnya tanggal 27nya. OH, NO! MAMAAAA~ #nangisguling2
 photo 53.gif photo 76.gif  photo 53.gif
Terus gue kebagian kelompok namanya Hafsah binti Umar bin Khattab. Wiii, dapet anaknya Umar nih, bro! Bapaknya perkasa gitu, berarti kelompok kita juga harus gagah berani AHAHAHA. Pas banget tuh, yang jadi gruppenbetreuer kelompok kita, perkasa banget #pfft #dijitak

Gruppenbetreuer itu klo dalam pelatihan gitu kayaknya di sebut fasilitator. Jadi masing-masing kelompok punya satu fasilitator. Para fasilitator ini ga ikut masuk jadi anggota kelompok. Cuma bertanggung jawab sama kelompok tsb aja. Jadi klo ada tugas kelompok, fasilitator ini yang ngarahin, yang ngejelasin, dll. Fasilitator kelompok gue namanya Kak Sylvi. Dia selalu nyemangatin kita supaya besok kita tiba-tiba di panggil ke panggung sebagai kelompok terbaik. Ehemm~
 photo 90.gif  photo 90.gif  photo 90.gif
Nah, pas game outdoor, itu paling seru dan bikin tulang gue kayak mau rontok haha. Gamenya ada empat dan setiap game kita harus ngelawan grup lain. Grup ikhwan-akhwat di pisah yaa. Yang cwo jalur gamenya beda. Jadi kita ngelawan sesama grup akhwat. Jadi sebenernya klo kita menang setiap game, yang menang boleh milih soal permasalahan yang di pegang panitia. Jadi ntar ada kertas yang isinya permasalahan gitu. Setiap kelompok nanti harus ngasih solusi terhadap masalah yang ada di kertas itu. Satu kelompok satu masalah.

Terus game pertama, kelompok gue menang dong. Atas semangat dari Kak Sylvi yang bolak balik teriak, "AYO, KELOMPOK GUE HARUS MENAANG SEMUA GAMMEEE. AWAS KALO NGGAAKK!" Btw, itu ngasih semangat atau ngancem yak?wkwk. 
Karena kita menang, kita boleh milih kertas persoalan itu. Udah pasti milihnya yang keliatannya gampang :)).

Terus game kedua ngelawan kelompok lain, Alhamdulillah menang lagi. Nah di sini, kita sebagai kelompok yang menang di suruh milih. Mau mempertahankan kertas persoalan kita atau minta tuker ke kelompok yang kalah. Pas kita liat kertas persoalan kelompok lain kayaknya ribet bener, yaudah kita milih mempertahankan kertas persoalan punya kita sendiri hehe.
 photo m027.gif  photo m027.gif  photo m027.gif
Begitu juga game ketiga, MENANG lagii. AHAHAHA. Nah, pas game terakhir itu adu fisik. Itu loh yang kayak maen naga-nagaan. Yang kalah, yang berhasil narik buntut lawan. Biasanya klo gue main game ini, gue selalu di depan atau di belakang. Ga pernah di tengah. Di depan, karena gue jago bertahan terus ngegebok atau ngedorong lawan. Di belakang, karena gue jago ngeles. Jadi biasanya klo gue di taro di belakang, musuhnya ga berhasil nyentuh gue haha. 
 photo m011.gif  photo m022.gif  photo m011.gif
Nah, di game ini, gue kebagian jadi kepalanya. Dan gue udah bisa nebak, pasti ade gue di kelompok cwonya, jadi kepalanya juga. Di keluarga gue itu udah biasa klo maenan adu fisik gitu, kita yang selalu jadi pemeran bertahan atau yang nyerang. Gue masih rada kalem bro. Ade gue yang cwe, yang sekarang masih 13 tahun, itu lebih horor dari gue klo main ginian. Padahal dia kurus. Larinya ngebut banget, tenaganya gede, sekali dorong jatoh lawannya. Gue mah kaleeemmm. Kaga ade ape apenye di bandingin ade gue, Hana. Hahaha~

Sayang, di game ini seri. Karena tim lawan, kepalanya susah banget di tembus. Gue udah keburu capek duluan. Jago banget dia bertahannya. Badan gue udah ringsek banget deh. Serasa rontok semua tulang-tulang gue, nih. ADUUHH, KENAPA DI JERMAN KAGA ADE TUKANG URUUTT!! Gembel. -,-"
 photo m169.gif  photo m169.gif  photo m169.gif
Ternyata, kertas persoalan itu adalah tema teater kelompok kita nanti malem. Badan gue yang udah ga karuan lagi capeknya, makin lemes denger gue ntar malem harus maen drama. Gue nggak ngerti lagi, kenapa harus ada teater segala siii. Ampun dah. Tapi lagi stress gt, taunya temen kelompok gue bilang kalo ntar pentasnya di pisah. Jadi kelompok para cwo2 itu, tampil di ruang terpisah sama yang cwe. Bagus tuh! Setidaknya, gue ga mati gaya banget lah karena ga campur tampilnya terus diliatin kelompok para pria haha. Selamet~Selamet~
 photo m020.gif  photo m020.gif  photo m020.gif
Jadi, tema kelompok gue judulnya Ukhuwah. Ceritanya, ada tiga orang udah sahabatan dari dulu. Namanya Dinda, Athaya, sama Vina. Terus sama-sama berangkat kuliah di Jerman. Ibunya Dinda bilang, dia harus tetep bareng-bareng sama kedua sahabatnya. Karena udah dari dulu mereka sahabatan, Athaya sama Vina itu keliatannya anak baik-baik. Terus mereka udah 10 bulan ikutan Les Bahasa Jerman di Jerman, tiba-tiba dua temennya Dinda berubah jadi jarang masuk, sibuk hura-hura. Inti permasalahannya adalah Dinda itu bingung. Mau ikut-ikutan terpengaruh sahabat-sahabatnya jadi ke arah yang lebih buruk karena solidaritas udah sahabatan dari dulu atau tetep bertahan fokus belajar dan cari lingkungan yang lebih baik?
 photo 77.gif  photo 77.gif  photo 77.gif
DAAANN, udah pasti gue ga cocok jadi peran anak baik-baik meranin Dinda. Gue pasti selalu dapet peran jadi biang keroknya. Ya klo ga jadi Athaya ya Vina. HAHA. Muka gue emang, muka-muka rada-rada gitu kayaknya haha. Ya ampuun, muka imut-imut gini kok dapet perannya antagonis mulu yaa. Cemana ini CEMANAA!! :))
 photo m140.gif  photo m140.gif  photo m140.gif
Jadi, di drama kelompok gue ini yang jadi meranin Dinda itu namanya Putri. Dari mukanya dia, pas banget deh. Cocok klo gue tindas #gubrak #peaceput hehe. Yulia sama Nadia jadi temennya Dinda yang ngajakin dia ke arah yang lebih baik. Kayak kelompok ngajinya Dinda gitu. Cocok deh tampang mereka berdua jadi akhwat alim wkwk. Rani jadi narator drama kelompok kita. Gue sama Mutiara jadi Athaya sama Vina. Terus Dibeh jadi cwe GAHOEL yang ngajakin Athaya sama Vina ke jalur sesat. Di situ perannya jadi Casie. Ini juga Dibeh meranin Casie cucok banget, cyiiin. Cocok banget jadi tukang hasut-hasut ngajakin belanja haha.
 photo m158.gif  photo m158.gif  photo m158.gif
Naaahh, permasalahannya adalah sampe jamnya drama mulai. Kelompok kita belom nyelesein dramanya. Belom latian, mau ngomong apa pas drama juga kaga ngarti kudu ngomong apaan. Rani paling heboh, karena dia jadi naratornya. Terus gatau kudu nyampein apaan ke penontonnya. Dia bolak balik bilang, "Aduuh, aku jadi narator ngomong apaan niihh?? AAAA, aduh gimana niihh. Aku bacain apaan doongg??" Gue udah geleng-geleng kepala aja. Yang artinya udah jelas, "Jangan nanya gue, jangan nanya guee.." Udah gitu kita dapet giliran kedua maju dan cuma dikasih tujuh menit doang. Kacau banget deh ini. Mana kelompok pertama kocak banget nampilinnyaa. Langsung down. Mamfyus ini mah.
 photo 43.gif  photo 21.gif  photo 28.gif
Akhirnya, tak ada jalan lain. Improvisasi sendiri di tengah panggung. Yang jelas gue, Mutiara, sama Dibeh ngomongnya harus rese serese-resenya dan jadi orang senga sesenga-senganya manusia. Dan Putri yang meranin Dinda, ntah ada angin apa padahal dia tadi udah sampe gemeter sebelom tampil karena bingung harus ngapain di panggung, tiba-tiba bisa akting jadi cwe tertindas. Kata orang-orang, dia kayak beneran mau nangis gitu. Mutiara yang dari tadi ga bisa ngeluarin kata-kata sinis, tiba-tiba bisa lebih sinis dari gue. Jadinya gue tinggal nambahin kata-katanya Mutiara buat ngedukung peran kita. Dibeh jadi tukang hasut yang lebih gila dari yang seharusnya. Nadia sama Yulia jadi lebih alim dari yang di duga. Rani tiba-tiba bisa ngomong dengan jelas dan tenang. Gatau lagi gue, itu kertas yang di pegang rani buat bacain narator udah ada tambahan isinya atau dia nambah-nambahin sendiri wkwk. Gila meenn, kita kesambet jin apaan, yak? HAHAHA
 photo 40.gif  photo 40.gif  photo 40.gif
Tapi durasinya jadi kelamaan. Harusnya cuma 7 menit, klo ga salah totalnya 13 menit. Udah deh, kayaknya ga bakalan jadi grup terbaik juga haha. Yang jelas, dramanya kelar. Titik. Selesai maen drama, gue seakan hidup kembali. Beban ilang broo. xDDD

Kelompok lain juga tampilnya bagus-bagus. Tapi menurut gue, kelompok-kelompok yang anggotanya ada orang yang medok jawa atau logat batak gitu, yang paling bikin gue ngakak sampe guling-guling. Lucu bangeett!!Hahaha
 photo m146.gif  photo m146.gif  photo m146.gif
Abis semua  kelompok nampilin dramanya, ada mentoring sekitar setengah jam. Abis itu boleh tidur. Kita tidur kemaleman karena jam teater makan waktu lama banget. Jadi keundur lama. Jam satu pagi baru gue tidur dan jam lima paginya di bangunin fasilitator buat Shalat Tahajjud. Gausah kaget teman-teman, di Musim Dingin gini Subuhnya jam 06.17 klo di Berlin. Di Hannover malah jam 06.30. Lebih siang lagi haha.

Setelah sarapan, kita ada olahraga sebentar di luar, abis itu ada materi lagi. Buat pemateri, maaf banget yaa..gue beneran capek banget dan jadinya bolak balik ketiduran terus. Berusaha fokus dengerin, tapi tetep mata gue ga bisa kompromi. Jadi materi pertama di hari kedua, gue ga ngerti sama sekali apa yang di sampein. Maaf ya pak pemateri. Jangan salahkan saya~hehe
 photo m038.gif  photo m082.gif  photo m038.gif
Kayaknya sekitar jam tiga sore, diumumin kelompok terbaik. Gue sih udah ga berharap menang ya. Jadi, malah asik ngobrol sama temen gue yang duduk di sebelah. Tau-tau MCnya bilang : "Kelompok terbaik akhwat jatuh kepada kelompok HAFSAH BINTI UMAR BIN KHATTAB. Ayo, bagi kelompok Hafsah, silakan maju ke depan.." Terus gue masih bengong gitu. Gue malah lupa kelompok gue apaan namanya. Ntah kenapa, di otak gue nama kelompok gue berganti nama jadi Zainab. Jadi gue ga respon gitu. Malah bilang, "Oooh, kelompok Hafsah toh yang menang. Ga jadi kelompok gue deh yang menang haha" Eh tapi, pas gue nengok ke kanan. Temen-temen kelompok gue kok pada lonjak-lonjak gitu. Terus teriak, "Dhir..Dhir..kelompok kita menang, Dhiirr". Gue cuma, "HAAHHHHH???!!" Terus tiba-tiba inget, nama kelompok gue Hafsah bukan Zainab. Dodol banget.
 photo 03.gif  photo 03.gif  photo 03.gif
Yaudah, gue jadi ikutan heboh teriak-teriak. Terus gue nepok punggungnya ade gue yang duduk di depan gue, "De, Kelompok Mbak Dhira menang dooong. Uyeeaaahh" Terus ade gue nengok, "Hah? Itu kelompok Mbak Dhira yang menang? WOOYY, Kelompoknya KAKAK GUA tuh YANG MENAAANGG!! AHAHAHA" Emang biang ribut tu bocah.

Nah, pas gue dan kelompok gue maju ke panggung itu orang-orang pada ribut. Karena muka gue itu sama ade gue yang cwo katanya mirip persis kayak kembaran. Gue itu kayak ade gue pake kerudung haha. Terus pas gue udah di atas panggung ada yang nyeletuk, "LAAHH?? KOK ADA ASA PAKE KERUDUUNGG?? BUAHAHHA" Belom sempet gue bales, ada yang nyeletuk lagi, "IH, KOK ASA PAKE ROK??" Kamfret.
 photo m179.gif  photo m179.gif  photo m179.gif
Alhamdulillah, menang dapet Al-Quran hehe. Pas giliran kelompok terbaik ikhwan di sebut, kelompoknya ADE gue yang MENANG. BUAHAHAHHA. Akhirnya gantian gue yang teriak, "WOYY, KELOMPOKNYA ADE GUE TUH YANG MENAAANGG!!" Kakak-ade kompak dong, brooo. HEAAHH~ #begaya
 photo m173.gif photo m027.gif  photo m173.gif
Sampe sekarang masih menjadi misteri. Kenapa kelompok gue bisa jadi kelompok yang terbaik haha. Hanya para panitia dan Allah lah yang tahu, kawan~ #nyengirlebar
Akhirnya acaranya di tutup, terus salam-salaman juga. Keren deh pokoknya acaranyaa~ Gue ledekin aja temen gue yang ga jadi ikutan Wintercamp lewat whatsapp. "Sayang banget loo, ga ikutaann. Seru tau acaranyaa. Nambah banyak temen pulaa"
"Hanya orang-orang terpilihlah yang ikutan Wintercamp 2013 di Berlin." 
Eaaa, apaan sii. #lebay
 photo m004.gif  photo m004.gif  photo m004.gif
Ini dia foto panitia dan peserta Wintercamp 2013
Foto di ambil dari  https://www.facebook.com/IWKZ.Berlin
klik gambar untuk memperbesar
Tebak, di manakah letak gue dan ade gue?
Kan katanya kita kayak anak kembar. Harusnya gampang nemuinnya haha
 photo 27.gif  photo 27.gif  photo 27.gif

Dan inilah, foto kelompok gue,
-Hafsah binti Umar bin Khattab-
 photo m015.gif  photo m032.gif  photo m015.gif
Akhir kata, terima kasih buat para panitia yang ngadain acara keren ini :) 
Semoga kita semua menjadi seperti motto Wintercamp 2013 : 
Enjoy Islam : "Bachelor of Dunya and Master of Surga"
AAMIIN :D
 photo 82.gif  photo 82.gif  photo 82.gif

18 comments:

  1. eheheh, ya ampuuun mbak Dhiraaaaaa...lucuuuk,lucuk,lucuk

    ReplyDelete
  2. mba di tunggu yah posting tentang cewe yg berkerudung dan berkorsi roda itu. kayanya inspiratif bgt:)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. pengen liat pertunjukan teaternya kayak apa? ya kalo ada diupload mbak dhir :D

    ReplyDelete
  5. mbak dira, heheh lucu banget * ketawa ngakak, gak kebayang pas lupa nama kelompoknya, jingkrak-jingkraknya telat hehehehhe

    ReplyDelete
  6. waah adik saya juga ikutan winter camp. anaknya dibaris ke 2 dr depan sebelah kiri yg pake jaket hitam sebelah yg kacamata. kata dia juga seru acaranya,pemandangan disana juga bagus katanya. jadi pengen kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. uwoohh, ade mb ikutan jugaaa haha tp sayangnya sy ga kenal. ade sy mungkin kenal :D

      Delete
  7. KND dsana nemu cwo kece ga? Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa nih, yg komen? Klo dr nama panggilannya ke gue, kayaknya anak SOU deehh haha.

      Adaa yg ganteng. sok sok pilih mau yg manaa wkwk

      Delete
  8. dhira kita seumuran kayaknya dan gw juga sempet kuliah di bandung, btw gw terinspirasi nih sama pengalaman km yg homestay, boleh nanya2 lebih jelas gak? minta alamat email yaa.. thx dhiraa

    ReplyDelete
  9. hebohh mba nadhira ini,,,ekspresif gt,,,gokil critanyaaa..kerennn

    ReplyDelete
  10. mbak nadhiraaaa aku jd pengen kesana :') aamiin
    mampir jg pny aku ya mbaak hehe smg bermanfaat http://lilisrusmiaw.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. wahhh kesemptan kereeennn nah mantap mbak :) nice moment

    ReplyDelete
  12. Hai postingannya bagus. Mampir sini donk http://pujaputri.blogspot.com/2014/01/dumet-school-tempat-paling-tepat-untuk.html Makasih ya :-)

    ReplyDelete
  13. Ya berasa yah, di negara orang tapi kalo ketemu temen setanah air itu pasti bener bener kayak apaan tau deh, rame pastinya :))

    ReplyDelete
  14. Salam kenal, Kak Dhira.. Saya pembaca baru di blog Kak Dhira. Rasanya jadi pengen banget bisa ke Jerman, ihiks :')

    ReplyDelete