Friday, 24 October 2014

Lomboookk, Tunggu Akuuu~

Orang Jawa bilang, lombok itu cabe yang rasanya pedes banget. Saking pedesnya, bikin perut gue sukses mules-mules klo gue makannya ga kira-kira. Pandangan gue dari kecil sampe sekarang soal Pulau Lombok itu ga jauh beda sama lomboknya cabe dalam Bahasa Jawa. Menurut gue, Pulau Lombok itu kecil kayak cabe, letaknya jauh dari rumah gue di Bogor dan bikin perut gue mules-mules ngebayangin mahalnya biaya yang harus gue keluarin klo mau travelling ke sana. Jadinya selama dua puluh dua tahun gue hidup, gue belom pernah nginjekin kaki gue di pulau yang bernama Lombok. Yaa apa dayaa, ga punya duiit. Gimana, doong?
 photo m204.gif  photo m204.gif  photo m204.gif

Tapi jujur, sebenernya dari dulu gue pengen banget bisa ke sana. Denger-denger dari orang-orang yang pernah ke sana, Lombok itu laksana surga kecil yang belum banyak di ketahui keberadaannya. Pantai-pantainya memukau siapa aja yang datang ke sana, kebudayaannya berlimpah, makanan khasnya sukses bikin lidah orang yang makan jadi gatel pengen nambah lagi saking enaknya.
 photo 22.gif  photo 22.gif  photo 22.gif
Nahh, gue itu sebenernya ga begitu suka keramaian. Gue seneng berkunjung-kunjung ke tempat-tempat yang ga terlalu ramai orang. Bokap gue bilang, Bali itu udah terlalu mainstream buat di kunjungin. Udah penuh sesak sama turis-turis dari dalam maupun luar negeri. Pantai-pantai di Bali seperti sudah di jajah dan tidak terlihat alami lagi. Bokap gue juga bilang, kalau gue punya pilihan untuk memimilih antara Lombok dan Bali, pilihlah Lombok. Keindahan Lombok itu kata bokap gue bener-bener masih polos. Masih sepi, masih belum banyak terjamah para turis. Gue bisa dapet ketenangan yang selama ini selalu gue cari, klo gue perginya ke Lombok.
 photo m159.gif  photo m153.gif  photo m159.gif
Denger-denger juga, di sana itu ada desa namanya Desa Sade. Desa yang ga terpengaruh budaya modern meskipun letaknya di pinggir jalan. Kalau dari Kota Mataram, katanya memakan waktu kurang lebih satu jam-an klo naik mobil. Rumah-rumah di sana, masih berbentuk rumah khas Suku Sasak. Bentuknya imut kalau gue liat di foto-foto yang ada di Mbah Google. Gue sempet pernah baca di suatu artikel, katanya ketika kita masuk ke desa itu, kita di sambut sama tarian khas sana. Katanya sih, itu tarian khas Suku Sasak yang dulu di pertunjukan di depan raja sebagai bentuk pengantar pasukan yang mau menuju ke medan perang. Sumpaahh, gue penasaran banget pengen liat tariannyaa. Pasti keren banget, yaaa..JREENGG…JREENGG…JREENGG~
 photo m004.gif  photo m004.gif  photo m004.gif
Desa Sade, Perkampungan Suku Sasak

Di Desa Sade, para wanitanya bisa membuat kain tenun yang di jual di depan rumah masing-masing. Klo tradisi dulu sih katanya, mereka belum boleh menikah kalau belum bisa nenun kain. Nggak kebayang, mungkin dulu ada nenek-nenek yang tetep jomblo cuma karena ga bisa nenun kain. Kesian bener haha #ups.
 photo m066.gif  photo m066.gif  photo m066.gif
Tapi itu duluu, katanya sekarang aturannya udah rada berubah dikit. Rata-rata umur tujuh belas tahun para wanita di sana udah harus menikah. Tapi sebenernya gue masih tetep ga kebayang sih, umur tujuh belas udah nikah. Gue aja sekarang udah umur dua puluh dua tahun belom nikah-nikah hehe.
 photo m048.gif  photo m048.gif  photo m048.gif
 Ngepel dengan kotoran kerbau

Naahh, sebenernya yang bikin gue penasaran banget itu sama kebiasan mereka seminggu sekali bersiin rumah pake kotoran kerbauu. Eeehh gila looo, kok bisa siiih, IIHH??! Gue sempet kan liat videonya di youtube. Itu beneran loh, ibu-ibu di sana bersiin rumahnya pake kotoran kerbau yang warnanya coklat buluk gitu. Udah gitu pake tangan gitu aja di peper-peperin ke atas lantai. Itu tangan apa ga bauuu, yaa?? #horor
Terus, klo abis itu mereka harus makan siang, gimana? IIH, apa ga mual ya? Kan itu tangan bekas ngaduk-ngaduk kotoran kerbauu. Eww~
 photo m061.gif  photo m061.gif  photo m061.gif
Gue pengen banget ketika kesana, pas ibu-ibu di sana lagi bersiin rumahnya. Pengen liat langsung itu gimana sih mereka bersiin rumah kok pake kotoran kerbau. Yang paling bikin gue pengen mastin banget itu katanya walaupun mereka bersiin rumah pake kotoran kerbau, rumahnya ga bau. Aneh bin ajaib. Tapi katanya nyata. Wooww. #makanyapenasaran
 photo m172.gif  photo m172.gif  photo m172.gif
 Kain Tenun, Desa Sade

Ga cuma pengen liat kebudayaannya aja, gue juga pastinya pengen beli souvenir khas Lombok, doongg. Khususnya kain tenun sama songketnya. Aduuuh, gue itu hobi banget ngoleksi kain-kain kayak begitu. Unik habisnya hehe. Pasti gue bakalan kalap banget deh nanti kalau liat souvenir-souvenir khas sana. Ya Allah, berikanlah rezeki yang banyaak biar hamba bisa belanja banyak jugaaa. Aaaa~
 photo m015.gif  photo m015.gif  photo m015.gif
Namanya gue belom pernah ke sana, jadi gue cuma tau tentang Lombok yaaa denger dari pengalaman orang yang udah pernah ke sana. Kesimpulan yang gue dapet dari orang-orang yang cerita ke gue dengan berapi-api tentang Lombok adalah Lombok itu punya banyak pantai-pantai indah yang letaknya tersembunyi. Jenis pasir pantainya juga katanya aneh-aneh pula. Udah gitu airnya jernihnya minta ampun. Saking penasarannya, gue sampe minta petunjuk ke Mbah Google buat liatin foto-foto pantainya. Emang sumpah, gila banget. Masa saking jernih pantainya, perahu-perahunya sampe keliatan melayang-layang di atas air. Ini itu parah banget ya.
 photo m000.gif  photo m000.gif  photo m000.gif
Gue bukan pecinta pantai sih sebenernya. Tapi klo kayak gini ceritanya sih, beda urusan. Gue harus kesana pokoknya. Harus liat dengan mata kepala gue sendiri sampe yakin klo pantai-pantai di Lombok itu seindah yang diceritain orang-orang dan sekeren foto yang di tunjukin sama Mbah Google.
Pantai Kuta, Lombok

Naah, searah dengan Desa Sade, katanya ada pantai yang namanya mirip sama nama pantai di Bali. Namanya Pantai Kuta. Bedanya, kalau Pantai Kuta di Bali itu udah penuh sama turis terus katanya udah ga alami lagi. Berisik pula. Naaah, Pantai Kuta yang di Lombok ini masih jernih dan bersih buanget. Fasilitas di sini juga lengkap. Jadi, gausah bingung mau nginep di mana.

Gue penasaran sama pantai ini soalnya menurut video yang ga sengaja gue liat di youtube, Pantai Kuta yang di Lombok ini pasirnya unik. Bentuknya bulat dan teksturnya kayak merica. Pasir? Bentuknya kayak merica?? Pasir macam apa itu??
 photo m190.gif  photo m190.gif  photo m190.gif
Pantai Tanjung Aan, Lombok

Ga cuma Pantai Kuta aja yang katanya bentuk pasirnya kayak merica. Pantai Tanjung Aan juga bentuk pasirnya sama. Bedanya, pantai ini lebih sepi dari Pantai Kuta. Mungkin gue bakalan lebih cocok sama Pantai Tanjung Aan daripada Pantai Kuta. Soalnya, suasananya lebih tenang, masih jarang turis yang berkunjung dan lebih alami jadinya.

Pantai Tangsi - Pantai Pink, Lombok

Pantai dengan pasir aneh lainnya itu menurut cerita orang-orang namanya Pantai Tangsi. Lokasinya tersembunyi banget sehingga ga heran kalau infrastruktur pantai ini belum berkembang. Pasir pantainya ga kayak merica, tapi warnanya pink karena campuran pasir dan pecahan  koral berwarna merah terang. Airnya juga masih jernih dan ombaknya tenang. Jadi buat yang suka snorkeling, cocok banget katanya mampir ke Pantai Tangsi ini, nih..
 photo 11.gif  photo 11.gif  photo 11.gif
Pantai Senggigi, Lombok

Pantai terkenal lain itu klo ga salah namanya Pantai Senggigi. Pantai ini katanya pantai yang paling terkenal di Lombok. Pasir pantainya katanya perpaduan antara warna putih bersih dan campuran warna hitam. Garis pantainya panjang dan ada tambahan corak pegunungannya di sana.
Walaupun ga sebesar Pantai Kuta, Pantai Senggigi juga punya keindahan laut yang luar biasa katanya. Sebagian orang bilang kalau Pantai Senggigi ini keliatan memukau kalau dilihat dari atas. Ntah gimana caranya ngeliat pantainya dari atas. Mungkin banyak tebing kali ya, di situ. Atau naik ke pegunungannya mungkin hehe.
Pokoknya klo gue dapet kesempatan kesana, gue kudu cari cara supaya bisa liat itu pantai dari atas. Bodo amat klo sampe harus manjat-manjat tebing atau gunung sekalipun. Pengen tau jadinya, seberapa kerennya sih Pantai Senggigi ini kalau diliat dari tempat tinggi? Hehe.
 photo m086.gif  photo m086.gif  photo m086.gif
 3 Gili, Lombok

Lombok ga cuma punya pantai saja, kawan. Ada tiga pulau gili eksotis yang letaknya di Barat Laut Pulau Lombok. Tiga pulau ini punya nama Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Kawasan di tiga pulau ini katanya punya taman laut yang super duper indah dan menjadi habitat berbagai macam hewan laut. Kurang keren apaa ini pulau Ya Allah. Surga dunia bangeeet haha. Pengen kesanaaa…pengen kesanaaa…
 photo 75.gif  photo 75.gif  photo 75.gif
 Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Sebenernya tempat lain yang pengen gue kunjungin banget itu Air Terjun Sendang Gile. Ini kayaknya wajib gue kunjungin deh, klo gue kesana. Wajibnya ga bisa di ganggu gugat. Soalnya, gue itu suka sama gunung. Apalagi air terjuuun. Jadi, air terjun ini wajib gue liaaatt  Wajib pokoknya, wajib jib jib jiiibb haha.
 photo 10.gif  photo 10.gif  photo 10.gif
Katanya ya, air terjun ini itu muncul dari atas tebing dengan ketinggian tiga puluh meter. Air yang turun dari atas juga deras dan buanyaakk buangeett. Terus katanya gue juga bisa berenang di sungai bawahnya lagi. Di tambah bonus udara pegunungan yang luar biasa segaarr garrgargaaaarrr. Top markotop deh, nih.,Ini wajib pokoknya wajiibb. Air terjuuunnn. Come to mamaaaa!! Aaaa~
 photo m055.gif  photo m055.gif  photo m055.gif
Klo udah puas jalan-jalan, hal lain yang harus dilakukan di Lombok adalah M-A-K-A-N!! Sayang bener, klo udah sampe sana terus ga kuliner hahaha. Makanan khas Lombok katanya rata-rata bercita rasa pedass. Sesuai sama selera gue lah, yaa.. Yang pengen gue makan banget itu Ayam Taliwang namanya. Kenapa namanya Ayam Taliwang? Karena letaknya di Kampung Karang Taliwang hahaha. Jadi deh, namanya Ayam Taliwang wkwk.

Ayam Taliwang

Ayam ini katanya pake jenis ayam yang umurnya masih muda. Gatau kenapa alesannya. Mungkin supaya rasanya lebih renyah kali ya? #sotoy Aduuh duuhh, liat gambarnya doang aja gue udah ngiler banget pengen makaaannn. Katanya juga, ayam ini kurang lengkap klo di makannya ga pake Plecing Kangkung. Kangkung ini katanya beda sama kangkung-kangkung yang biasanya gue makan. Teksturnya lebih lembut katanya. Terus warnanya hijau segar. Biasanya, kangkung ini dikasih tambahan sayuran seperti toge, kacang panjang sama kacang tanah goreng. Hmmm~ Nyaamm…Nyamm…Nyaaamm~
 photo 02.gif  photo 02.gif  photo 02.gif
Gue jadi inget quotesnya Pabloesegura yang pernah gue baca di Instagram beberapa bulan yang lalu, "Travelling changes people’s mindset, makes them want to know more, expands their cultural knowledge…and that motivates me to be a tourist in my own country.“
Setuju banget deh, sama quotesnya. Gue bangga banget jadi warga Negara Indonesia. Indonesia itu surga dunia. Semakin gue cari tau tentang keindahan alam Negara ini, semakin gue pengen berpetualang di Negara sendiri.
 photo m171.gif  photo m171.gif  photo m171.gif
Seandainya gue punya duit lebih, pasti gue dengan senang hati menjelajah Lombok. Lebih senengnya lagi kalau ada yang bayarin gue kesana hehe. Gue inget banget, temen gue Demian berkewarganegaraan Jerman bilang ke gue waktu gue nunjukin video tentang Lombok, “Ah, ini sih cuma iklan. Biasanya, apa yang ada di video kayak gini ga sesuai dengan kenyataannya. Ini cuma buat narik turis aja. Saya sih, ga begitu terlalu percaya kalau Negara kamu itu seindah di video yang kamu tunjukin tadi. Kamu sendiri belum pernah kesana, kan?”

Oke, mungkin kata-kata dia ada benarnya. Salah gue emang ga pernah terlalu berusaha buat pergi kesana. Tapi ntah kenapa, dengan kata-kata pedas dia yang kayak gitu malah bikin gue pengen nunjukin ke dia klo kata-kata dia itu salah. Ini itu ga cuma sekedar iklan semata. Keindahan Indonesia itu nyata. Lombok itu pasti seindah di video yang gue tunjukin ke dia.
Liat aja, suatu saat pasti gue bisa travelling ke Lombok. Ntah bagaimana caranya. Bakal gue tunjukin dengan bangga ke dia, kalau Lombok itu seindah di video. Bahkan malah lebih keren dari yang ada di video. Tsaahh~
 photo m137.gif  photo m137.gif  photo m137.gif
Indonesia itu indah, Indonesia itu Negaraku
Pokoknya, gue bangga jadi Orang Indonesia~
 photo m019.gif photo m019.gif  photo m019.gif

-------
Tulisan ini dibuat dalam rangka Contest Goes To Lombok yang digelar oleh www.twgathering.com :)

20 comments:

  1. Ditunggu kedatangannya, Mbak Dhirrrrrr >_<
    Klau udah fix di Lombok, kita ketemuan yukkkk hehe

    ReplyDelete
  2. Mudah2an kamu bisa menang Nduk jadi bisa ke sana gretongan n bs lihat by your own eyes bahwa Indonesia memang ajiiib... Eh kalo menang,mama icuuut yaaa,hehehe kita jalan2 berdua lihat pemandangan Lombok n belanja suvenir...

    ReplyDelete
  3. Semoga menang :)

    ReplyDelete
  4. iya dhir, gw lebih suka ke lombok daripada ke bali. alhamdulillah, dua kali ke lombok semuanya gretongan.heheh.. paling suka di kuta, soalnya masih sepi :D

    ReplyDelete
  5. Yah itulah Indonesia.,bak sepenggal firdaus yang dititahkan spesial oleh Sang Maha Pencipta.

    ReplyDelete
  6. semakin cinta dengan indonesia,,

    ReplyDelete
  7. Saya sudah lama ingin menulis sesuatu seperti ini di situs web saya sendiri dan sekarang anda telah memberikan saya ide untuk menulis, terima kasih

    ReplyDelete
  8. Setelah membaca artikel ini akhirnya saya punya ide untuk menulis apa di website saya, oleh karena itu saya minta ijin untuk menulis ulang artikel di atas pada website saya, terima kasih

    ReplyDelete
  9. Artikel yang bagus, saya harap anda bisa berkunjung juga ke website saya :)

    ReplyDelete
  10. oke banget artikel yang saya baca ini, dan jangna lupa sempatkan juga untuk berkunjung di website saya min. terima kasih

    ReplyDelete
  11. I read this article very interesting and I really like to read it. thank you

    ReplyDelete
  12. Setelah membaca artikel di atas saya sekarang jadi tahu sedikit gambaran mengenai wisata di lombok. meskipun saat ini saya belum pernah sama sekali kesana,,heheh thanks gan infonya,,,

    ReplyDelete
  13. Awasss...!!!
    "Jgn ke LOMBOK nnti gk mau pulng"
    Itu kata yg tepat buat byanginn gmnaa indh.a pulauku...ditunggu ya

    ReplyDelete
  14. keindhan alam Indonesia memang sungguh sangat indah sekali, salah satunya adalah keindahan alam pulau lombok,,,pengen rasanya berkunjung disana gan !!!

    ReplyDelete
  15. Ingin juga berkunjung ke sana. Belum pernah...

    ReplyDelete
  16. Lombok memang indah. Lebih natural.

    ReplyDelete
  17. Belum pernah ke sana. Dulu punya sahabat yang selalu bercerita adat istiadat Lombok. Sepertinya unik. Ingin rasanya berkunjung. Apalagi sekarang sudah dikenal di mancanegara.

    ReplyDelete
  18. Lombok memang sangat indah, semakin sayang dan cinta dengan indonesia

    ReplyDelete