Wednesday, 4 December 2013

Obral Koleksi Cerita Kocak~

Hari ini gue mau obral koleksi cerita lucu pengalaman orang-orang Indo di Jerman. Cerita ini gue denger dari orang yang ngalamin sendiri atau denger dari temen yang temennya ngalamin kejadian lucu selama di sini.
 photo 27.gif photo 27.gif photo 27.gif
Cerita 1 :
Jadi dua orang cwo Indo ini baru dua minggu dateng ke Jerman. Nah, ceritanya mereka laper dan pengen beli Döner. Döner itu klo di Indo biasa di sebut Kebab. Makan Döner ini adalah makanan favorit orang Indo karena selain rata-rata dagingnya halal, isinya mantabs pula. Ga kayak di Indo, kebabnya tipis kecil. Klo di sini, kebabnya itu uenaak'e puooll udah gitu gueedee banget porsinya pula. Bikin kuenyaang tiada kira alias seharian males makan lagi klo makan satu porsi Döner utuh. Plus, isi daginyang banyaaakk. Hmmm, nyam...nyam..~
 photo m175.gif photo m175.gif photo m175.gif
Nah, di Indo itu kebiasaan klo mesen makanan kan, gini : "Bang, saya Mi Tek Tek ya. Dia Nasi Goreng." Iya kan, bener gitu biasanya klo mesen makanan?haha
Dua cwo ini yang baru dateng, kebiasaan di Indonya masih di bawa-bawa. Karena si tukang Döner ga bisa Bahasa Indonesia kan, ya..Jadinya, cara mesen kayak gitu di ubah ke Bahasa Jerman.

So, dua cwo pendatang baru ini pengen mesen Döner sama Dürum (sama2 kebab, tapi beda jenis rotinya). Jadi, contohnya biar jelas mereka bilang gini : "Ich bin Döner. Er ist Dürum" "Saya Döner. Dia Dürum" maksudnya dia mau bilang, "Gue pesen Döner. Temen gue pesen Dürum"

Tapi di Jerman, arti dari Ich bin Döner dan Er ist Dürum adalah Nama gue Döner dan dia namanya Dürum. Jadi klo ada Orang Jerman nanya : "Wer bist du?" atau "Wie heißt du?" Dua2nya artinya bisa sama : "Namamu siapa?"
Jawabannya bisa : "Ich heiße Dhira" atau "Ich bin Dhira"

Jadi, maksut hati mau mesen makanan, si tukang kebab malah ngira dia mau ngenalin diri.
Padahal yang bener klo mau mesen makanan itu ngomongnya bisa gini :
"Ich hätte gerne einen Döner bitte" "Saya pesan satu porsi Döner" atau bisa juga yang simpel : "Einmal Döner bitte" "Dönernya satu porsi ya"

Jadi klo mesen makanan di Jerman, ngomongnya : "ICH BIN DÖNER" SALAH BESAR BRO!! Orang-orang ntar ngira nama lo DÖNER, bukan mesen Döner BUAHAHAHA
 photo 10.gif photo 10.gif photo 10.gif
Reka ulang kejadian : 
Cwo Indo A : "Guten Morgen. Mmm, ich bin Döner. Er ist Dürum" *sambil nunjuk temennya* "Selamat Pagi. Mmm, gue, Döner. Dia, Dürum"
Penjual : *ngangkat alis, bingung* "Rrrr..okay."
Cwo Indo B : "Ja. Ich bin Dürum. Er ist Döner" "Iya. Gue Dürum. Dia, Döner"
Penjual : *ketawa* "Okay. Bist du Döner und Er ist Dürum?" "Oke. Jadi namamu Döner dan nama dia Dürum?" 
Cwo Indo A&B ngira si penjual mastiin pesenan mereka. Di kepala mereka berdua, si penjual ngomongnya : "Okay, jadi kamu pesen Döner dan dia pesennya Dürum?" 
Karena mereka berdua mikirnya gitu, kompak mereka jawab : "Ja. Genau" "Iya. Bener!"
Penjual : "AHAHAHA. Okay. Hallo, Döner. Hallo, Dürum!"
Jadi, si penjual ngira nama mereka kocak karena nama mereka, nama makanan.
Dan mereka berdua pun, bingung~
Kok pesenan Döner sama Dürumnya ga nyampe-nyampe... JIYAHAHAHA.
 photo m108.gif photo m108.gif photo m108.gif
Nasihat : Jangan translate Bahasa Ibu ke Bahasa Asing. Artinya bisa beda~ #ngakak


Cerita 2 :
Sistem transportasi di Jerman itu beda-beda. Ada yang kendaraan umumnya rese, ada yang nggak. Contohnya gue tinggal di Hannover, kereta bawah tanahnya itu klo pintunya di ganjel pake sesuatu atau misalnya, kita hampir telat masuk kereta terus masukin tangan kita di detik-detik terakhir, pintunya masih mau ngebuka. Tapi lain halnya kereta bawah tanah di Berlin. Itu kereta, klo pintunya nutup, ya nutup aja. Nggak mau buka lagi, meskipun ada yang ganjel. Jadi si kereta cuek aja jalan.

Nah, temen gue karena udah kelamaan tinggal di Hannover, dia kira semua kereta bawah tanah di kota lain begitu. Jadi, pas dia main ke Berlin dan mau naik kereta, dia jalannya masih nyantai. Karena dia pikir, klo tangannya nahan di detik-detik terakhir, pintunya mau ngebuka kayak di Hannover.

Pas pintu udah mau nutup. Dia lari-lari nyantai, terus telapak tangannya masuk buat nahan. Lalu bunyi pintunya "JDAAK", nutup keras. Dia mikir, "ADAAWW, sakit banget sih ini pintu, nutupnya. Eh tapi kok ga ngebuka-buka lagi sih pintunya? Woii, BUKA WOII!!" dan keretanya pun jalan, dengan telapak tangan dia masih nyangkut di pintu kereta. Terus dia lari-lari, sambil narik-narik telapak tangannya yang masih nyangkut. "WOOII, TANGAN GUE WOOOII!!"
 photo 01.gif photo 01.gif photo 01.gif
Alhamdulillah, di saat-saat terakhir sebelum kereta bawah tanah itu masuk terowongan, telapak tangan dia masih bisa di tarik. Kalau tidak, ntah bagaimana nasibnya sekarang.
 photo m083.gif photo m083.gif photo m083.gif
Nasihat : Hidup cuma sekali, kawan. Pelajari sistem kendaraan umumnya. Lebih amannya, datanglah, tepat waktu. Sebelum nyawamu hanya tinggal menunggu waktu.

Cerita 3 :
Masih seputar kendaraan umum Hannover vs Berlin. Yang ngalamin temennya temen gue yang di atas. Kalo temen gue di atas nyoba nahan pintu kereta pake telapak tangannya, temennya dia nyoba nahan pintu kereta pake keresek yang di dalemnnya ada daging ayam yang baru dia beli. JIYAHAHA.

Jadi, karena memang kebiasaan tinggal di Hannover, kereta bawah tanahnya baik banget. Pintunya masih mau ngebuka di saat-saat terakhir. Temennya temen gue ini, yang emang udah lama tinggal di Hannover, lagi main ke Berlin. Nah, dia abis beli ayam mentah di Toko Turki pastinya, karena halal.

Sambil bawa-bawa kresek yang isinya penuh potongan ayam, dia jalan nyantai turun mau naik kereta bawah tanah. Eh, ternyata si kereta udah nangkring dan udah siap-siap berangkat. Dia masih nyantai, karena dia pikir pintunya kayak kereta di Hannover, masih mau ngebuka klo di ganjel pake sesuatu.

Pas pintu kereta udah mau nutup pelan-pelan, dia tahan pake kresek yang isinya ayam. Dengan harapan itu pintu kereta ngebuka lagi. Pintu bergerak dan "JDAAK", nutup keras. Itu kresek ayam masih nyangkut di pintu. Tangannya dia masih megang itu kresek yg isinya ayam. Jadi posisi kreseknya, setengah kresek nyangkut di bagian dalem kereta, setengahnya lagi di luar pintu kereta. Terus dia mikir, "HEH? Kok pintunya ga ngebuka lagi sih? Padahal udah gua ganjel pake kresek ayam gua?"
 photo m014.gif photo m014.gif photo m014.gif
Terus keretanya dengan cueknya jalan gitu aja. Mampyus.
Dia lari sambil narik-narik kresek yang masih nyangkut di pintu kereta, "WOOII, AYAM GUA WOOII" Dan si kresekpun tak kuat menanggung derita, lalu "KREEEKK. JDAARR" Kreseknya robek, potongan ayamnya berterbangan bagaikan hujan rezeki bagi para anjing yang ada di sana.

Tinggal dia, si temennya temen gue yang duduk lemas meratapi nasip potongan ayamnya yang sekarang sudah tergolek naas di atas lantai stasiun.
 photo m077.gif photo 14.gif photo m143.gif photo m147.gif
Nasihat : Lain kali bawa kresek yang isinya emas berlian dong, bang. Biar klo kreseknya robek, gue masih bisa mungutin. Kan sayang, klo ayam mah jatoh di atas lantai, kaga bisa di makan lagi hehe. Btw, AYAM MUAHHAL BROO!! Nyang bener ajee -,-" 

Cerita 4 :
Ini adalah cerita ter-maha dasyat yang klo gue ceritain ke orang lain, masih bisa ngakak sampe sekarang. HAHA
Jadi, di Berlin itu gudangnya orang Indonesia. BUANYAAKK BUANGEET orang Indo di sana. Kadang, suka ga sengaja ketemu di tengah jalan, di kereta, di bus. Aduh aduh. Sampe kadang, ga bisa bedain mana orang cina, thailand, filipin, malaysia, atau orang Indo. Bukannya rasis ya. Tapi emang beneran susah di bedainnya O,O
 photo m193.gif photo m193.gif photo m193.gif
Nah, dua temen cwe gue ini lagi naik bus terus karena kursinya penuh, jadinya mereka berdiri deket pintu. Lagi asiknya ngegosip, tiba-tiba salah satu dari mereka ngeliat ada cwe berwajah oriental duduk di ujung. Mulailah, mereka ngegosip. Dua cwe ini emang orangnya heboh banget. Klo ngobrol suaranya kayak pake toa, ketawanya membahana pula.
 photo 03.gif photo 03.gif photo 03.gif
Cwe A : "Eh, lo liat ga cwe di sana itu loh? Ya ampuun, mukanya lucu banget ya, pink pink gitu kayak babi"
Cwe B : "Mana si manaa? Oia bener..Itu orang cina, apa jepang, apa korea sih?"
Karena yang diomongin diem aja, kayak ga ada reaksi. Mereka pikir, itu cwe nggak ngerti Bahasa Indonesia. Mulailah di lanjutin ngegosipnya.
Cwe A : "Iih, kok bisa ya pipinya lucu gitu, warnanya pink gitu lagi. IIIH, lucuuu kayak babiii" *babi di sini konteksnya bukan ngehina, ya*
Cwe B : "Iya ya ampuunn, lucu yaa. Pink..pink gitu pipinyaaa. AAAAKK."
Terus cwe yang diomongin itu berdiri. Ternyata dia mau turun. Karena dua temen cwe gue ini berdiri di deket pintu, otomatis si cwe yang diomongin ini harus turun ngelewatin mereka berdua.

Pas bus berhenti, pintu kebuka, cwe ini lewat ngelewatin mereka berdua, terus bilang : "Misi ya misii, babi mau lewaaat" dan dia ngomong pake BAHASA INDONESIYAH, kawan~

DAAANGG!! Temen gue bengong. Yang satu langsung nutup mulutnya. "ANJIIRR, DIA ORANG INDOOOO!!!"
 photo m000.gif photo m000.gif photo m000.gif
Nasihat : Waspadalah! Waspadalah! Orang Indonesia, ada di sekelilingmu. Amannya, mendingan gausah ngomongin oraaangg. Kena kaan~ Orang Bule Jerman aja banyak yang bisa Bahasa Indonesia. Ssstt~ Diam itu emas, kawan!

Cukup sekian dulu, ceritanya~
Nanti klo nemu yang kocak, gue share lagi hehe.
Lain kali, cerita gue deh hoho
 photo m155.gif photo m155.gif photo m155.gif

11 comments:

  1. Kalo sahabat2ku dan aku sih emang sudah sering geli dengar orang pesan makanan dengan kata ganti aku :D

    misalnya: Bang, saya mie ayam! Langsung kami otomatis noleh dan nyengir....hehehe
    apalagi kalau penjualnya nganter minuman trus tanya:
    mbak-nya es teh? mbak-nya jus tomat?

    *maklumilah kami pembelajar matematika yg sering mempermasalahkan logika berbahasa*

    Nice post, Dhira!
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasian ya, nama mbaknya jadi jus tomat sama es teh hehe

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. hahahaha ngakak puool.. :D
    tapi cerita 2 kok kayaknya lebih ke serem ya daripada lucu,deg2an gitu bacanya..hehe..

    ReplyDelete
  4. iya sih, emang rada horor. tp klo ngeliatin temen sy yg cerita, krn dia yg ngalamin sendiri, ujung2nya jd lucu. abis dia nyeritainnya juga kocak hehe

    ReplyDelete
  5. Inget ga mbak D angkot Bantar Kambing tea kalo mau narik penumpang kan tereak " yang kambing naek,yang kambing naeeek..". Terus penumpang yang buru-buru naek ngejar tuh angkot juga tereak " Bang.. Bang tunggu saya mau naek!". Hehe brearti dia kambing donk ya mau naek angkot

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Dhira, ngakak abis, aku mpe ceritain k zuby yavuz, mreka jg ngakak2

    ReplyDelete
  8. ahahahaa..saya ngakak bacanya :D lucuuuu

    ReplyDelete
  9. Paling pol adalah, nomor empaaat! hahahaha malu gila, best quote "Misiii, babi mau lewaaat" hahahahahah.

    Tapi best moment itu pas ayam kejepit. Syumpeee~ ngebayangin orang ngejar ayam yang diganjel di pintu kereta beuh hahahahah

    ReplyDelete