Monday, 17 June 2013

Mereka yang Peduli

“Mereka itu memang punya kekurangan secara fisik, tapi mereka itu baik hatinya…“

Ya, itulah mereka. Anak-anak spesial need di tempat gw kerja. Mereka tahu, mereka itu punya kekurangan, tapi mereka selalu tulus menolong orang lain, kalau punya sesuatu yg baru mereka berbagi, ga lupa sama temen-temennya, mengalah dan mau mementingkan kepentingan orang lain dan masih banyak lagi yg lainnya.

Contoh gilanya adalah waktu gw nemenin Sebi jalan-jalan berdua ke tengah kota. Jadi kita berdua mau nyebrang jalan ceritanya. Klo di Jerman, klo mau nyebrang di lampu merahnya ada tombol gt buat di pencet. Jadi ntar lampu merahnya nyala yg buat mobil-mobil pd berhenti, terus lampu pejalan kaki hijau.

Nah, pas kita nyebrang dr arah berlawanan ada kakek-kakek nyebrang. Berhubung udah tua kan ya, jalannya lambat banget. Padahal lampu pejalan kaki itu hijaunya ga lama alias bentar lagi warnanya merah dan lampu buat para mobil bentar lagi berubah warna jadi hijau. Gw yg jalannya emang suka ga sadar kecepetan, udah nyampe di seberang duluan. Sebi yg pake kursi roda mesin, harusnya udah nyampe juga. Tapi ni bocah ga nyampe-nyampe, akhirnya gw nengok ke belakang. Taunya dia ga ngejalanin kursi rodanya dan diem di tengah-tengah jalan. Gw kann khawatir ya, lampu buat mobil udah hijau, takutnya dia di tabrak atau ngelanggar peraturan lalu lintas gt. Gw panggil-panggil dia aja dr sebrang. Sebi muter arah kursi rodanya ke kakek-kakek yg lg nyebrang sambil merhatiin si kakek-kakek itu. Selama Sebi di tengah-tengah jalan ga ada satupun mobil yg berani lewat dan ga ada yg jalan juga mobilnya. Pas si kakek-kakek itu udah sampe dengan selamat di tengah jalan, baru Sebi jalanin kursi rodanya ke arah gw.

Gw : “Eh kamu ngapain diem di tengah jalan gt? Bahaya tau lampu pejalan kaki udah merah gt.“  
Sebi : “Aku sengaja diem di tengah jalan biar mobil ga ada yg lewat. Soalnya kasian itu kakek-kakek nyebrangnya lama banget. Klo aku ga diem di tengah jalan, nanti ada mobil yg lewat sedangkan kakek itu belum nyampe sebrang. Nanti klo kakek itu di tabrak mobil gimana? Jadi aku sengaja berhenti di tengah jalan biar ga ada mobil yg lewat sampe kakek-kakek itu nyampe sebrang…“
Gw : “Terus klo kamu yg di tabrak gimana?“
Sebi : “Nggak akan, buktinya ga ada mobil yg berani lewat pas aku td diem di tengah jalan hehe“
Gw : *tarik nafas panjang* Speechless

Gw hampir jantungan mas bro tadi. Takut di tabrak aja dianya. Tapi klo denger alesannya Sebi kayak gt, gw jadi ga tau harus ngomong apa -,-“
 photo m095.gif photo m095.gif photo m095.gif
****
Sarah minta di temenin ke mini market buat beli cemilan. Abis beli cemilan, dia pengen jalan-jalan sebentar sama gw di taman mumpung cuaca cerah. Jadi gw sambil duduk menikmati angin yg sejuk, tangan gw sambil nyuapin Sarah makan chips. Soalnya dia susah klo di suruh makan sendiri. Kadang-kadang tangannya kaku gt. Sarah itu termasuk penderita Celebral Parese atau Celebral Palsy.

Terus lg asik nyuapin dia, tiba-tiba dia ngomong dengan bahasa terbata-bata gt :

Sarah : “Nadh-i-ra, du k auch ess..n“
Gw : *ga ngerti* “Wie bitte?“Apa? Noch mal, Sarah. Coba ulang, Sarah. Ich verstehe kein Wort. Aku ga ngerti km td ngomong apa
Sarah : “Du ka-nn-sst au-ch ess-en“ Kamu-juga-boleh-makan-chips-aku. *sambil nunjuk2 chipsnya*
Gw : “Echt? Darf ich?“ Beneran nih, boleh ikutan makan juga?
Sarah : *ngangguk2 senang* “Zu..sa...mm..en….“ Ba…re…ng-ba...re…ng…
Akhirnya kita makan bersama, sambil menikmati indahnya cuaca sore ini J
****
Lagi milihin baju yg mau di pake Darrel

Gw : “Ini celana ga kekecilan apa di kamu?“
Darrel : “Iya bener, udah ga muat lagi”
Gw : “Mau di kemanain? Di buang?”
Darrel : “Jangaaan. Kasih ke Alessandro aja. Badan dia kan lebih kecil dari aku. Kasian dia, baju yg di pake itu-itu mulu..”
Gw : “Wow, okay. Kapan mau di kasihnya?”
Darrel : “Sini, taro di sini aja. Aku kasih sekarang, pasti dia seneng banget.. ALESSANNDROO!! *teriak2*” *gw taro di meja kursi rodanya. Kursi rodanya dy ada mejanya :D*
Gw ngikutin arah perginya Darrel.
Darrel : “Kamu butuh celana ga? Aku punya. Celanaku kekecilan di aku udah ga muat lg. Mau ga?”
Alessandro : “WHUAAAHH!! Seriusaann?? Mana-manaaaa” *teriak2*
Darrel : “Ini di sini” *sambil nunjukin pake matanya, celananya ada di atas meja kursi rodanya* “Nadhira bisa tolong ambilin terus tunjukin ke Alessandro ga?” *soalnya, tangannya Darrel udah susah ngangkat2 benda, jd dy minta tolong gw*
Gw : “Nih..” *sambil ngebentangin itu celana* “Suka ga?hehe”
Alessandro : “Iya iya iyaaa..SUKAAA!! Makasih Darreeell. IHIIYY. Nadhira, bisa tolong simpenin di lemari aku gaaa??”
Gw : *ngangguk2* “Kein Problem” No Problem.
 photo m087.gif photo m087.gif photo m087.gif

****
Alessandro : “Nadhira, bisa tolong temenin aku ke lidl ga?” *lidl itu nama salah satu mini market*
Gw : “Mau beli apa kamu emangnya?”
Alessandro : “COKLAAATT hehe sama mainan klo duit aku cukup”
Gw : “Okaay”
*Akhirnya kita pergi bareng, di sana dia milih2 coklat yg mau di beli. Terus dia beli banyak*
Gw : “Banyak amat? Abis gt?”
Alessandro : “hehehe” *Cuma nyengir doang*
Gw angkat bahu, duit dia ini..
*nyampe asrama*
Gw langsung cabut ke kamarnya Sebi, soalnya dia minta tolong gw sesuatu. Tiba-tiba pintu kamarnya di ketok dr luar.
Sebi : “Siapaaa??”
Si Pengetok : “Alessandrooo”
Sebi : “Mau ngapain? Nadhira, bisa tolong bukain pintunya?”
Gw : “Okay” *gw buka*
Alessandro nyengir sambil bawa satu kardus coklat di atas meja kursi rodanya.
Alessandro : “Sebi, tadi aku baru dari lidl sama Nadhira, terus aku beli coklat. Ini buat kamu, aku kasih”
Gw : “Wuiih. Sekardus, mas bro?”
Sebi : “WHHHHOOOAAHH, beneran buat aku satu kardus itu? Kamu baik banget, sih? Makasiihh”
Alessandro : “Sama-samaaaa” *terus ngacir sambil ketawa-ketawa*
Gw : *cuma geleng2 kepala* “Itu bocah palanya abis kejedot, yak? Tumben manis banget hari ini?haha” *Alessandro itu salah satu biang ribut kayak Darrel*
Sebi : “BUAHAHA, denke ich auch” BUAHAHA, aku juga mikirnya gt. “Tapi bodo amat ah, yg jelas aku dapet coklat banyak wkwk” *sambil ketawa ngikik*

****
Hari ini gw kebagian tugas mandiin Lisa. Karena sebelumnya gw yg bawa Alessandro ke tempat tidur dan dia itu hari ini lagi rese, teriak-teriak sana sini, gw jd butuh waktu lama buat ngediemin dia, sama bener2 nyiapin dia tidur dengan baik dan benar. Jadi gw dateng ke Lisa buat mandiin dy rada telat.

Lisa : “W..i..e an..e ast du eu..te?”
Gw : “rrrr..was? Vertehe ich nicht, Lisa” rrr..apa? Aku nggak ngerti, Lisa. “Ganz ruhig und langsam…” Coba tenang. Terus ngomongnya pelan-pelan.
Lisa : “Wi..e lang..e ha..st..du..heu…te? (Wie lange hast du heute?)” Hari ini kamu kerja sampe jam berapa?
Gw : “Sampe jam 9. Kenapa gt”
Lisa : *liat jam* “O-H..Ti-daa-kk”
Gw : “Kenapa kamu?”
Lisa : “K-lo ka..mu ma..ndi..in a..ku, na..nti ka..mu te…la..t pu..la..ng…nya. be..n..tar.. la..gi.. ja..m sem…bi..laa..nn”
Gw : “Gpp kali, paling juga telat setengah jam pulangnya. No Probleeem hehe”
*terus gw bawa dia ke kamar mandi pake lifter*

Di kamar, mandi :
Lisa : “Ent..schul…di…gung (Entschuldigung)” Maaf.
Gw : “Kenapa kok minta maaf?”
Lisa : “Ga-ra..ga-ra a-ku.. ka-mu…ha..ri i..ni te..lat pu..la..ng”
Gw : “Eh gapapaa. Kan td aku udah bilaangg. Ini bukan salah km kok. Tenang ajaa”
Lisa : “Ka..mu ha..ru..s..nya pu..la..ng te…pat wa..k..tu”
Gw : “Ah, kali2 pulang telat juga gpp. Toh tempat tinggalku kan tinggal jalan kaki. Santai aja, madame hehe”
*terus gw dan dia selama di kamar mandi, ngegosip* Walaupun dengan bhs Lisa yg terbata2.

NB : Lisa juga Celebral Parese atau Cerebral Palsy kayak Sarah. Cuma levelnya agak beda dikit J Lisa klo ngomong lebih ga jelas di bandingkan Sarah :D

Nah, mereka aja yg serba kekurangan peduli sama orang lain. Bagaimana dengan kalian? J
 photo m190.gif photo m190.gif photo m190.gif

5 comments:

  1. wah, hebat. kalau mau semua orang suka berbagi seperti mereka, harusnya kita mulai membenahi diri dari diri sendiri ya..:D

    ReplyDelete
  2. Sssuiiip!!
    Keren Abiiis!!!!

    ReplyDelete
  3. keren kak ceritanya:) wahh.. dapat ilmu baru nie aku
    makasih^^

    ReplyDelete
  4. Makasih mba Dhira.. Critanya sgt inspiratif.. Jd malu sm mereka.. Klo mereka yg secara fisik kekurangan aja bisa peduli, smoga kita semua yg diberi anugrah kelebihan scara fisik dibanding mereka bisa lebih peduli..

    ReplyDelete
  5. Ceritanya sangat inspiratif, saya suka

    ReplyDelete