Saturday, 7 December 2013

Kamu tinggal di Jerman, kalau kamu itu lihat...

Wiii, tinggal beberapa bulan lagi gue pas dua tahun tinggal di sini. Ga kerasa yaaa..waktu cepat berlalu, nih T,T. Nah, selama di sini banyak hal unik yang gue amatin. Ada yang menurut gue kocak juga, ada yang ngeselin, pokoknya macem-macem. Dari kesemua hal unik itu, klo ada di antara kalian yang ngerasain hal yang sama, jangan-jangan kalian sebenernya tinggal di Jerman lagi HAHA.
 photo 03.gif photo 03.gif photo 03.gif

So,  kamu tinggal di Jerman, kalau kamu itu lihat...

1. Di dalam tas masing-masing berisi botol 1.5 liter yang diminum langsung dari botolnya. Tanpa gelas.
Ini kayaknya udah jadi kebiasaan mereka. Buat kita orang Indo, biasanya di dalem tas siap siaga botol Aqua yang ukurannya sedang atau malah kecil. Kalo bawa botol yang isinya 1,5 liter, pasti nyokap gue bilang : "Minumnya pake gelas. Jorok ih, masa langsung dari botol.."

Awalnya gue juga ngerasa jijay minum langsung dari botol. Plus ngerasa berat juga bawa-bawa botol 1,5 liter. Tapi sekarang udah kebiasaan. Ntah kayaknya ga pas aja gitu bawa botol kecil haha. Lebih okemnya lagi, gue bisa dengan cueknya minum langsung dari botolnya. Tanpa di cap 'jorok' sama orang-orang hehe.

2. Air mineral yang di minum orang-orang rata-rata bersoda.
Kuping gue sekarang udah biasa denger suara 'Pssstt' ketika orang buka botol. Ntah kenapa dan jangan tanya gue alesannya, orang Jerman suka banget minum air putih yang bersoda (carbonated). Atau kalau Bahasa Jermannya itu : Natürliches Mineralwasser mit KOHLENSÄURE. Dulu, waktu pertama kali dateng ke Jerman, setiap ditanya mau minum apa? Gue jawab Normales Wasser (Air mineral normal). Maksudnya air mineral tanpa soda. Eh, tapi ternyata yang dimaksud normales wasser itu PAKE SODA, permirsaa. Dulu, sering banget gue keselek. Gara-gara bayanginnya minum air biasa, eh taunya yang keminum air soda. Gembel.
 photo m063.gif photo m063.gif photo m063.gif
Jadi klo mau minum air biasa, bilangnya harus : OHNE KOHLENSÄURE atau OHNE SODA.

Bahkan ada levelnya. Soda level normal (normale), sedikit (wenig), atau keras (stark). Gue awal-awal dateng sering banget salah beli. Ga sengaja milihnya yang stark. Itu klo lagi buru-buru jadi kayak minum Soda Gembira, tapi minum sodanya aja -,-". Keras banget sodanya haha.

Orang-orang Indo yang awal-awal dateng, pasti benci banget sama minuman ini. Ga ngerti gitu jalan pikiran orang jerman. Minum air putih kok yang bersoda. Tapi lama-lama, kita malah suka dan ikut-ikutan minum air putih yg bersoda haha.

Saran gue jangan sering-sering minum air putih yg bersoda. Perutnya jadi penuh gas. Kentat kentut mulu jadinya wkwk #peace
 photo m048.gif photo m048.gif photo m048.gif
3. Kereta ICE (Intercity Express) hampir selalu datang terlambat.
Kereta ICE adalah kereta tercepat di Jerman. Cepet sih, tapi hobinya ngaret. Gue suka ga ngerti, kenapa kereta ini hampir selalu dateng telat. Paling tersiksa itu klo jadwal keretanya harus pindah-pindah. Karena si ICE ini rajanya telat, kadang gue jadi sering ketinggalan kereta selanjutnya. Lebih parahnya sampe nunggu kereta selanjutnya di tengah salju selama sejam lebih. Rese banget ga tuh.
Udah harganya paling mahal, suka ngaret pula. Grrr~
 photo m179.gif photo 15.gif photo m179.gif
4. Terima nasib, diusir sama penumpang lain ketika naik kereta jenis IC dan ICE.
Ini adalah hal paling menjengkelkan ketika gue harus naik kereta yang gue sebutin di atas. Untuk dua jenis kereta ini, di sarankan banget harus reservasi tempat alias mesen tempat. Klo nggak, siap-siap banget di usir penumpang lain karena gue dudukin kursi yg udh dia pesen. Tapi buat mesen tempat, harus bayar biaya tambahan sebesar 4 Euro.

Dua kereta ini termasuk jenis kereta yang tiketnya cukup mahal. Bayangin gimana gue gondoknya udah bayar mahal-mahal tiket kereta, ga reservasi, jadinya gue harus duduk di lantai!! Sebel banget deh. Klo gamau pesen tempat, berdoa aja keretanya kosong. Tapi klo ternyata penuh, terima nasib aja deh yaa..siap-siap ga nemu tempat duduk yang kosong dan berakhir duduk di atas lantai kereta. Huh.
 photo 23.gif photo 23.gif photo 23.gif
5. Orang biasa itu ternyata Kontroller
Di Jerman, ada orang yang tugasnya meriksa-meriksa tiket kendaraan umum. Di sebutnya Kontroller. Klo Kontroller di kereta yang keluar daerah, mereka pake seragam. Jadi ketauan. Klo para Kontroller yang tugasnya ngecek tiket kendaraan di dalam kota, mereka tak terlihat. Menyamar, membaur seperti para penumpang biasa. Mereka tiba-tiba nyamperin gue, nunjukin tanda pengenalnya, minta gue buat tunjukin tiket yang berlaku. Alhamdulillah, gue belom pernah kena denda. Cuma gue sering liat orang yang kena denda. Klo ga salah sih, dendanya 40 Euro. Terus di catet sama para Kontroller klo dia pernah jadi penumpang gelap.

Mereka muncul kapan saja, di mana saja, tanpa terduga. Seperti para dementor. Kebahagiaan terasa menghilang sedikit demi sedikit ketika ngerasa tiket kadaluarsa atau salah beli tiket. Seolah-olah mereka akan muncul tiba-tiba dan meminta uang denda. Menghisap kebahagiaan anda dalam sekejap mata~
 photo m041.gif photo m041.gif photo m041.gif
6. Jenis tempat sampahnya ada banyak
Jerman itu punya banyak jenis tempat sampah. Ada tempat sampah untuk sampah normal, sampah bio (bumbu2, bekas masakan, kulit buah2an, dll), sampah untuk buang kardus dan kertas-kertas, tempat sampah buat buang batre, tempat sampah buat jenis sampah beling, dll.

Gue bingung, kadang...
Sampah yang gue pegang harus di buang di tempat sampah jenis mana...
 photo 77.gif photo 77.gif photo 77.gif
7. Tissue toilet di buangnya di dalem toilet
Klo kalian ke kamar mandi dan pake tissue toilet, dilarang di buang di tong sampah. Masukin aja langsung ke toiletnya. Abis itu di 'flush'. Tissue tersebut jenisnya bisa hancur bersama air.
Waktu gue pulang ke indo, gue jadi kebiasaan buang tissue toilet langsung ke dalem toiletnya. HAHA. Butuh waktu buat gue, supaya tangan gue bisa ngerem ga buang itu tissue ke dalem toiletnya hehe. #peaceman

8. Döner adalah makanan yang sering di makan mahasiswa Indo
Tak perlu di pungkiri. Kebab Turki adalah makanan dewa buat kami para mahasiswa. Ukurannya besar-enak-termasuk murah. Terima kasih.
 photo 04.gif photo 07.gif photo 04.gif
9. Anjing peliharaan boleh masuk mall.
Ini adalah hal tergembel yang ngeselin sejagad. Masa anjing boleh masuk mall?? Jadi, yang punya milih-milih baju sambil bawa-bawa anjingnya. Gue ga ngerti itu gimana klo anjingnya 'pup' gitu. Yang horor klo yang di bawa jenis anjing guede, terus yang galak. Aih.
 photo m195.gif photo m195.gif photo m195.gif
10. Belanja kebutuhan sehari-hari, kantongnya bawa sendiri
Di sini, klo belanja bawa tas belanja sendiri. Ada trolleynya kok. Tapi trolleynya ga bisa sembarangan ambil. Harus di selipin koin 50 sen / 1 Euro / 2 Euro. Klo udah selesai belanja, koinnya bisa di ambil lagi. Tapi tetep, tas belanjanya harus bawa sendiri. Klo ga bawa, kudu ngeluarin uang lagi buat beli kreseknya. Kadang gue malah klo di suruh belanja buat keperluan makanan anak-anak di tempat kerja gue, gue bawanya bukan tas lagi. Tapi, kayak gerobak ukuran sedang gitu. Cuek aja gue, belanja di minimarket sambil narik-narik gerobak haha. Orang lain juga gitu juga kok #pfft
 photo m052.gif photo m052.gif photo m052.gif

Segitu dulu. Sebenernya ada banyaak hal lain..
Tapi, gue simpen dulu biar kalian penasaran HAHAHA.
 photo 40.gif photo 40.gif photo 40.gif

13 comments:

  1. Kontroler is dementor yak.. haha

    ReplyDelete
  2. Iya ya udah hampir dua tahun kamu merantau ya.. Jangan-jangan kamu betah di sono dan ga pengen balik lagi.... Oh tidaaaaak... Nanti mama kangen gabisa rebutan baju lagi sama kamu:(

    ReplyDelete
  3. di indo, jakarta tepatnya gajah mada plaza, juga bisa bawa pet ke dalam mall.. :D
    berarti sm dong kayak di jerman..? ^_^

    ReplyDelete
  4. jadi penasaran pengen ke sana :D amin

    ReplyDelete
  5. Mba Dhiraa, kasih foto dong, biar lebih afdol :P

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Ayo, siniii. di tunggu di hannoveerr hehe

      Delete
  7. Dampak poin nr. 2 spertiny bergantung pda tingkat keimanan dhiir, klo ktany ust. Felix.. Hahaa ;D

    ReplyDelete
  8. Keren kak postingannya , posting lagi dong yang ada jerman2nya 😂😂😂😂😂

    ReplyDelete