Friday, 21 December 2012

Cuplikan Travelling Saya :D

oke, sekarang gue mau coba ngelakuin kata2nya bang Raditya Dika :
"Saran paling gampang buat yg mau nulis: jangan ngeluh. Jgn ngeluh susah, gak komersil, gak ada waktu, takut jelek. Shut up and write"

Baiklah, gue akan coba untuk SHUT UP AND WRITE! :p

Kali ini gue bakal nyoba nulis tentang cuplikan sedikit pengalaman travelling gw. Berhubung kayaknya yg rikues soal ini udah menggunung, akhirnya gw mau berbaik hati berbagi pengalaman gw di sini hehe. Tapi sekali lg gw tekanin, gw bukanlah traveller sejati yg tau seluk beluk tiket murah atau hal2 oke lainnya. Jadi, harap maklum klo pengalaman gw rada2 aneh gimana gt :p
PhotobucketPhotobucketPhotobucket

Okay, Pertama. Sebagai info, gue sekarang lg tinggal di Jerman dan Alhamdulillahnya temen2 gw orang Indo yg tinggal di sini ada di berbagai penjuru jerman, jadinya klo gw pengen jalan2, gw tinggal kontak mereka dan minta nebeng. #gakmodal.

Ya emang masalahnya gue itu di sini hidup serba berkecukupan dan aslinya lebih banyak ga punya duitnya daripada punya duitnya. So, buat gue hal penting yg perlu diinget klo gw pengen jalan2 ke luar kota adalah cari orang yg bisa gue tumpangin buat nginep. Jadi selama gue di sini, gue ga pernah tuh nginep di Hostel. Selalu cari target, lalu di tembak : JDAARR!! tiba2 gw udah di rumahnya haha

Nah Selama di sini, inilah sifat2 baru gw yg muncul :
1. Gak tau malu
2. SKSD
3. Cuek
4. Nekat
5. dan lain sebagainya

SKSD adalah kenal ga kenal, gw ga peduli. Maksudnya? Ya jadi, klo gw emang lg butuh tempat nebeng, gw langsung cepet nyari sasaran empuk buat nginep. Dari sekian banyak kota tempat gw menclok, rata2 gw baru kenal orangnya pas janjian ketemuan buat jemput gw, karena gw mau nginep di rumahnya haha

Di sini ga ada deh istilah malu2an. Klo selalu ga enak terus mau kenal sama orang, rugi. Emang sih, klo di Indo rata2 orang di sana, klo kita sok kenal gt, langsung diomongin. Malah kadang diliatinnya sinis atau malah ga di temenin. Tapi di sini Jerman, meenn. Gak berlaku yg begituan. Klo kita ga pro aktif nanya atau ngajak kenalan duluan, kitanya ga punya temen. Klo ga kenal, ya kenalan aja. Justru klo bisa ketemuan malah lebih bagus. Rata2 itu ya, orang2 indo itu klo ketemu orang indo juga seneng. Malah walaupun belum kenal, selalu mau bantu. Karena sama2 anak rantau. Jadi gausah malu atau ga enak gt. Gw aja pernah kok, waktu maen ke Berlin nginep di rumah keluarga Indo yg dikenalin temen gw beberapa jam sebelum gw nginep. Nggak ada tuh istilah dianggep "sok kenal sok deket", justru pada seneng klo ada yg main. So, don't worry guys! :) Always keep in touch! :D

Pernah juga, gue baru kenal keluarga indo via Facebook yg tinggalnya di Reutlingen (sekitar 2 jam dr rumah gue), baru inbox2an dua kali, tiba2 gw bilang : "Tante, aku pengen main dong ke rumah tantee. Sekalian nginep boleh ga, seharii ajaa.hehe"
Alhamdulillahnya beliau meng-iyakan, dan jadilah si Tante jemput gw di stasiun utama Reutlingen dengan bermodalkan petunjuk dr gw, gue pake baju apa pas kesananya haha #kacau

Nekat lain adalah gw nebeng mobil orang. So, di Jerman itu ada istilah "Mitfahr". Mitfahr itu jadi ada orang punya mobil pengen pergi ke suatu kota, tapi dia ga mau sendirian selama perjalanan. Jadi dia nyari orang yg sama2 pengen ke kota yg sama terus pergi bareng2 naik mobilnya. Nah, ini tuh ga gratis tetep bayar. Cuma bayarnya lebih murah di bandingan naik kereta. Udah gt lebih cepet pula. Contohnya gue pengen pergi ke kota Bielefeld. Aslinya, klo naik kereta harus beli tiket paling murah 80 Euro sekali jalan. Malah ada yg tiketnya sampe diatas 100 Euro. Nah, klo pake mitfahr, waktu itu gw cuma bayar 35 Euro HAHAHA asli, hemat abis wkwk
PhotobucketPhotobucketPhotobucket
Tapi ya yg namanya mitfahr ada kekurangannya. gw kan ga kenal sama tu orang. Jd cuma modal email2an atau smsan aja. Terus janjian di mana gt. Ada resiko dia bukan orang baik, rese, jahat, dll. Tapi gw sih modal doa aja. Klo macem2 gw tojos aja pake jarum yg selalu ada di kerudung gw hehe

Nah, beruntungnya gw adalah selama mitfahr, orang yg bawa mobil selalu cwo2 ganteng. Bukan bapak2 gendut rese, tp cwo muda yg ganteng nan menawan haha yg lebih okenya nih, permirsa : Gue selalu di jemput pertama kali. So, gw selalu kebagian duduk di depan. Tentu saja, Das ist ja echt spass. BUAHAHA #devillaugh
PhotobucketPhotobucketPhotobucket
Oke, pengalaman pertama mitfahr gw emang bisa di bilang agak menyebalkan. Jadi rute mitfahr gw itu dr Rottweil ke Bochum. (Naik mobil sekitar 5 Jam-an). Bochum itu terletak di negara bagian jerman lain namanya Nordrhein-Westfalen. Deket kota namanya Dortmund, Koeln, Duesseldorf, dll. Sedangkan gw tinggalnya di negara bagian bawah selatan jerman namanya Baden Wuerttemberg tepatnya deket stuttgart. Klo di Indo 5 jam-an itu kayak dr Bogor ke Bandung. Tapi berhubung di sini jalanan lancar jaya lewat tol terus (yg tolnya ga perlu bayar, gratis), udah gt jalan tol ga ada lobangnya. So, perjalanan gw itu mungkin kayak dari Bogor ke Tasikmalaya. Bogor-tasik berapa jam sih? 8-10 jam bukan? klo iya, berarti bener kira2 sgtu. Tp di sini cuma di tempuh cukup 5 jam saja, saudara2 :p

Nah, sebelum berangkat, hati kecil gue mengatakan gw harus bawa tissue. Tp setan kecil di hati gw bilang : "Ga usah, buat apaan?" Jadi, akhirnya gw ga bawa. Tapi di tengah jalan pas lewat lampu merah, tiba2 berasa ada yg ngalir dr idung. Dan ternyata, hidung gue ga sanggup nanggung derita cuaca yg dingin T,T Oke sip, gue mimisan. Kampretos.

Tak ada jalan lain, gue nyebrang lagi dan mampir ke apotik buat minta tissue satu biji. Tapi ternyata di kasih, satu bungkus. Wah, gw langsung jejingkrakan dan bilang makasih berkali2 ke mbak2 apotekernya karena baik banget hehe

Karena tempat janjiannya emang di depan apotek itu (lebih tepatnya di Rathaus), jadi gw tinggal nyebrang lg. Tapi blm sempet nyebarang, tiba2 ada mobil VW Sharon warna merah parkir di situ. Nah, gw curiga orang inilah yg punya mobil buat gw tebengin. Dy juga kayaknya udah feeling, salah satu orang yg nebeng itu gue. Akhirnya, dia buka jendela mobilnya. Dan "SIINGG~" Anjir, ganteng gila. Upss. (Maaf, bahasa tak di sensor:p)

Oke gue seneng. Tapi resenya, gw langsung panik. Waduh, jangan2 bekas darah dr idung gw masih ada lg. Walah, berabe haha. Tapi untungnya darahnya udah berenti dan gw langgsung kenalan sama dia. Ternyata dia itu orangnya ramah, terus kocak pula. Gw udah seneng tuh, ni orang ganteng2 ramah. Walaupun gw akhirnya tau, klo dia itu mau ke Bochum karena mau ketemu cwenya. Tp tetep, gw pikir dia bakalan jadi temen seperjalanan yg menyenangkan.

Akhirnya, tiba saatnya gw masuk mobil. Di sinilah penderitaan di mulai. Karena gw penumpang pertama, gw terpaksa harus duduk di depan (Klo duduk di belakang, dia kayak supir ntar :p) Sial, setelah dia duduk. Bau semerbakpun datang. Ternyata, dia itu bau ketek dan mobilnyapun bener2 ga rapi alias berantakan alias kayak bau kambing. Oalaaahh, gembel. ganteng2 kok ya, bauu. Aduh mas, udah ga mandi berapa hari sih?? -,-"

PhotobucketPhotobucketPhotobucket
Sengsaranya lg, dia itu orangnya ceria, supel gt, jd dia ngajak ngobrol gw terus. Jd nyetir sambil nengok ke gue. Alhasil, itu bau mulut bener2, oke sip. Gw harus terus2an nahan napas dan ujung2nya gw jadi pusing karena baunya ga bisa di tolerir. GOD HELP ME PLEEEASEE!!! 5 jam kayak gini terus, bisa pingsan sambil duduk gue . Grrr~

Untungnya, ada penumpang lain. Dia orang Jerman. Awalnya, dia duduk di belakang kursinya si mas2 yg nyetir itu. Berhubung dia ngobrolnya nyambung, akhirnya asik deh tuh ngobrol mereka berdua cekakak cekikik. Allah akhirnya membantu gw untuk menemukan jalan keluar. Akhirnya, pas berhenti di Stuttgart Hbf buat jemput orang lain, gw bilang ke orang itu buat tukeran tempat duduk sama gw. Alesan gw supaya mereka berdua enak ngobrolnya. Jd dia pindah ke depan. Gw udah seneng, tuh..Tapi ternyata masalah belum berakhir. Tempat duduk yg gw tukeran itu kan lokasinya di belakang bangku kemudi. So, tetep aja tu bau ketek berputar ke belakang. Soalnya gw emang duduk di belakang bangkunya dia. AH, MEENNNN!!! Oke, pasrah. T,T

PhotobucketPhotobucketPhotobucket
FIUUHH, lupakan si mas2 bau ini. Sekarang gw mau beralih ke mitfahr selanjutnya. Intinya, gw mau ke Ingolstadt. Di sana tempat temen gw yg sama2 lg homestay. Tp dia lagi di tinggal pergi sama orang tua asuhnya pergi liburan. Berhubung dia baru bulan november kemaren di Jerman, dia minta tolong gw buat ngajarin cara naik bus, kereta, beliin bahncard25, dll. Karena gw emang belom make banyak jatah liburan gw, akhirnya gw setuju buat main ke rumahnya 5 hari.

Akhirnya gw nyari mitfahr lg, dan nemulah orang yg pas. Karena dia cuma ngasih nomer hape, jdnya gw sms aja. Dari cara jawabnya, gw tau ni orang pasti anak muda gaul. Feeling gw mengatakan bahwa si cwo ini pasti pasti pasti pastii juga ganteng. Ntah kenapa. Pokoknya gue percaya apa kata hati gue.

Janjianlah kita di Park n Ride Parkplatz an der Autobahn, Zimmern. Dia rada telat dikit, karena di deket rumahnya dia rada macet. Jadi deh, gue nunggu di bawah gerimis yg dingin. Di smsnya dia bilang dia naik mobil BMW1er warna item. Berhubung, jam 5 sore di musim dingin udah kayak jam 7 malem di indo, gw udah ga bisa liat dengan jelas lagi. Tapi tiba2 ada mobil dateng ngelewatin gue dan siluet orang yg nyetirpun keliatan dikit. Nah kan, sekali lagi feeling gue bener. Gw nyengir lebar. Perjalanan kali ini, pasti wow haha

Cwo itu keluar dan nyari2 gue. Sambil jalan, hati gue pun teriak "YIHAAAA". Asli, cwo ini lebih oke. Lebih muda juga. Dari tampangnya keliatan dia itu pinter, tp bukan kutu buku. Semacam anak pinter gaul gitu haha Akhirnya, pas dia tau itu gue dia nyengir. Aduh, coolnya bikin jungkir balik haha #lebay

PhotobucketPhotobucketPhotobucket
Lagi2 gue duduk di depan. Baru masuk mobilnya, gw langsung ngerasa klo cwo mitfahr yg ini beda 180 derajat sama cwo mitfahr sebelumya. Mobilnya rapi serapi rapinya. Klo buat ukuran cwo, ini mobil bersih banget deh. Sumpah. Udah gt pas dia duduk, aromanya dia itu bukan parfum tapi bau sabun. Baunya enak pula. Perfect :D

Terus cara nyetirnya juga cool. Dia mungkin ga secerewet cwo mitfahr sebelumnya. Tapi klo di ajak ngobrol nyambung. Apalagi, dia demen travelling kan. Pas gw tanya, pernah ke hongkong atau china ga? Langsung, dia berkoar. Katanya dia pernah ke sana. Intinya, dia ga suka china. Stress katanya ngeliat orang2 nyetirnya ngebut2an, terus lampu merah di terobos, udah gt makanannya jijik (semacam kalajengking, buaya, uler, bayi, dll). Gw ketawa aja, sambil mikir. waduh, ni orang klo ke jakarta gimana nasibnya nih... Pulang2 ke jerman, bakalan jd depresi gt kali ya?haha

Udah gt dia ngomel2, nyeramahin gue pas gw bilang maaf, soalnya bahasa jerman gw belom begitu bagus. Kata dia, buat ukuran gw yg baru 10 bulan tinggal di jerman sih, bahasa gue udah oke banget. Dia bilang, dia ga akan bisa ngomong bahasa indonesia klo dia tinggal 10 bulan di indo. Yaiyalah, bang. beda kalee...haha

Ujung2nya dia nanya, rumah temen gw itu di mana. Gw sebut aja letaknya. Terus dia tiba2 ngotak-atik GPSnya yg bentuknya keren banget deh. Ini mobilnya dia, emang bagus banget sih untuk ukuran anak mahasiswa. Oke, harusnya gw turun di stasiun utama Ingolstadt kan, eh pas tau ternyata letaknya ga begitu jauh sama tempat tinggalnya,akhirnya dia bilang "Yaudahlah, gue anterin aja. Gak begitu jauh kok. Lagian juga ujan deres sekarang..." Wah, ini yg namanya rezeki. udah gt gw ga perlu bayar buat beli tiket bus dr stasiun ke rmh temen gw kan.. gw langsung nyengir lebar terus bilang "Woooii, makasih banyaakk. Thanks
beraat hehe"
PhotobucketPhotobucketPhotobucket
Oke tinggalkan mitfahr, sekarang gw mau cerita ttg gue yg gatau malu haha. Cerita lain adalah gue dr Kota Bielefeld mau balik ke rumah harus ganti keterta 4x. Eh, ternyata kereta awal gw yg dr Bielefeld ke Koeln, telat dateng. Akhirnya, kereta gue yg lain yg dr Koeln ke Mannheim, udah pergi duluan. Sebelum turun ke stasiun Koeln, itu para penumpang pada ngumpat semua. Bahasa kasar keluar blah blah dan blah :p

Tapi, berhubung gw harus survive dengan keadaan ini. Gw tiba2 iseng ikutan nimbrung percakapan penumpang yg duduk di seberang gue. Minta tolong cariin jadwal kereta baru lewat hapenya yg ada internetnya haha Dengan akting gue masang tampang ikut2an ngedumel (biar suasana hati dia dan gue di samain) dan cengiran polos bak anak kecil. Akhirnya, dia bantuin gue haha #berhasil

Terus gue juga pernah nggak beli tiket S-bahn. Lantaran mesin tiketnya ada di dalem kereta dan keretanya lagi penuh orang. Guenya bawa barang banyak dan ga bisa lewat. Jd gue sempet jd penumpang gelap :p Pernah lupa lagi beli tiket U-bahn lantaran keasikan ngobrol sama temen. Udah gt sialnya, di U-bahnnya ada kamera di atas gue. Jd klo gw pasang tampang panik, keliatan dr kamera dan nanti gw bisa di samperin petugas. So, gw pasang muka lempeng alias polos tp ngobrol pake bhs indonesia sm temen gw, isinya kira2 begini :

TG (Temen gue) : "Dhir, perasaan km belom beli tiket deh..."
gw : "Astaga. Gimana dong, teh. Aku lupa, nih haha"
TG : "Udah km tampangnya biasa aja jangan panik. Itu kamera di atas kita, lg ngeliatin. Klo keliatan panik, ntar petugasnya curiga, terus nyamperin km lg. Nagih tiket."
gw : "Oiya, bener. Tapi teh, ntar pas naik bus kan kudu nunjukin tiket. Gimana dong?" *masih akting seolah2 ngobrol biasa, biar ga ketangkep kamera :p*
TG : "Oia, bener. Yaudah, km masuk busnya tunjukin karcisnya sebagian aja. Jamnya di tutupin. Biasanya, supirnya klo udah malem ga meriksa sampe detail gt :p"
gw : "Oke, bos"

Beruntungnya, emang ga di periksa.

Tapi gw pernah sampe diperiksa. Gara2nya, supirnya apal sama muka gue haha Aslinya, gue gatau klo gw hrs beli tiket bus lg. Karena gw kira, sistem tiketnya sama kayak di kota lain. Taunya beda. Gw kira, gw bisa naik bus gratis selama 2 jam, klo gw beli tiket itu. Taunya, di kota ini cuma berlaku sekali jalan. Ga berlaku pas pulangnya klo naik nomor bus yg sama haha

Gw hampir di marahin supir busnya. Tapi klo gw jelasin, takutnya malah gue kena denda. Jadinya, gw pasang tampang biasa. Seolah2 gue emang bener2 lupa. Terus langsung nanya : "Oh, yaudah berapa harga tiketnya?" karena mungkin dia ketipu sama muka polos-gue-yg-terlihat-kayak-orang-beneran-lupa. Akhirnya, dia ga jadi marah haha #peaceman

oke, segitu dulu. Untuk lebih detailnya. lain kali aja, yaa..
gue sekarang udah ada janji sama temen gw mau webcaman hehe BAY BAY!!! See you next time! :)
PhotobucketPhotobucketPhotobucket
Maaf ya, isinya terlalu geje :p

5 comments:

  1. seru yah ceritanya...
    pingin ahhh maen-maen ke jerman. ^_^

    ReplyDelete
  2. seru dir ceritanya ^^
    Wah beruntung banget tuh pas sama cowo ganteng yang kedua :P
    Kalo travelling lagi cerita lagi ya dir :D

    ReplyDelete
  3. Hwaaa..salam kenal mbak Nadhira.. How lucky u are yah.. blognya bikin envy pengen ke Jerman juga, huhuhu T,T
    Mind to follow back each other?
    ayurianti.blogspot.com Makasih..;)

    ReplyDelete
  4. Kapan yah mba bisa kya mba travelling seru kaya gto! Apalagi sekalian nuntut ilmu trus bawa harum nama bangsa dan agama. keren deh! :) | Doain aku juga bisa kesana mba

    ReplyDelete