Sayembara Menulis Sederhana

October 10, 2015

Akhir-akhir ini gue itu jarang baca dan sebenernya memang gue itu tipekal orang yang ga begitu suka baca. Lebih seneng diceritain dibandingkan menghabiskan waktu berjam-jam baca buku. Tapi gue sadar banget, untuk jadi penulis hebat memang salah satunya harus banyak baca. Baca apapun dan itu ga harus buku.

Semakin tertampar itu ketika di grup nulis One Week One Paper (OWOP), ada sharing penulis. Penulis tamu yang minggu lalu bersedia berbagi di grup OWOP adalah Gari Rakai Sambu. Beliau bilang begini :

"Writers Block itu ga ada. Itu cuma alasan yang dibuat-buat sama pemalas. Karena writers block biasanya disebabkan dua hal :
1. Males Baca
2. Males (latihan) nulis."


Nah, gue waktu itu ada dalam posisi yang pertama ; Males Baca
Serius, beberapa hari terakhir ini emang gue males banget ngapa-ngapain. Baca apalagi. Buku-buku di rumah udah numpuk dan sebagian besar emang belum gue tuntasin. Akhirnya gue mikir, gue harus melakukan sesuatu supaya mood baca gue naik lagi. Dan alhamdulillahnya, rabu kemarin gue tiba-tiba dapet ide cemerlang. Sebuah ide yang berhubungan dengan simbiosis mutualisme.

Jadi, gue yakin banget diantara temen-temen gue, orang-orang yang suka baca tulisan gue, intinya kalian-kalian yang berada disekeliling gue, diantara kalian pasti banyak yang suka nulis. Sayangnya, masih banyak diantara mereka yang ga pede dengan tulisannya tapi malu untuk minta seseorang membaca hasil karyanya. So, here I am. Gue menawarkan diri untuk membaca tulisan kalian.

Gue tahu banget perasaan bahagia, ketika tulisan hasil karya sendiri dibaca oleh orang lain. Dan tahu juga rasanya, malu ngasih lihat tulisan sendiri kepada dunia. Tapi, justru disitulah ide gue muncul. Gue lagi butuh bacaan dan kalian lagi butuh orang yang bersedia membaca tulisan kalian. Gue tinggal mengumpulkan mood untuk membaca dan kalian tinggal mengumpulkan mood untuk menulis. Ya kan? Sesederhana itu. 

Dan pastinya, sebuah kritik dan saran yang membangun sangat penting untuk kalian kan? Disinilah gue menawarkan diri untuk membaca tulisan kalian dan memberi pendapat mengenai tulisan yang kalian buat.

Kita sama-sama memulai hal yang baru di sini. Gue belum pernah menyediakan waktu gue untuk duduk diem lama baca tulisan orang plus kasih kritik atau saran secara detail. Kalian mungkin juga belum terbiasa nulis dalam waktu singkat dan memberikan kepercayaan orang asing untuk membaca hasil karya kalian. Intinya, kita sama-sama belajar. Sebuah hubungan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan bukan?

That's why,
Rabu malem tanggal 7 Okt 2015 kemarin, gue buat sayembara kecil-kecilan di Instagram dan Line.
Isinya begini :

Assalamu'alaykum, teman-temanku semuaa! Pasti banyak diantara kalian yang suka menulis kan? Masih ga pede dengan tulisannya dan pengen banget tulisannya di kasih kritik dan saran?

Nah, untuk mengisi weekendku minggu ini, aku lagi pengen baca-baca tulisan temen-temen niih. Jadi, aku kasih kesempatan kalian yang suka menulis untuk menulis tulisan singkat (max 3 halaman) dengan tema apapun (fiksi atau non fiksi) dan dikirim ke nadhira.arini@gmail.com yaa 

Bagi tulisan yang terpilih (mksdnya terserah aku mau milih yang mana), akan aku coba kasih kritik dan saran, juga pendapatku mengenai tulisan kaliaan.
Formatnya harus pake Mic.Words dengan font Times New Romans 12, spasi 1,5 yaa. Dan judul emailnya harus (Nama kalian, Jenis Tulisan, Judul tulisan) 
cth : Nadhira Arini, Fiksi, 'Ketika Cinta Tak Berbalas'

Supaya tulisan kalian terpilih untuk aku baca, yuk mulai mencoba membuat judul yang menarik perhatiaann. Masih ada waktu untuk mulai membuat tulisan sampai Hari Jumat, 9 Oktober 2015 max pukul 24.00 WIB yaa. Ingat looh, cuma 3 tulisan aja yang akan aku baca lalu dikasih kritik dan saran secara detaiil. 
Jadi nanti kalau sudah aku baca, aku kasih pendapatku dan aku kirim balik emailnyaa.

Okee deeh, ga sabaar pengen baca tulisan kaliaan niih. Gausah malu-maluu. Langsung tulis dan kirim aja ke email di atas yaa. Ditungguu bangeet tulisannyaa.

Kalau ada pertanyaan lanjutan, bisa chat ke lineku @nadhiraarini ('@'nya ditulis ketika searching)
Tag dan share ke teman-temanmu yang suka menulis yaa :)

Jujur, dalam sayembara kecil-kecilan ini, gue ga punya ekspektasi lebih. Maksudnya gue ga berharap bahwa yang ngirim akan banyak. Gue cuma sedang ingin keluar dari zona nyaman gue yang males baca ke Dhira yang mau memulai baca 'sesuatu'. Apa aja, yang jelas gue baca. Dan gue lagi pengen banget baca karya-karya orang di sekitar gue yang sebenarnya punya hobi yang sama kayak gue ; yaitu sama-sama suka nulis.

Dan gue ga nyangka banget ternyata yang ngirim tulisan ke email gue cukup banyak. Gue sampe speechless saking senengnya. Ga nyangka banget, banyak yang menyambut ide sederhana gue. Padahal gue kasih deadline cuma dua hari. Tapi terbukti, kalian ternyata bisa kaann. Gue seneng banget, guyyss!!! Kalian kereeenn! :D

So, gue berterima kasih kepada temen-temen yang mengirimkan tulisannya ke email gue. Orang-orang hebat itu adalah :

1. Novia Senja Kurnia, Fiksi, 'Cemburu'
2. Iftinnia Irisanti, Non Fiksi, 'Kekinian'
3. Lia Kaulina, Non Fiksi, 'Rindu ini, Milik Siapa?'
4. Fakhmol Risepdo, Fiksi, 'Konvergen'
5. Amelia Novista Pujadarma, Fiksi, 'Dialah Teman Imajinasiku'
6. Noviyanti, Fiksi, 'Mimpiku Tergadai di Kawasan Industri'
7. Talitha Meta Ariesya, Fiksi, 'Kau Masih Ingat Jalan Pulang?'
8. Fikri A, Non Fiksi, 'Helianthus'
9. Risfan Nuryadin, Fiksi, 'Sepotong Kisah Terlarang'
10. Erly Suharly, Fiksi, 'Hitam - (Merah Jambu) - Putih'
11. Juwita Nardiawati, Non Fiksi, 'Selamat Pagi, Dunia!'
12. Deni Ramdani, Fiksi, 'Menyemai Benih Kehidupan'
13. Siti Mawadah, Non Fiksi, 'Mari Mempersiapkan Diri'
14. Ariesta Amelia, Fiksi, 'Pollar Bear'
15. Waritsah Assilmi, Non Fiksi, 'Monolog Tengah Malam'
16. Indira Setia, Fiksi, 'Menanti Pria yang Kusebut Dalam Do'a'
17. Destini Puji Lestari, Fiksi, 'Postcard'
18. Fathullah Adit, Fiksi, 'Ketika Tuhan Berencana'
19. Widya Statistika, Non Fiksi, 'Ketika Cinta Datang Tak Terduga'

Voilaaa, thank you semuaaa. Karena semangat kalian, sepertinya gue ga akan cuma baca tiga tulisan aja. Tapi lebiihh hehe. Kalian sudah berhasil bikin weekend gue bahagia. Jadi, tunggu email balasan gue yaa... Kalau yang ga dibales, mungkin lain kali bisa ikutan lagii. Tapi cluenya : Gue akan baca lebih dari tiga tulisan :)

So, Tetap SEMANGAT dan JANGAN PERNAH BERHENTI MENULIS YAA!!
Menulislah agar dunia tahu tentang kalian dan izinkan gue mengenal kalian lebih dalam dengan membaca tulisan kaliaaann :D

See you next timee, everyonee!! 

You Might Also Like

4 comments

  1. see you nextime dhira...
    idenya keren...

    ReplyDelete
  2. Wah,, gue terlambat baca blog elu,, tau gitu gue kemarin ikutan haha
    Btw nice idea,, patut dicontoh idenya,,

    ReplyDelete
  3. banyak yg ikut. ah adalagi kah yang begini untuk minggu minggu selanjutnya?

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Follow me on IG : @nadhiraarini