Thursday, 4 December 2014

Jerman, Sampai Ketemu Lagii!! :)

Beberapa bulan terakhir ini, gue diserang dengan pertanyaan yang sama oleh orang-orang, "Kak, kapan balik lagi ke Jerman?" atau "Mba Dhir, ga balik lagi ke Jerman?" atau "Mba, sampe kapan di Indonesia?" Semua pertanyaan itu ditanyakan bertubi-tubi lewat Twitter, Instagram, Ask.fm, Path, Facebook, Whatsapp, Line, BBM, lengkap sudah pokoknya. Okay, I've enough for this. Karena yang nanya banyak banget dan gue udah capek balesin satu-satu, jadi mendingan cukup kalian baca postingan gue aja ya :)
 photo m177.gif  photo m177.gif  photo m177.gif
Jadi kesimpulannya, "Gue udah ga balik lagi ke Jerman. For Good. Pulang ke kampung halaman tercinta, Indonesia."
Pertanyaan selanjutnya yang kalian tanyain ke gue pasti : "WHY?!! Sayang banget, kak.."

Oke, keputusan untuk balik ke Indo ini udah gw pikirin masak-masak selama berbulan-bulan. Di mulai dari ade gw Asa yang mutusin pulang ke Indo beberapa bulan sebelum gue pulang. Gue udah tau, pasti gw disuruh pulang juga. Karena ortu gw tau, kehadiran ade gw Asa di sisi gue itu penting banget selama gw di Jerman.
 photo m167.gif  photo m167.gif  photo m167.gif
Kenapa penting?
Karena ade gue itu secara tidak langsung pelindung gue. Istilahnya seperti malaikat pelindung tanpa sayap. Ortu gw ngizinin gw ke Jerman, ya karena ade gue juga waktu itu ke Jerman juga. Walaupun kita berdua beda kota tempat tinggal, tapi setidaknya ade gue bisa ngawasin gue dari jauh. Gue itu parah banget soalnya. Ga bisa baca peta, padahal sistem kendaraan Jerman udah jelasnya minta ampuun, tetep aja gue nyasar. Ade gue harus terus ngecek keberadaan gue di mana, klo gue bilang mau ke luar kota. Terus gue sering diikutin orang asing, di teror malem-malem, nyasar ke stasiun tak berpenghuni di tengah-tengah Musim Salju yang ganas.
 photo 42.gif  photo 42.gif  photo 42.gif
Setiap gue main ke Berlin, tempat ade gue tinggal, dia pasti ngusahain anter-jemput gue kemana-mana. Klo dia sibuk, sampe minta tolong temen-temennya jemput gue, mastiin keberadaan gue. Ribet deh, pokoknya. Temen-temen gue juga dag dig dug klo gue pergi kemana-mana sendirian.

Makanya pas ade gue mutusin balik ke Indonesia, ortu gue kasih pilihan : Klo mau tetep di sana, syaratnya nemu suami yang lagi tinggal di sana, klo nggak nemu mendingan pulang aja. Karena emang gue ga nemu, ya jadi gue harus pulang hehe.
 photo 24.gif  photo 24.gif  photo 24.gif
Alasan lain, karena susah nembus Tes DSH. Gue sempet beberapa kali gagal. Mau nyoba lagi, ujiannya masih lama dan posisinya ade gue Asa mau nikah. Mau bolak balik, lagi ga ada uang. Semua biaya dikeluarin buat biaya ade gw nikah dan klo gw tetep maksa kuliah di Jerman, tandanya gue cuma bisa ke Indo hanya beberapa hari doang. Karena tanggal nikah ade gue itu pas banget sama jadwal kuliah di Jerman. So, gue harus ambil keputusan cepat.
 photo 46.gif  photo 46.gif  photo 46.gif
Sebagai kakak, gue ga mau ngelewatin momen penting ade gue. Gue udah sedih banget ga bisa hadir di acara lamarannya (karena masih di Jerman). Masa pas nikah ga dateng? Klo pun bisa dateng, masa cuma sebentar? Gue pengen ikutan ngerasain proses nikah ade gue dari beberapa bulan sebelum dia nikah sampe nikahnya. Dia ade yang bener-bener gue sayang, kita berdua deket banget kayak anak kembar. Gue kayaknya egois banget klo tetep ngotot mau kuliah di Jerman. Apalagi klo setiap skype, gue liat tatapan ortu gue dan ade-ade gue itu pengen banget gue itu pulang. Jadi gue mikir : Gue kuliah di Jerman pengen supaya keluarga gue itu bangga sama gue, bahagia klo anaknya lulusan luar negeri. Tapi ternyata bukan itu kebahagiaan yang ortu gue mau. Mereka bahagia gue di Indonesia. Mereka pengen gue pulang. Yasudah, buat apa di paksain? Ntar ujung-ujungnya malah ga berkah juga kan?hehe
 photo m083.gif  photo m083.gif  photo m083.gif
Jadi gue langsung persiapan pindah sana-sini. Ngepakin barang-barang yang bakalan di kirim ke Indonesia, urus-urus sana sini..pas besoknya gue mau berangkat pulang ke Indonesia, gue dapet surat undangan dari Universitas Halle. Well, agak sedih sebenernya. Tapi tekad gue udah bulat. Gue harus balik ke Indonesia. Kuliah di sini mungkin bukan yang terbaik kata Allah. Cukup hampir tiga tahun gue di Jerman. Banyak cerita yang bisa gue tulis, banyak pengalaman yang bisa gue bagi :)
 photo m045.gif  photo m045.gif  photo m045.gif
Persis seperti kata ade gue Asa di artikel yang menjelaskan kenapa dia mutusin ga nerusin kuliah di Jerman dan balik ke Indonesia, dia bilang : "Terkadang kita tidak sadar bahwa ada tanggung jawab besar yang menanti kita. Sering kali kita berfikir bahwa hanya ada satu jalan untuk meraih kesuksesan. Dan, kadang kita terlalu egois dan tidak punya waktu untuk memikirkan orang lain. Hidup adalah pilihan dan disetiap pilihan yang kita ambil pasti ada hal baik di belakangnya. You Win Some, You Lose Some, right?" (Artikelnya bisa dibaca di sini : http://jamilazzaini.com/you-win-some-you-lose-some/)
 photo m105.gif  photo m105.gif  photo m105.gif
Tapi ga dipungkiri, semenjak gue balik ke Indonesia, gue kangeeen berat sama temen-temen gue di sana. Gerombolan anak-anak Indo dari berbagai belahan Kota di Jerman. Karena mereka, gue jadi Dhira yang lebih baik lagi. Karena mereka, hidup di Jermanpun ga terasa berat lagi.
 photo m159.gif  photo m159.gif  photo m159.gif
Khususnya untuk Keluarga Muslim Hannover yang udah dengan setia nemenin dan support gue ketika lagi patah semangat bangeet. Yang rela secara bergilir jadi tempat nginep si Dhira, yang ga bisa pulang setelah mata hari terbenam gara-gara sering diikutin orang asing. Lebih tepatnya rumahnya Mb Mira sih yang lebih sering gue tongkrongin hehe.

Kangen sama ibu-ibu Indo Hannover, yang memaklumi gue yang pulang selalu bungkus makanan enak setiap abis ada pengajiaann hehe #maklumyamahasiswaa

Mas yud, Teh Nuri dan dede Jinaaan. Keluarga Indo yang satu ini yang paling kocak, paling deket, menurut gue hehe. Jadi inget, dari mulai Teh Nuri hamilnya masih belom gede, sampe udah gede buanget, sampe malah udah lahiraan, klo Mas Yud lagi tugas keluar kota atau keluar negeri, gue yang nemenin Teh Nuri di rumaah. Kangen masa-masa ituu. Sekarang Jinan udah bisa jalan, yaa. Lucu banget siih, kamuu..
 photo m055.gif  photo m055.gif  photo m055.gif
Buat Mb Mia sama Teh Neneng yang super duper caaree. Sekarang, Mb Mia udah mau ngelahirin ajaa. Gue punya keponakan baru sebentar lagii, yeay! :D Jadi inget, Mb Mia yang bolak balik khawatir setiap gue keluar kotaa. Takut gue nyasar ke kota ntah berantah. Bahkan klo pergi ke pengajian ke tempat baru, selalu diusahain bareng sampe nungguin di Stasiun Utamanya Hannover, bisi gue ga nyampe ke tempat tujuaan ahaha. Ntar foto-fotoin yaa dede bayinyaa, klo perlu di videoin terus kirim ke akuu hehe.
 photo m015.gif  photo m015.gif  photo m015.gif
Teh Neneengg, kangen jalan-jalan naik sepeda bareeenngg hiks. Teteh satu ini yang selalu siap siaga klo gue butuh pertolongaan. Aku padamu banget, teeehh. Ich hab dich vermisst ganz ehrlich T,T. Maaf yaa, ga sempet ngambil kuliah di Universitas Halle. Mungkin klo aku jadi kuliah di sana, kita bisa tinggal serumah yaa hehe. SEMANGAT TERUS TEEHH, KULIAHNYAA #hugs2
 photo m149.gif  photo m149.gif  photo m149.gif
Buat para ibu-ibu yang dengan rela menyerahkan anaknya ke gue buat gue gendong-gendong atau jadi sasaran jepretan fotoo, I LOVE YOU FULL!! Percayalah, anak-anak kalian itu superduper cute syekalee! haha. Apalagi kanaya yang waktu masih baby selalu sukses tidur di gendongan gue dan dede Aischa yang selalu ketawa setiap main sama gue. Uwaaaa, Mb Dhira miss youu a loott. Inget ya manggilnya Mbak, bukan Tantee. Tante adalah kata terlarang buat kalian hehe
 photo 18.gif  photo 18.gif  photo 18.gif

Perpisahan Terakhir yang Berkesan Bangeett
Sama ciwi-ciwi Halle-Berlin
 photo 67.gif  photo 67.gif  photo 67.gif
Gerombolan cwe-cwe Halle-Berlin-Leipzig, sumpah gue kangen banget sama kalian. Kita emang jarang ketemu, tapi pas perpisahan terakhir gue disana bener-bener berkesan banget dengan kehadiran kalian. Gue inget banget, waktu itu gue, Qisthi, Sumayah, Kak Syl, Tika, dateng ke pasar apa gitu ya di Berlin. Tiba-tiba kita liat mesin yang isinya boneka itu loh. Yang kita harus berusaha ngambil boneka di dalem box, yang diambil pake semacam pengait gitu. Itukan susah banget, bonekanya bolak balik jatoh. Gue bilang ke mereka, "Selama 22 taun gue hidup, gue ga pernah berhasil ambil boneka di permainan yang ada di dalem situ." Akhirnya kata Tika, "Yuk coba dhir, kali aja berhasil!"
 photo m059.gif  photo m059.gif  photo m059.gif
Kalian ga tau betapa ributnya kita, lima cwe-cwe berkerudung gantian nyoba ngarahin mesin pengait itu biar bisa nangkep si boneka. "AAAAA, Dhir di belokiiinnn. Jangan DILEPAS WOII. JATOH DONG BONEKANYAA!! AAAA Awas awassss!!" Mereka berempat ribut, gue apalagi paling heboh. Karena gagal, gantian Tika nyoba. Gagal juga dia.
Terus Sumayah nyoba, gue ribut, Tika juga "SUUUMMMM, YANG BENER NAPA WOOII!! BELOKNYA KESONOOHH!! JANGAN BONEKA YANG ITU YANG DIAMBIILL!! YAAH JATOH DEH, AAAAHH!!" penonton kecewa. Qisthi nepuk jidat, Kak Syl geleng-geleng kepala. Kita jadi bahan tontonan orang-orang di sekeliling. Sampe kasir di Toko Turki keluar cuma mau liat siapa yang teriak-teriak pake bahasa asing gitu. #CADDAASSS emang suara kita. Cettaaarr membahanaa HAHAHAHA.
 photo 10.gif  photo 10.gif  photo 10.gif
Tapi masih ada sisa satu kesempatan lagi. "Dhir, buruan Dhir. Elo aja nyoba yang terakhir Dhir." Tika bujuk-bujuk gue. Akhirnya dengan sisa harapan yang ada, gue milih boneka minion yang letaknya di tunjuk sama Tika, "Yang itu Dhir, yang itu. Kayaknya gampaangg!!"
Dengan Dag Dig Dug DERR, gue atur itu si pengait biar bisa mencengkram boneka minion yang kita incer. Sumayah mulai panik juga, "Kak..kak..pelan-pelan, kak." Qisthi ngeliatin serius juga, "Tarik napas Dhir, bentar lagi Dhiiirr!!" dan ternyata PAS banget itu pengait mencengkram boneka minion itu. Kita berlima langsung ngumpul dan deketin kepala masing-masing ke box bening di depan mata. Semua tahan napaass...Pliis, keambil pliiss. Kami tak sanggup kalau gagal lagii. Masukin koin sekali main, mahhaall...
 photo m107.gif  photo m107.gif  photo m107.gif
Pengaitnya gue gerakin pelan-pelan ke lobang samping, biar tu boneka bisa turun kebawah untuk diambil..Dan..."AAAAA, MASUK TIK MASUUUUKK!!!!"Teriak langsung kita berlima. Gue langsung ambil sang boneka minion hasil pancingan kita. "Alhamdulillah akhirnya, Dhir." Qisthi lega banget kayaknya. Gue sama Tika teriak-teriak kayak orang kesurupan. Terus goyang-goyangin badannya Sumi. Kak Syl cuma geleng-geleng kepala. Lima cwe Indo berkerudung ribut di pasar.
Sampe ibu-ibu Turki nyamperin kita supaya bisa ambilin boneka itu juga buat anaknya ahaha. "Ya Allah bu, ini juga baru pertama kalinya kita dapet boneka hehe"
 photo m048.gif  photo m048.gif  photo m048.gif
Setelah perjuangan panjaangg, MINIONN!!
 photo 81.gif  photo 81.gif  photo 81.gif
Terus buat gerombolan ciwi-ciwi Halle yang emang tiada duanya. Waktu gue nginep di rumah ibu kantin, sumpah paling berkesan abiiss. Chaboot, Dibee, Chanaa, Mutee, Darraaa, Fadnii, kangeenn. Makin kangen pas ngeliat video kalian waktu makan sushi kemareenn. Kocak abiiss! Jadi pengen ada di sana jugaa huaa. Pokoknya klo pulang kita meet up, yaa! HARUS POKOKNYA! WAJIB!
 photo m135.gif  photo m135.gif  photo m135.gif
Buat J, yang pas gue mau balik baru mutusin pake hijab..
Tetep Istiqamah ya Jeje-kuu :) Je keliatan makin cantik, makin anggun, makin makin pas udah pake hijab :) Selamat ya sayaang, udah berhasil lulus S1. Semoga ilmu J, bermanfaat dan bisa berguna untuk Indonesia :D
 photo 82.gif  photo 82.gif  photo 82.gif
Khusus untuk Chabot, gosip kita masih terus berlangsung ya via LINE! Awas, jangan cuma di read doang chat guee haha.
 photo m029.gif  photo m029.gif  photo m029.gif
"Meski kalian kini jauh di sana, kita memandang langit yang sama..Jauh dimata, namuun dekat di hatii :)" -Lirik Ran, yang diubah :p

Walaupun cuma dua setengah tahun gue tinggal di Jerman, banyak pengalaman indah banget yang ga bisa gue tulis satu-satu di sini. Bersama kalian, gue jadi belajar banyak. Dengan bersama kalian, gue jadi tahu arti pertemanan sesungguhnya :)

Memang rencana Allah selalu lebih indah dari rencana gue yang terindah, ya..
Terbukti, rencana Allah yang mengizinkan gue untuk ngerasain tinggal cukup lama di Jerman, bener-bener indah banget dan ga bisa digantikan dengan pengalaman apapun :)
 photo m035.gif  photo m035.gif  photo m035.gif
Makasih ya, Ya Allah atas semua karunia-Mu.
Tolong jaga teman-temanku di sana ya, yang sedang mati-matian berjuang untuk menuntut ilmu-Mu.
Permudah urusan mereka, perlancar rezekinya :)

I Love you all because Allah like thiisss muucchhh #lebarinkeduatangan
SUKSES TERUS KAWAANN!
Doaku menyertai perjalanan kalian :)
 photo m032.gif  photo m032.gif  photo m032.gif

5 comments:

  1. Dhira tuh seumuran sama aku yah, tapi gilee, ceria terus setiap saat. Aku bacain buat motivasi aku terus loh ini hahaha... :D
    Semangat Dhiraa, ditunggu postingan postingan selanjutnya... semoga bisa dipertemukan Allah juga :3

    ReplyDelete
  2. Iya Nak,rencana Allah pasti lebih indah dr rencana kita yg terindah. Mama,bapak dan adik2mu bahagia dg kepulanganmu ke Indo,semoga dan mama yakin pasti Allah sudah menyiapkan rencana lain yg lebih indah untuk pengalaman kamu selanjutnya. Tunggu aja ya Nduk..

    ReplyDelete
  3. Mba Dhira, sy pembaca setia postingan di blog-blog mba! kece abis, pun punya ayahanda Jamil Azzaini hampir tidak absen saya stalkingin tuh blog beliau sama mba hehe... btw sy terkesan banget mbak sama keluarga mbak, termasuk sama Asa, dia keren umur segitu udah berani mutusin untuk menikah! patut dikasih 4 jempol hehe, oya mau tau blog nya Asa apa ya mbak? siapa tau sy juga bisa mengais ilmu dari sana, semangat terus mbak Dhira, semoga suatu saat kita dipertemukan sama Allah yaa Aaminn, secara kepengen banget ketemu mbak hehe...

    ReplyDelete
  4. selalu ketawa dan terharu sama postingan dhira :D
    salam kenal ya dhir :D

    ReplyDelete