Tuesday, 18 June 2013

Jadwal Shalat 4 Musim

Tinggal di Negara 4 Musim ini, menandakan jadwal shalat yang bevariasi pula. Ga kayak di Indo yg waktu Shalatnya tetap. Ya kadang beda dikitlah..tapi klo di Jerman itu ekstrim bedanya. Waktu awal-awal dateng, gw sempet shock dan bingung sama ngatur waktu tidur gw sendiri haha

Biar kalian gampang ngebayanginnya, ini contoh waktu Sholat berdasarkan musim yg gw ambil dr web http://www.gebetszeiten.de J

Musim Semi :
Dzuhur : 13.25 , Ashar : 16.57 , Maghrib : 19.56 , Isya : 21.28 , Subuh : 05.13
Musim Panas :
Dzuhur : 13.26 , Ashar : 17.49 , Maghrib : 21.43 , Isya : 23.39 , Subuh : 03.03
Musim Gugur :
Dzuhur : 13.11 , Ashar : 16.16 , Maghrib : 18.59 ,  Isya : 20.33 , Subuh : 05.43  
Musim Dingin :
Dzuhur : 12.25 , Ashar : 14.02 , Maghrib : 16.20 , Isya : 18.06 ,  Subuh : 06.35

NB : Liat yg di merahin -,-“

Oke, jadwal paling parah adalah jadwal sholat Musim Panas. Lihatlah betapa ekstrim waktu Maghrib, Isya sama Subuhnya O,O

Jadi klo puasa pas Musim Panas itu, Sahur harus sebelum jam 3 pagi karena udah Subuh. Buka puasa sekitar jam setengah sepuluh lebih. Perut masih penuh akibat buka puasa, sebelum jam tiga kudu sahur lagi. Emaakk~

Terus jadwal Solat Isya sama Solat Shubuh deket banget pula. Kadang gw ampe ga tidur supaya ga kebablasan waktu subuh. Karena, bisa-bisa bangun pas waktu dhuha klo kebablasan haha.

Jadi kadang abis Solat Isya jam setengah dua belas malem, Tahajjud jam 2-an, trs gw paksain melek sampe jam 3. Abis itu baru tidur. So, siklus tidur gw suka berubah. Orang mah udah bangun, gw jam 9 pagi baru bangun haha. Ya itu untung klo gw dapet shift kerja siang, jadinya bisa nyantai2. Klo gw dapet shift pagi masuk jam 6, HAHAHA kalian bayangkanlah sendiri :p
 photo m038.gif  photo m093.gif photo m038.gif

Tapi katanya boleh ada keringanan ngelaksanain shalat di Musim Panas. Jadi, maghrib-isya boleh di Jama‘, terus kita bisa tidur lebih cepet. So, bangun subuhnya ga kesiangan. Tapi klo temen gw sih, solat tetep di Jama‘, tidur tetep tengah malem, subuh tetep kesiangan, parah bet -,-“ Klo gw emang jarang banget bisa tidur sebelum jam 12 malem. Jadi mau gamau mata di paksain melek atau doa bener2 sama Allah, minta tolong di bangunin subuh haha. Allah adalah alarm yg paling oke J ntah klo di bangunin sama Allah itu langsung mau bangun ga pake males. Klo nyalain alarm hp, cuma di matiin doang terus lanjut tidur lagi wkwk

Karena jadwal solat Musim Panas itu ekstrim banget, apalagi klo harus puasa dengan durasi puasa yg lama, banyak sebagian dari temen-temen gw buat alesan ga puasa. Ya katanya ada keringanan boleh ga puasa karena waktunya ekstrimlah, jadinya ga kuat karena harus kerja sana-sini, so katanya boleh puasa di bulan lain. Eh, gila aja lo dapet info dari mana kayak begitu?? Itu sih, kaliannya aja yg ga kuat iman, pake nyalahin musim segala -,-“ Jaman Rasulullah pas puasa sempet perang segala, kita di sini adem ayem tentrem ga pake perang, masa ga puasa? Ah, situ aje yg males kali yaa..terlalu banyak alesan haha

Klo diniatin karena Allah, pasti kuat. Gue ga pernah denger ada orang meninggal karena lagi puasa. So, kalian yg pada banyak alesan, AYO DI NIATIN PUASA KARENA ALLAH! Bulan depan udah masuk Ramadhan loohh. Beberapa minggu lagi, puasa nih kita. Ayo, mumpung masih ada waktu sekarang di latih dulu puasanya. Coba, puasa senin-kamis sambil kerja atau kuliah. Jadinya, pas datang Ramadhan udah siap :)Gw juga latian kok dr sekarang. Mencoba merasakan, puasa sambil kerja :D Biar nanti pas puasa bulan depan, badan gw sudah terbiasa hehe SEMANGAT!! :)
 photo m019.gif photo m019.gif photo m019.gif

Terus ya, karena gw cwe. Pastinya, pas Ramadhan ada bolongnya karena haid kan…Paling asik, ngeganti puasa itu pas WINTER wkwk. Coba liat deh, Shubuhnya jam setengah tujuh pagi, terus setengah lima sore udah buka puasa. BUAHAHAHHA. Gila cepet banget :p Ga kerasa lagi puasa juga hehe #peace

Ade gw pernah nazar, dia bakalan puasa sebulan penuh klo keterima Studienkolleg di TU Berlin. Eh, Alhamdulillahnya keterima. Terus dia beneran puasa ngelaksanain nazarnya. Tebak puasanya kapan? Ya, pas winterlah HAHAHA

Btw, inget puasa jadi kangen puasa di rumah. Sedih bener, ga kerasa suasana puasanya nih T,T. Pengen ngerasain lagi, bangun pagi-pagi saur bareng sama keluarga di rumah, nonton acara saur di TV, gedor-gedor pintu kamar ade gw yg ga bangun2, ngeliatin ade gw yg paling bungsu saur sambil matanya merem haha. Buka puasa dengan hidangan berbuka puasa kayak es buah, kolak, dsb. Buka puasa bareng2 temeeenn. AAAAA, kangeeennn~
 photo 53.gif photo 53.gif photo 53.gif
Tapi Insya Allah, Bulan Agustus gw bisa pulang dan ngerasain beberapa hari puasa di rumah. Oh YEAH! Alhamdulillah. Ade gw juga ternyata Insya Allah bisa pulang. Akhirnya, bisa kumpul-kumpul bareng lagi setelah sekian lama puasa terpisah J

“Ya Allah, tolong izinkan kami (sy dan adik sy) pulang dan sampai dengan selamat di Indonesia ya Allah. Kami ingin kumpul dengan keluarga kami, puasa bareng, lebarang bareng, menghabiskan waktu bersama-sama bersama keluarga kami tercinta. Tolong, jangan jadikan kami bang toyib yang tiga kali lebaran ga pulang-pulang hehe Aamiin J

SAY NO, BUAT BANG TOYIB! HAHAHA
 photo m141.gif photo m141.gif photo m141.gif

4 comments:

  1. kaka dhira, aku boleh minta ijin naro link postingan kaka yang ini engga? mau aku taro di postingan aku, makasih dan maaf sebelumnya kaka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. No problemo. Asalkan di kasih sumbernya yg jelas yaa :)

      Delete
    2. Amin buat doanya mba Dhira.. Semangaattt.. Chayooo.. Ganbatteee.. Fightinggg puasanya \(^o^)/

      Delete
    3. Minta infonya ya kak untuk novel aku. Tertarik? Silakan mampir ke http://www.storial.co/book/alegori
      Makasih... :)

      Delete