Monday, 23 December 2013

Ayo, Di Mulai dari Sekarang! :)

Dari beberapa minggu lalu, setiap gue lagi ada jadwal libur, ntah kenapa gue sibuk nontonin videonya Dr. Zakir Naik, uztadz asal India. Gila, ini ustadz kerennya maksimal. Dia ahli perbandingan agama gitu. Isi injil, sama kitab-kitab agama lain, hafal. Ngomongnya cas-cis-cus. Ampe ayat-ayat di dalam kitab injil dan kitab-kitab lainnya hafal. Tentunya Al Quran juga udah hafal. Beliau sendiri juga dokter medis. Jenius banget dah kayaknya ini ustadz. Ö,Ö
 photo m153.gif  photo m153.gif  photo m153.gif
Jadi orang udah ga bisa bantah lagi ketika nanya soal Islam. Dia bisa ngebandingin kesalahan di kitab lain dan ngebuktiin kalau Al Quran adalah kitab yang sempurna. Bahasa yang dia pake juga ringan, jadi orang yang nanya ga ngerasa di sudutkan gitu.

Selama gue nontonin video itu, ntah kenapa gue jadi ngerasa deket sama Allah. Terus gue mikir, di umur gue yang ke 21 ini, gue udah ngelakuin apa ya buat Allah?
Pengen banget bisa kayak Dr. Zakir Naik yang pengetahuan agamanya luas. Jadi kalau ada orang nanya tentang Islam, gue bisa jawab.

Semakin lama gue semakin bengong. Terus lama-lama gue nyadar. Astaghfirullah, gimana mau kayak ustadz itu, baca Al-Quran aja gue jarang -,-". Gue akhirnya lirik Al-Quran gue yang ada di atas meja. Ngelirik doang, tapi rasa males gue buat baca masih gede. Parah banget yak T,T
Sempet mutusin baca, tapi itu juga cuma dua halaman doang, sehari pula.
 photo m195.gif  photo m195.gif  photo m195.gif
Sampe akhirnya, ada temen gue Nurul yang sekarang kuliah kedokteran di Leipzig, ngeshare tentang Program Tilawah ODOJ (One Day One Juz) di grup Whatsapp. Katanya di Indonesia lagi rame, tuh. Jadi sistemnya itu, kita daftar ke Admin ODOJ terus ntar di buatin grup Whatsaap yang isinya 30 orang. Nanti masing-masing orang bertanggung jawab baca 1 juz yang berbeda. Misalnya orang A baca juz 2, orang B baca juz 25, dst. Jadi sehari bisa khatam baca Al Quran. Dan misalnya hari ini gue kebagian baca juz 29, besoknya bacanya ga loncat, tapi lanjut baca ke juz 30, begitu seterusnya. Jadi klo setiap hari gue baca, dalam sebulan gue khatam satu juz. Asik kan?
 photo 63.gif  photo 63.gif  photo 63.gif
Terus biasanya di kasih waktu, misalnya jam 9 malam 30 orang ini harus sudah selesai baca juz bagiannya masing-masing. Yang ga keburu, bisa minta perpanjangan waktu. Yang ga bisa (dengan alasan yg kuat tentunya) bisa minta tolong temen di grup tersebut buat ngegantiin dia baca juz bagiannya. Di lelang gt. Bisa bagi-bagi halaman, bisa satu orang ngebantu baca semua juz.

Tapi tunggu, waktu gue di share info itu sama Nurul, gue ga langsung mau haha. Parah banget dah. Masih kebanyakan mikir. Ntar klo gue ga konsisten baca gimana? Gue kan kerja pake shift gitu. Klo gue kebagiannya shift siang, ntar pulangnya malem terus keburu capek, baca Al-Qurannya kapan doongg?? Mana 1 Juz sepuluh halaman lagi. Biasanya aja gue cuma baca sehari dua halaman doang. Bisa ga gue nih? Terus aja masih kemakan godaan setan-setan yang terkutuk. #Ya Allah Dhir...Dhir *geleng2 kepala*
 photo 12.gif  photo 12.gif  photo 12.gif
Beberapa hari kemudian gue buka video lagi di youtube, terus ngebahas dikit tentang Pejuang Muslimah di Medan Perang namanya Khaulah binti Al Azwar. Wiih, itu gue ampe merinding disko nontonnya. Dari dulu itu ya, klo gue ngekhayal hidup di zaman Rasulullah, pengen selalu bisa ikutan perang barengan Rasulullah. Makanya, gue dari dulu tertarik banget pengen bisa memanah. Ga tau kenapa seru aja klo bisa. Terus gue cerita ke Nurul ya, beberapa hari kemudian dia nge tag di Facebook gue tentang Nusaibah binti Ka'ab. Gue nontonnya sampe nangis-nangis tuh gara-gara terharu banget ngeliat perjuangan Nusaibah ngelindungin Rasulullah di medan perang. Sampe di doain Rasulullah tuh, Nusaibah dan keluarganya bisa nemenin Rasulullah di dalam Surga. Sambil nonton, gue bilang ke Allah, "Ya Allah, aku pengen kayak para wanita itu doong. Aaaaa"
 photo 75.gif  photo 75.gif  photo 75.gif
Gue tiba-tiba sadar aja. Gimana mau kayak Nusaibah sama Khaulah, gue ikutan perang kayak gitu aja kagak, baca Al-Quran masih jarang, Shalat kadang masih di akhir waktu, dll. Malu banget gue deh. Kayak gini, pengen kayak Nusaibah sama Khaulah, udah gitu pengen minta surga ketemu istri-istri Rasulullah. Maaak~ Mamam noh -,-"
 photo m091.gif  photo m091.gif  photo m091.gif
Terus gue buka Twitter, eh ada temen gue yang ngepost gambar, yang bikin hati gue mencelos banget. Gambarnya kayak gini :
 photo m014.gif  photo m003.gif  photo m014.gif
Makin menjadii deh guee. Jadi inget gue pernah nulis postingan tentang betapa gue pengen sempurna setiap nulis di blog gue. Dari isi tulisan, design blog, dll (yg belum baca postingannya bisa di baca di sini : http://nadhira-arini.blogspot.de/2013/11/di-balik-layar-blognya-dhira.html) dan itu ngabisin waktu berjam-jam. Dari komentar para pembaca blog gue, juga mereka Alhamdulillah bilang tulisan gue bagus. Terus gue mikir, INSPIRASI tulisan gue DATENGnya dari SIAPAAA??? Astaghfirullah, kan Allah yang ngasih inspirasi supaya tulisan-tulisan di blog gue ini enak di baca siapa aja. Tapi masa ibadah gue seadanyaa?? Malu gue maluuu. Berkarya di bela-belain sempurna, ibadah bahkan mikir sempurna aja nggak. Astaghfirullah, maafin Dhira Ya Allah :(
 photo 28.gif  photo 28.gif  photo 28.gif
Akhirnya gue langsung niat dalam hati. Gue harus ikutan Program ODOJ ini nih. Baca Al Qur'an 1 Juz doang gampang laah. Pasti bisa asal ngatur waktunya bener. Alesan aja klo ga bisa. Pokoknya gue udah bertekad Insha Allah ga akan mau untuk minta perpanjangan waktu dan lelang juz bagian gue. Klo gue lagi di perjalanan, baca aja Al Quran lewat handphone. Klo gue hari itu kerja, berarti gue harus udah nyelesein baca sebelum berangkat kerja. Jadi pas pulang kerja, gue bisa lanjut baca juz setelahnya. Klo ujung-ujungnya gue harus begadang karena ga sempet baca, NO PROBLEMO. Pokoknya, ga ada kata males buat baca Al-Quran. Titik.
 photo m059.gif  photo m059.gif  photo m059.gif
Nah, setelah gue ikutan ya. Hal yang bikin gue kaget adalah ternyata ga perlu waktu yang lama buat gue untuk baca 1 juz doang! Paling lama satu jaaaamm. Paling cepet sekitar 40 menitan. Malah di hari pertama gue sukses baca tiga juz. Dua juz bacaan gue hari ini dan besok. Satu juz lagi ada anggota yang ga ada kabar udah nyelesein atau belum. Jadi bagiannya gue yang ambil. Gue baca sendiri. Gue aja cengo. TERNYATA GUE BISAAA!! Ya Allah, masa gue baru nyadar pas umur gue 21 Tahun, klo baca Al Quran 1 Juz itu cuma butuh waktu satu jam. Amit-amit deh..Dhir, LO KEMANE AJEEE??!!
 photo m204.gif  photo m204.gif  photo m204.gif
Yang namanya godaan setan pasti ga ada abisnya. Ada aja halangannya. Dari awal baca yang tadinya seger-seger aja, tiba-tiba jadi ngantuk total. Biasanya klo udah kayak gitu, gue langsung lari ambil wudhu lagi biar seger atau klo emang ga bisa juga karena kecapean, gue tidur sepuluh sampe lima belas menit biar seger lagi. Pas alarm bunyi, wudhu lagi, baca lagi. Gitu aja terus. Bisa kok.
 photo 07.gif<  photo 07.gif  photo 07.gif
Gue malu aja, nonton drama bisa sampe berjam-jam ga kerasa. Masa baca Al Quran sejam aja gabisa?? Nulis blog bisa berjam-jam, masa baca Al-Quran sejam aja ga sanggup?? Dhir, katanya mau meluk para istri Rasulullah di surgaaa, HARUS BISA DOONGG!! Ayo, SEMANGAT aaahh~ Males kok dipelihara.

Kata bokap gue, "Jangan cuma jadi ahli ibadah, tapi  juga ahli manfaat.." Tapi kayaknya gue teralu fokus sama pengen jadi ahli manfaat deh, terus gue jadi lupa ibadahnyanya terabaikan...Maafkan saya Ya Allah :(
 photo 34.gif  photo 34.gif  photo 34.gif
Alhamdulillah udah lebih dari seminggu, gue ikutan ODOJ. Sampai saat ini Alhamdulillah lancar-lancar aja, ga ada halangan :) AYO, SEMUANYAA!! Mulai konsisten baca Al-Quran dong dari SEKARAAANGG~ Jangan biarkan Al Quran kalian tergolek begitu saja penuh debu. Baca Al-Qurannya, pahami artinya, hafalkan sedikit demi sedikit surat-suratnya. Biar hidup kalian penuh berkah yang berlimpah dari Allah SWT :)

Gue aja BISA, masa kalian nggak siiih?? hehe
AYO, Jadikan hidup kalian lebih baik mulai dari sekaraangg :D
SEMANGAT YAAA!!
 photo m015.gif  photo m032.gif  photo m015.gif

23 comments:

  1. keren cerita dan perjuangannya mbak, menyesali diri dan memperbaikinya.

    nasehta keren jg "Jangan cuma jadi ahli ibadah, tapi juga ahli manfaat..".

    Salam Senyum Indonesia!

    ReplyDelete
  2. mantap abis nama gue tanpa sensor -_-
    Hamaas kak, maju terus pantang lelang buat taddabur nya yeh!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAY NO TO LELAAANGG haha Insha Allah selalu berusaha Istiqomah. kaga pake lelang-lelangan, kaga pake telat setoor haha. Lo juga semangat eaaa kakakss :))

      Delete
    2. Setuju buanget noh "SAY NO TO LELANG" muahaha..
      gue jadi dr. Zakir-ers ini kak gegara baca tulisan lo. Mantap abis meeennn :")

      Delete
  3. makasiiih kaaa postingannya bermanfaat :) alhamdulillah 2hari ini lancaaar :')

    ReplyDelete
  4. Oke deh anak mama mulai memperbaiki kualitas ibadahnya,mama dukung 100%.. doa mama semoga kamu bisa konsisten. Amalan yg disukai Allah adalah yg konsisten alias istiqomah..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih ceritanya.. Sangat menginspirasi untuk terus memperbaiki diri.

    ReplyDelete
  6. Assalamu’alaikum ya ukhty Nadhira Arini
    Semoga Allah senantiasa merahmati dan melindungimu di sana..

    Membaca tulisanmu, dan beberapa tulisan sebelum ini aku menjadi begitu terkesan bagaimana kehidupan dirimu di sana. Ada semacam perjalan kesadaran dari setiap langkahmu, ada sebuah intropeksi dan muahasabah diri yang berkesinambungan di sana.

    Semua peristiwa menjadi pelajaran bagimu untuk selalu “mendekatkan diri kepada Allah.” Sungguh bermanfaat sekali membaca tulisanmu. Menjadikan aku sendiri berfikir kembali menjalani hidup. Ada perasaan malu bila membanding diri denganmu, hidup ibadah dengan seadanya. Syukran katsiron..

    Wassalamu ‘alaikum wr wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam, saya juga masih harus banyak belajar kok :)

      Delete
  7. wah mantap infonya mbak dhir, nyoba ikut aah, oh ya tapi mau ngingetin, selain di baca, jangan lupa juga dipahami arti/makna bacaannya juga mbak dhir, karena menurut saya urgensi yg tidak kalah penting itu pemahaman kita mengenai ayat2nya,

    tahapannya mungkin sperti ini

    1. Membaca Al-qur'an
    2. Mempelajarinya/ mengkajinya
    3. Memahami kandungan ayatnya
    4. Mengamalkan ke diri kita sndiri dlm khidupan shari-hari
    5. Mensyiarkan/ menyampaikannya

    kira2 mungkin begitu tahapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lagi di coba memahami artinya hehe
      bertahap yaa, lagi nyari gurunya belum nemu :(

      Delete
  8. Hai dhira, aq seneng baca postingan blog2mu, dan suka menantikan postinganmu yg terbaru :) q boleh mnta link videonya Khaulah dan Nusaibah itu g? Q jd pnasaran.. hehe.. oia, klo sempat mampir ke blogku jg yaa :) alamatnya http://berbagi-warna.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo juga. mmm, yg khaulah sy lupa linknya yg mana :( klo yg nusaibah yg ini linknya http://www.youtube.com/watch?v=4s4_6WZjzG4 selamat nonton :)

      Delete
  9. deuh, jadi malu sendiri juga kak.. pengen ikutan juga, biar liburan makin bermakna :)

    ReplyDelete
  10. emm.. ane juga gak mau dikalahin terus ama setan, makasih motivasinya mba Dhira, pokoknya harus ikutan ODOJ juga

    ReplyDelete
  11. HIKSS tamparan juga ni buat gw..kayana kudu mengikuti jejak mu dhir... bismillah

    ReplyDelete
  12. Tamparan keras buat saya ini, terima kasih mba dhira yg sudah berbagi cerita dan ini membuat saya tergugah dan bersemangat :D

    ReplyDelete
  13. hahaha woyy mbak saya kesikut nih...di tawarin temen masih aja mbeleee haha masih belum nemu hidayah nih ;( senengny dah nemu feelnya mantap mbak dhiraa lanjutkan josh mantap salutee

    ReplyDelete
  14. thx dhir :) ikutan #odoj gara2 baca blog km

    ReplyDelete
  15. Subhanallah keren sekali mbak dhira.. Semoga aku juga bisa istiqomah dan selalu semangat kayak semangatnya mbak dhira :)

    ReplyDelete
  16. Motivasimu bagus baget and kamu bisa dengan metode bercerita yg jarang dimiliki orang lain. Semuga bermanfaat tulisanmu dan pasti diganjar oleh allah aminn

    ReplyDelete