Wednesday, 14 May 2014

Sang Penghuni Perpus~

Setelah gue berjam-jam ngeliatin jendela nyari wangsit, alhamdulillah dapet wangsit juga.
Hari ini gue mau cerita tentang pengalaman gue ngejelajah perpustakaan di Hannover.
Sebenernya belom semua sih, masih banyak perpus lain yang bertebaran di Hanno. Cuma, berhubung sekarang gue juga lagi di perpus, jadinya gue semangat berapi-api gitu mau share tentang Perpus Hanno.
Fotonya maaf sekali ga ada yaa, karena ada beberapa perpus yang gue lupa fotoin. Soalnya waktu itu tujuannya mau belajar, ga kepikiran foto memfoto hehe. Tapi klo masih ada yang penasaran bentuk perpusnya, silakan di search aja di mbah google nanti. Ada kok, banyak foto-fotonya :p
 photo m048.gif  photo m048.gif  photo m048.gif
So, Perpustakaan itu Bahasa Jermannya "Bibliothek".  Orang Indo biasanya nyingkatnya jadi "Bibli", biar gampang nyebutnya dan lidah ga keserimpet bilangnya hehe. Jadi klo ada salah satu temen kalian yang kuliah di Jerman, terus buat status tulisannya, "Musim Ujian, Musim nge-Bibli..." atau "Pantat tepos duduk seharian di Bibli, BESOK UJIAANN!!" atau "Ga nge-bibli, ga gahoel..." atau status lain "Selama di Indo, ga pernah sekalipun gue nginjek perpus. Ketika di Jerman, tiap hari nge-bibli terus #miris" atau "Gue bukan penghuni Gua Hantu, tapi gue penghuni Bibli" Bisa juga, status berapi-api begini, "SAY YES TO BIBLI!!" atau status gue akhir-akhir ini, "GELAAA, PERPUS FAKULTAS KEDOKTERAN, INTERNETNYA CEPET BROOOHH!! #surgadunia #donlotbergigagiga" ~> Status yang terakhir, jangan ditiru kawan. Sesat itu hehe #peace
 photo 27.gif  photo 27.gif  photo 27.gif
Jadi kesimpulannya, klo kalian baca status orang yang kuliah di Jerman tentang "Bibli" Itu tandanya, mereka lagi ngomongin perpustakaan yaaa hehe.

Nah, jadi ceritanya gue itu berkelana. Sayangnya, bukan berkelana ke negara tetangga. Tapi, berkelana mencari perpustakaan surga  #alaah
 photo 63.gif  photo 63.gif  photo 63.gif
Di Hannover itu perpustakaan ada bejibun. Tapi selama yang gue tau,  jarang yang buka 24 Jam. Denger-denger sih ada yang buka sampe jam satu malem, tapi gatau di perpustakaan belah mana. Yang jelas, klo pun buka sampe semalem itu, kita tetep ga bisa masuk ke ruang dalem perpusnya. Kayaknya bagian luarnya aja deh dan itu dingin -,-" hehe.
 photo m080.gif  photo m080.gif  photo m080.gif
Selama gue berkelana, normalnya perpus Hanno itu bukanya sampe jam 10 Malem di hari biasa. Klo Sabtu dan Minggu bukanya cuma sampe jam 6 Sore. Padahal temen gue yang di Leipzig bilang, perpus sana ada yang buka 24 Jam. Beuh, PAMERR!! HUUU.

Kota-kota di Jerman itu normal klo punya Stadtbibliothek atau klo di Bahasa Indonesiain namanya Perpustakaan Kota. Nah, sayangnya gue belom pernah masuk perpustakaan kotanya Hannover. Cuma lewat doang. Abisnya, ga searah rumah gue. Berat bawa-bawa buku klo kudu gonta ganti kendaraan atau jalan kaki dulu. Jadi biasanya, gue nyari perpus yang searah dari rumah atau cuma sekali naik kendaraan umum.

Dari sekian banyak perpus, terpilihlah lima perpustakaan yang udah gue injek. Perpus-perpus beruntung itu adalah :

1. Stadtbibliothek am Kronsberg
Ini perpus jaman gue masih kerja sosial. Nemu perpus ini bermodalkan internet hape gue yang lemot. Itu juga gara-gara mau minjem buku tentang daftar nama universitas di Jerman. Perpus ini dulu sering gue datengin, tapi cuma sekedar lewat ga gue pake nongkrong berjam-jam. Jadi, hati gue ga menyatu sama ini perpus. Perpusnya ga banyak buku, tapi di susun rapi. Ruangannya di buat modern. Selama gue di sana, kebanyakan yang dateng anak-anak SD.
Ada komputer yang letaknya di tengah-tengah, tapi sekalinya gue make bentar, udah di gusur sama anak SD. Udah gt ga sabaran lagi nyuruh-nyuruh gue pergi. Baru juga pantat gue nempel -,-" Katanya, jam minjem komputer gue udah abis. Dih, ganggu banget ni bocah #grr #cubitnih
 photo m065.gif  photo m065.gif  photo m065.gif
2. Technische Informationsbibliothek und Universitätsbibliothek Hannover (TIB/UB)
Ini perpusnya Fakultas Teknik Universitas Hannover. Katanya buka sampe jam 10 malem. Gue pernah masuk sekali mau numpang pipis doang sama wudlu. Tapi gue ga suka sama tipe bangunannya. Kaku banget. Berasa tegang masuk situ mah. Jadi gue ga pernah nyoba belajar di situ hehe
 photo m052.gif  photo m052.gif  photo m052.gif
3. Königsworther Platz Bibliothek
Ini perpusnya adanya di daerah Königsworther Platz. Masih masuk daerah kekuasannya salah satu fakultas Universitas Hannover. Tapi gue lupa perpus fakultas apa ini. Perpus ini punya cafetaria di dalem. Jadi yang ngobrolnya mau rada kenceng dikit sama pengen makan, bisa belajar di dalem cafetarianya. Tapi menurut gue, perpusnya punya kesan lebih kaku dari pada perpus TIB. Klo pun milih duduk di cafetarianya, cafenya terlalu pengap soalnya pemanasnya nyala terlalu lama. Gue sama temen gue ga tahan belajar di perpus ini, jadinya kita langsung pindah belajar. Tapi kata temen gue yang lain, orang Georgia, dia lebih suka nongkrong di perpus ini soalnya deket sama kantin kampus. Jadi klo laper bisa langsung cabut makan di kantin itu ahaha.
 photo m175.gif  photo m175.gif  photo m175.gif
4. Fachbibliothek Sozialwissenschaften Leibniz Universität Hannover
Singkatannya Perpus So-Wi. Ini perpustakaan kesukaan guee. Rekomendasi guru bahasa jerman gue, nih. Perpustakaannya wangi buku tua gitu. Designnya ga modern, tapi klasik. Jendelanya gede langsung ngadep taman universitas. Jadinya adeemmm banget ini perpus. Gue pernah nongkrongin ini perpus sampe perpusnya tutup.
 photo m155.gif  photo m155.gif  photo m155.gif
Di perpus ini, ga boleh bawa tas. Jadi tasnya harus di simpen dalem loker yang di selipin uang 1 atau 2 Euro gt. Nanti, pas tas kita mau di ambil, uang 1 atau 2 euronya bisa kita ambil lagi. Tanpa uang itu, kita ga bisa nyabut kunci lokernya.
Terus ada keranjang item buat naro buku-buku yang mau di pake di dalem perpus. Gue sih, setiap mau belajar bawaannya lengkap. Ya kamus yang tebelnya amit-amit, kopian pelajaran sana sini, headset, CHARGER HP ga lupa. Beuh, udah kayak orang pindahan.
Di perpus ini ga boleh bawa makanan, cuma boleh bawa air putih, ga boleh bawa minuman selain air putih. Sayang, di perpus ini gue ga bisa internetan. Sinyalnya ada, tapi ntah kenapa ga bisa online -,-"
 photo m182.gif  photo m182.gif  photo m182.gif
Karena jendelanya langsung ngadep taman belakang, gue jadi kayak kamera pengawas gitu, ngeliatan orang-orang yang main di taman. Jadi klo otak udah capek belajar, gue suka merhatiin kelakuan orang-orang di taman. Klo cuaca bagus malah, cwo-cwo pamer bodi sixpack #loh #salahfokus ahaha
 photo 10.gif  photo 10.gif  photo 10.gif
Yang paling rese itu adalah, karena banyak pohon gede di taman, gue pernah ga sengaja mergokin orang kencing di balik semak-semak di sebelah pohon gede. Sebelom kencing, dia sempet lirik kanan-kiri gitu, takut ada yang liat. AHAHA dodol. Liriknya ga keatas. Padahal di jendela besar atas, ada orang-orang di dalem perpus yang ngeliatin dia kencing. Alamakjang. Jijay abis. Ganggu pemandangan aja nih orang -,-"
 photo m144.gif  photo m144.gif  photo m144.gif
Di perpus So-Wi ini, gue udah ampe tidur segala. Saking ngantuknya, langsung menyembunyikan kepala di balik kertas-kertas gue yang menggunung. Terus tidur deh. Perfect banget. Perpus So-Wi memang tiada duanya haha.
 photo 07.gif  photo 07.gif  photo 07.gif
5. Medizinischen Hochschule (MHH) Bibliothek Hannover
Ini adalah perpus fakultas kedokteran. Perpus terdekat dari rumah gue. Karena cuma tinggal jalan kaki aja. Letaknya di atas banget dan nyeremin sebenernya klo balik dalem kondisi petir menyambar-nyambar. Itu gledek udah kaya pas banget di atas kepala. Bersyukurlah klo masih selamat, pas balik ke rumah masih bernyawa. Hiiy~
 photo m040.gif  photo m040.gif  photo m040.gif
Perpus ini adalah perpus di mana gue banyak menghabiskan hari-hari hehe. Sebenernya klo dari segi bangunan, gue ga suka banget sama design bangunannya. Kaku kayak perpus TIB sama perpus Königsworther Platz. Cuma, di perpus ini tersembunyi kekuatan maha dasyat Dewa Internet. Gelaaa, menn. Donlot Drama 16 Episode yg satu episodenya 200 MB an, cuma dua jam saja saudara-saudara.
#tsiiingg #tsiingg #finish #nangisbahagia
 photo 81.gif  photo 81.gif  photo 81.gif
Terima kasih buat temen gue, Xinbo, yang memberi tahukan kabar gembira ini. Maklumin aja ya, internet asrama cuma dibatesin 20 Giga per bulan. Dapet liat apa cuma 20 giga doangaan -,-"

Di perpus ini, positif bukan buat belajar. Perpus MHH adalah perpus surga dunia buat gue. Jadinya kerjaan gue di sini, klo ga donlot, ya nulis blog. Berterima kasihlah kalian kepada internet perpus MHH. Di perpus ini, lahirlah tulisan-tulisan baru gue dan di perpus ini, bertambahlah video koleksi gue ahaha #ups
 photo m024.gif  photo m024.gif  photo m024.gif
Dan yang okenya, di perpus MHH itu boleh makan. Minum boleh bawa apa aja, makan boleh di bawa asalkan bukan makanan utama. Maklumlah ya, perpusnya mahasiswa kedokteran. Kesian mereka klo ga boleh makan di perpus.
Horor gue, klo gue liat mereka belajar. Buku-bukunya tebel-tebel banget. Catetan mereka tiap orang warna-warni dan bertumpuk-tumpuk. Pantat mereka kayak nempel sama kursi, tekun banget belajarnya. Kelakuan mahasiswanya menurut gue rada ajaib. Kenapa?
 photo 46.gif  photo 46.gif  photo 46.gif
Pertama, belajarnya ga berhenti-berhenti. Seriuuuuuusss banget, corat coret catetan mereka. Buka buku tebel, bongkar catetan, sibuk nulis. Gelo.
Kedua, Laper ya makan sambil nulis. Tangan kiri megang roti, tangan kanan nulis, mata melototin buku atau ipad/laptop. Kaga ada berentinye.
Ketiga, Pantat pegel? Keluar bentar lurusin kaki. Ya buku-buku, ipad, laptop, alat tulis, tas, ditinggal gitu aja di atas meja. Ga takut di colong gitu barang-barangnya. Balik lagi sejam atau dua jam kemudian sambil bawa-bawa kopi atau roti atau coklat. Abis itu belajar lagi. #gelenggeleng
Keempat, Ngantuk? Ya tidur. Sama kayak gue, klo ngantuk ya tidur aja di atas meja. Cuma, gue bisa tidur klo ada di perpus So-Wi. Di perpus MHH mah, ga pernah bisa ngantuk. Gue kan harus jagain donlotan gue, klo udah kelar, donlot yang baru #gataumalu ahaha
Kelima, Pasti gue nemu pasangan so sweet di perpus. Belajar barengan pacarnya, klo laper, gantian beliin makanan. Klo pasangannya keliatan patah semangat, diusap-usap gitu pipinya sama pacarnya, kadang dipijetin pundaknya, atau klo pacarnya ketiduran, di selimutin pake jaketnya #HAIYAAAAA. cemana bikin iri aja sih, mana di depan gue persis lagi #sirik #carisuamicarisuami #loohh :))
Keenam, Mahasiswa yang ga ngerti apa yang dia pelajari. Bolak balik garuk-garuk sana sini. Ntah emang karena ga mandi berhari-hari atau emang ga ngerti. Buku di depan udah tebel ga kira-kira, jidat berkerut, negliatin temen di sebelahnya dengan tatapan setress, terus balik liat catetannya. Nyerah. Tidur deh. Kacau.
Ketujuh, Gue suka Ge-Er gitu. Karena gue di perpus MHH itu bukan mau belajar, jadi gue suka pake headset terus dengerin lagu atau nonton video. Biasanya suka ada mahasiswa yang ngeliatnya ke arah gue. Gue suka langsung ngerasa, jangan-jangan musik gue kegedean suaranya. Ngeganggu gitu. Ampe gue lepas headsetnya terus gue coba cek. Tapi ga kedengeran kok. Pas gue perhatiin lagi, taunya dia itu lagi MIKIIRR. Matanya aja yang ke arah meja deket gue. Aih, bikin panik aja sih bang -,-"
Kedelapan, Mahasiswa-mahasiswa ganteng yang belajar sambil pake baju kebesarannya. Coat kedokteran yang warna putih. Ahhaayy~ Tingkat kharismanya langsung naik level #dziingg #cucimataa #teteepp
 photo m016.gif  photo m016.gif  photo m016.gif
Pokoknya itu adalah gambaran karakter para mahasiswa/i fakultas kedokteran Hannover. Gue hanya sebagai pengganggu gatau diri di perpus itu. Yang lain mah belajar sampe ngos-ngosan, gue malah asik donlot hehe

Dan ga cuma sebagai pengganggu aja, gue udah punya skill baru selama nongkrong di Perpus MHH. Yaitu, "Bagaimana caranya nonton video lucu di Perpus tanpa ketawa terbahak-bahak" Perlu kalian ketahui, melatih skill ini ga mudah. Sulit sekali kawan, sangat sulit. AHAHAHA #gapenting
Biasanya juga, gue senengna duduk paling pojok belakang. Jadi klo gue mau nonton, ga ketauan orang yang lewat. Abisnya layar laptop gue kan segede gaban. Mau nonton di kecilin juga tetep keliatan hehe #licik
 photo m027.gif  photo m027.gif  photo m027.gif
Jadi kesimpulannya dari sharing gue hari ini adalah : 
Perpus So-Wi tempat belajar buat gue dan tempat berbagi suka dan duka.
Klo Perpus MHH, surga dunia gue sebagai ajang donlot besar-besaran dan melahirkan tulisan baru di Blog.
 photo 04.gif  photo 04.gif  photo 04.gif
Cukup sekian dan terima kasih~
Gue laper mau makan, udah seharian nongkrong di Perpus MHH :))

6 comments:

  1. haha. selamat donlot film, mba. :D

    ReplyDelete
  2. izin bahas sedikit tentang Nadhira di blog saya ya :D ngomong-ngomong Nadhira kena timpuk award di sini --> http://windamaki.wordpress.com/2014/05/16/the-liebster-award-dariku-untukmu/ monggo ikut kalau sempat ;)

    ReplyDelete
  3. Seru banget, dira.. Berharap bisa ke perpus yang ada disana juga :p

    Itu, koneksinya dewa banget ya.. Pasti betah banget itu~

    Nice postingan, dira :))

    ReplyDelete
  4. Wah, mantap bnget lah di situ, aplagi bayangin mahasiswa kedokteran disana ternyata segiat itu, wiiihhh...sik asyik dah

    ReplyDelete
  5. Nice post gan, blog agan keren

    ReplyDelete