Friday, 11 March 2016

Sinopsis & Resensi Film : The Teacher's Diary

Movie : The Teacher's Diary 
Thai : คิดถึงวิทยา (Kid Teung Wittaya)
Runtime : 1 hr 44 sec
Release Date : March 20, 2014

INTERNATIONAL TRAILER
Main Cast :
Sukrit Wisetkaew - Song
Chermarn Boonyasak - Ann

Jadi ceritanya gue lagi mencoba membangun mood menulis gue dengan tema tulisan romance-comedy, tapi gagal terus karena akhir-akhir ini tontonan gue itu drama yang genrenya Thriller-Mystery-Romance. Jadi mood gue masih kebawa sama adegan yang isinya psikopatlah, DID (kepribadian ganda)lah, dll. Jadi pasti kalau buat cerita, jatuhnya jadi mencekam gitu. Ntah si tokoh prianya suka sama wanitanya berlebihanlah sampe freak gitu atau tokoh wanitanya yang gantian sukanya berlebihan sampe jadinya gila. 
 photo m029.gif  photo m029.gif  photo m029.gif
Jadi kalau kalian ga percaya, perhatiin aja postingan gue dari yang judulnya : Senandung Malam sampai serial Volkert dari episode 6 ke episode 11, Story Blog Tour 2 ep 10 : Memori yang Kembali, isi ceritanya itu rada bikin hati yang baca keiris-iris karena tokohnya punya masalah psikologis. Jujur, gue udah berusaha nulis Chat Room Keluarga Masa Kini 3 dengan genre comedy, tapi gagal total karena mood gue belum bisa masuk ke arah sana :(
 photo 34.gif  photo 34.gif photo 34.gif
So, kesimpulannya adalah…
gue butuh tontonan baru yang genrenya romance-comedy. 

Setelah gagal nyari sana sini, temen gue tiba-tiba rekomendasiin film Thailand ini. Awalnya gue males nonton, karena setiap nonton film Thailand itu bikin gue ilfeel berat setiap pemerannya ngeluarin suaranya. Padahal ganteng parah tampangnya, tapi demi apa, cempreng bengjeet. Ga shaaanggup ade dengernya, baaangg.
 photo 76.gif photo 76.gif  photo 76.gif
Tapi yang berhasil bikin gue tertarik adalah ketika temen gue bilang, “Ini cerita bagus loh, bisa suka sama seseorang hanya dari tulisannya aja. Padahal belum pernah ketemu.”

Yang bikin gue penasaran untuk nonton adalah kata-kata yang bikin senyum-senyum sendiri ketika baca tulisan di posternya, “Is it possible to love someone you’ve never met?” Ditambah kalimat sederhana di tagline film ini, “I miss someone who have never met before.” EAAA~fix nampol.

Gue awalnya mikir, ini hanyalah kisah karangan belaka. Soalnya kayaknya ga mungkin aja gitu ada di kejadian nyata. Semacam impossible. Ehh tapi ternyata gue makin penasaran ketika di paling atas posternya ada tulisan gede, “INSPIRED BY A TRUE STORY”

AAAA, sebagai seorang penulis, mau juga dong dapet love story kayak gituu. Semacam romantis, ya ga?ehehe.

So, biar ga penasaran…
gue kasih cerita singkatnya, yaa…
 photo m105.gif photo m105.gif photo m105.gif

Jadi cerita singkatnya gini, tahun 2012, ada seorang pria mantan atlit gulat yang ngelamar kerjaan jadi guru, namanya Song. Karena semua lowongan guru di sekolah biasa udah penuh, dia ditawarin kerja di sekolah terapung yang muridnya cuma empat orang. 

Awalnya dia stress, karena ga tahu harus ngapain muridnya. Muridnya aneh-aneh kelakuannya dan dia bingung harus ngajar dengan cara seperti apa supaya mereka paham. Sampe akhirnya, secara ga sengaja dia nemu buku diary guru sebelumnya, namanya Ann. Disitu ditulis dengan jelas, apa aja yang Ann lakukan selama mengajar di sana. Suka dukanya gimana, frustasinya dia gimana ketika harus bertahan di sekolah terapung yang bahkan sinyalpun ga ada. Dan ntah kenapa, hanya dengan membaca tulisan Ann di buku diarynya, seperti membimbing Song untuk melewati masa-masa sulit selama mengajar di sana.

Ketika pada akhirnya di tahun 2013 Ann datang kembali untuk mengajar di sekolah terapung itu, dia nemu buku diarynya yang waktu itu ga terbawa dan kaget ngeliat isinya. Di bawah tulisan-tulisannya ada tulisan baru yang dia sendiri ga kenal itu tulisan siapa. 

Yang bikin melting adalah ketika dia buka bagian tulisannya yang bertuliskan kalimat, “I’m lonely…” dan di bawah tulisannya ada tulisan asing singkat bertuliskan, “me too…”

AWWWW, meeenn!! haha.
 photo r35.gif photo r35.gif photo r35.gif

Buku diary itu seperti penghubung aneh antara Ann dan Song. Di bagian belakang buku itu, Song nambahin apa aja yang sudah berusaha ia lakukan selama mengajar di sana. Dan kerennya, Song melakukan apa aja yang selama ini belum sempat dilakukan Ann.

Kisah love line di film ini itu berisi tentang bagaimana hubungan jarak jauh dan kesetiaan. Belum lagi perselingkuhan yang terjadi karena faktor komunikasi yang terputus. Kesepian yang datang bertubi-tubi karena terpaksa tinggal mengajar di tempat jauh dari manapun dan pentingnya kesamaan frekuensi dalam menjalin suatu hubungan.

Ga cuma kisah cinta aja yang ditampilkan dalam film ini. Tapi juga latar pendidikan yang seru, lucu dan asik banget. Bagaimana seorang guru berdedikasi, bagaimana menjalin hubungan antara guru dan murid, bagaimana kreatifitas seorang guru mengajar murid-muridnya yang latar belakangnya hanya anak para nelayan. Cocok banget ditonton temen-temen yang punya latar belakang pendidikan ataupun yang tertarik di dunia pendidikan.

Jadii, jika kalian punya waktu senggang. Merapat deh, nonton film ini. Sekolah terapung ini ternyata asli ada di daerah Lil, Provinsi Lamphun Thailand Utara dan masyarakat biasa menyebutnya dengan nama ‘Bann Ko Jatson School’ (Floating Classroom Branch).

Hasil dari nonton film ini akhirnya berhasil membangun mood gue untuk buat tulisan ‘Volkert Family 12 berjudul Selalu Salah Jalan’ HAHAHAHA. Akhirnya, yaa…
 photo 81.gif  photo 81.gif photo 81.gif
Daaann pertanyaan terakhir, sebelum ditutup…
“So, can you miss someone who never met before?”

Whoopps! Selamat menjawab! Selamat menonton dan selamat menikmatii!
 photo m032.gif photo m032.gif photo m032.gif

11 comments:

  1. Aku juga udah nonton kak. Persis, aku tertarik krn taglinenya itu hehehe. Tp aga serem yg pas temennya Ann nemu 'something' dibawah toilet ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bangeett. Gue kira malah ada ular atau apa gitu di bawah toilet. Atau ada yg ngintip. Taunya... -,- ewww.

      Delete
    2. Waaaaakkksss
      Wkwk
      Udah hampir setahun lalu nih aku nonton ini film. Bagus memang, romance comedy, tp yg lumayan itu ketika sekolahnya kena badai. Duh,:(

      Delete
  2. It's possible, Kak ...
    and I ever.
    Missing someone, who I never met before

    ReplyDelete
    Replies
    1. widiih kok bisaa?? Itu gimana ceritanyaaa ahahaha #kemudianhebohsendiri

      Delete
  3. Ini beneran. Aku baru aja ngalamin, Dhir.

    ReplyDelete
  4. Ukhty aku juga lagi suka Cheese in the trap, sebenernya uda tamat sih sekarang. Ada review drama korea yg bagus bgt ga? hehe

    ReplyDelete
  5. Iya, itu mungkin, jujur, aku juga pernah ngalaminnya mbak nadhir:) aneh tapi ternyata itu beneran ada..

    ReplyDelete
  6. Iya, itu mungkin, jujur, aku juga pernah ngalaminnya mbak nadhir:) aneh tapi ternyata itu beneran ada..

    ReplyDelete
  7. hai kakak dira salam kenal
    aku suka sama tulisan kkk, menginspirasi

    ReplyDelete
  8. Ini film bener2 gak terduga dan kreatif. Beda dengan film barat. Film Thailand selalu lucu dan mengharukan. Semoga saya bisa nemu film kayak gini lagi.

    Salam dari Jagongbakarrr

    ReplyDelete