Sunday, 29 September 2013

Neues Rathaus Hannover :D

Hmmm, setelah gw pikir-pikir, kayaknya gue ga pernah ya cerita tentang bangunan-bangunan bersejarah di Jerman?hehe. Yaudah, klo gitu hari ini gw mau cerita tentang salah satu bangunan bersejarahnya Kota Hannover. Namanya Neues Rathaus. Klo dalam Bahasa Inggris namanya New Town Hall, klo di Bahasa Indonesia-in itu Balai Kota Baru-nya Hannover.
Ini gambarnya : 
Neues Rathaus Hannover
Sejarah singkatnya, katanya Rathaus ini sendiri di bangun dalam waktu kurang lebih 12 tahun oleh rancangan dua arsitek namanya Hermann Eggert dan Gustav Halmhuber. Biaya pembuatannya juga nggak nanggung-nanggung, 10 Juta Mark di bayar tunai sama Stadtdirektornya (City Director) yang pada masa itu namanya Heinrich Tramm.

Yang unik dari Neues Rathaus ini adalah kubahnya. Panjangnya sekitar 100 m dan bisa berfungsi sebagai elevator buat naik ke atas kubah. Buat gue, elevator ini unik karena kubahnya bentuknya agak melengkung. Ga heran pada zamannya, kubah Neues Rathaus ini termasuk yang paling unik di Eropa karena rancangan elevatornya yang berada di dalem kubah melengkungnya.
Foto Elevator Sang Neues Rathaus :
Foto by : Mas Wikipedia.de

Neues Rathaus ini juga punya taman indah di depannya dan di kasih nama Trammplatz sebagai bentuk penghormatan kepada sang Stadtdirektor (City Director), bapak Heinrich Tramm. Di depan taman Neues Rathaus ini juga ada danau yang ga kalah kerennya menurut gue, yang bisa memantulkan bayangan sang Rathaus itu sendiri.

Buat para turis yang mau main ke sini, bisa di capai naik Bus dari Stasiun Utama Hannover dengan jarak tempuh kurang lebih tiga menit aja. Naik Bus nomor 100 atau nomor 200 sampe halte Rathaus atau Bleichenstr. Nggak pengen naik bus? Naik U-bahn (kereta bawah tanah) juga bisa. U-bahn nomor 3,7, atau 9. Berhenti di Markthalle. Klo mau jalan kaki lumayan agak jauh dari pusat kota. Sekitar 15 menit.

Ga susah kok, nemu Neues Rathausnya klo jalan kaki. Di tengah kota Hannover di deket Marktkirche ada garis panjang warna merah di atas jalan yang klo diikutin sebenernya nunjukin di mana sang Rathaus itu berada. Klo gw pribadi sih, lebih nyaranin jalan kaki karena bisa liat pemandangan bangunan Kota Tua Hannover dan ketika jalan ke tempat tujuan, di suguhin pemandangan bendungan yang designnya unik.

Sang Neues Rathaus ini juga punya semacam hutan kecil gitu. Pohon-pohonnya rindang, sejuk banget klo cuaca lagi bagus lewat situ jalan-jalan naik sepeda. Anginnya sepoi-sepoi, semilir. Seger banget deh. Di dalem hutan kecil itu juga ada jembatan kecil yang pegangan pinggirnya banyak gembok-gembok yang isinya nama banyak pasangan. Mungkin mereka percaya, klo naro gembok dengan nama mereka di sana, hubungan mereka jadi langgeng selamanya. Tapi bisa jadi aja, pas lagi masang gembok tau-tau kepergok sama selingkuhannya haha. Gagal deh #ups
 photo m122.gif photo m122.gif photo m122.gif
Para penduduk Hannover sendiri masih percaya mitos kalau foto pernikahan di depan danau dan gedung Neues Rathaus ini, pernikahan mereka bakalan langgeng selamanya. Jadi gue sering liat banyak para pengantin ngelakuin photoshoot di sini. Yaah, tapi ga akan ada yang tau juga kaann, pas lagi asik-asik photoshoot gitu, ada cwo yang nyamperin terus ngaku-ngaku pacar suaminya. OH TIDAAK, ternyata suaminya hombreengg #jgeerr haha. Bercandaaa..   
 photo m021.gif photo m021.gif photo m021.gif
Buat gue pribadi, Neues Rathaus ini punya daya tarik sendiri. Ntah kenapa, setiap gue foto di sini, gue jadi ngerasa kayak masuk ke Negeri dongeng. Buat gue, bangunan ini berkharisma banget, sampe-sampe klo gw dateng ke situ, seolah-olah gw ketarik masuk ke jaman dulu. Gw jd kayak ga hidup di masa sekarang, tapi kayak masuk ke mesin waktu dan begitu keluar mesin, gue tiba-tiba jadi putri bangsawan haha #ngareep

Eh tapi bener looh. Apalagi pas masuk ke dalem gedungnya. Gue jadi kayak seolah-olah bangsawan yang lagi punya acara pesta dansa gitu. Aura bangunannya ga terpengaruh walaupun waktu udah berlalu. Arsitektur bagian dalem Rathausnya keren. Elegan banget. Mari, beri tepuk tangan buat para arsiteknyaa haha. #prokprokprok
 photo m172.gif photo m121.gif photo m172.gif
Masuk ke dalem Neues Rathaus ini gratis, saudara-saudara. Cuma ada jamnya aja. Klo senin-jum’at bukanya dari jam 09.30 sampe 18.00. Sabtu-Minggu, bukannya dari jam 10.00 sampe jam 18.00. Jadi kan ya, mumpung gretongan gitu looh. Foto sana sinii BUAHAHHAA.
Jeprat-Jepret :D
(Pencet klo mau memperbesar gambar)
So, buat yang lagi pengen liburan ke Jerman. Yuk, marii main ke marii hehe.
 photo m062.gif photo m084.gif photo m045.gif

3 comments:

  1. Guten Morgen mba (bener ga nulisnya?) Dari kecil pengen ke Jerman belum kesampean juga :( baca tulisan2nya jadi + pengen kesana :D (salam kenal dari murid babeh JA paling nakal :D) (www.iyuARK9.blogspot.com)

    ReplyDelete
  2. ceritain pengalamannya wktu dulu bisa smpai ke jerman dong dirr :)

    ReplyDelete