Friday, 23 June 2017

Penang, I'm COMIINGG!

Jadi, pengalaman Bulan Ramadhan tahun ini, gue dan empat temen gue sesama penulis memutuskan untuk backpackeran ke Kuala Lumpur selama beberapa hari dengan tujuan pengen ngerasain puasa di sana. Niat awalnya yang cuma penasaran sama negara tetangga ini, malah berhasil menimbulkan kesan yang mendalam di hati gue setelah balik lagi ke Indonesia. Ternyata oh ternyata! Malaysia itu lebih indah dari yang gue dan temen-temen gue bayangkan, permirsaa! haha

So, ga puas rasanya, cuma muter-muter selama beberapa hari di Kuala Lumpur. Gue jadi kepikiran pengen jalan-jalan ke Malaysia lagi, doong. Kali ini, rencananya pengen banget travelling bareng keluarga. Tapi berhubung gue udah pernah muter-muter di ibukota Malaysia, gue jadi pengen ajak keluarga gue ke sisi lain daerah wisata Malaysia lainnya. Daann, ntah kenapa yang muncul di kepala gue justru ke Penang!

So, di mana sebenarnya Penang itu?

Penang itu sebenarnya adalah negara bagian lain dari Malaysia yang ternyata menjelma menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi di Malaysia, looh! Keindahan Penang ga perlu diragukan lagi katanya. Kekayaan budaya, wisata kuliner, pantai, dan yang paling disenangi pastinyaidaman setiap wanitaa, yaitu wisata belanja-belanjinyaa. Sehingga menjadikan Penang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Wow!

Penang sendiri terdiri dari dua pulau. Dua pulau tersebut adalah Pulau Pinang dan Pulau Seberang Perai. Jadi secara geografis, Penang ini terletak di sebelah barat lautnya Malaysia, kawan.

Nah, dari hasil gue searching sana-sini tempat wisatanya, akhirnya gue nemu spot-spot penting di Penang yang di rekomendasikan oleh Traveloka untuk gue jadikan bahan pertimbangan. Gue bener-bener harus segera menemukan objek wisata yang oke, karena rencananya memang habis lebaran gue pengen jalan-jalan sama nyokap dan ade gue ke sanaa. Yippee!
Bagi temen-temen yang punya rencana travelling ke Penang kayak gue, mungkin  tempat wisata penang rekomendasi Traveloka ini, bisa menjadi destinasi jalan-jalan kita!

Objek wisatanya, apa aja? Let’s check it out, guys!

1.    Penang Hill


Konon katanya, tempat ini adalah objek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia kayak kita-kita ini, looh. Penang Hill merupakan kawasan perbukitan yang untuk bisa sampai kesana, kita harus menaiki Penang Hill Railway dengan harga tiket sekitar 30 Ringgit. Selama perjalanan menuju puncak, kita katanya bakalan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indah selama perjalanan. Dan setelah sampai di puncak dengan ketinggian 830 meter di atas permukaan laut, kita bisa lihat pemandangan laut dan George Town dengan sempurnaaa! Woow, perfect!

2.    Kuil Tow Boo Kong Butterworth

Bagi kalian yang tertarik dengan budaya Chinese, kalian bisa mampir ke bangunan megah ini. Suasana di sini sangat kental dengan budaya Chinese dan juga merupakan Landmark dari Kota Butterworth yang ada di Penang. So, buat temen-temen yang suka foto-foto di tempat ketjeehh, mungkin kuil ini adalah solusi yang tepaat!

3.    Penang Bridge


So, here is another epic place in Penang! Penang Bridge namanya. Katanya, ini adalah salah satu jembatan terpanjang di duniaaa. Panjangnya lebih dari 13,5 km! Jembatan ini memiliki peran penting dalam menghubungkan Seberang Prai di Malaysia dengan Bayan Lepas di Penang. Penang Bridge ternyata dibuka untuk umum sejak tahun 1985, guys! Widiih, udah lama juga ya usia jembatannya!
Jembatan ini juga ternyata menjadi ikon tersendiri untuk negara Malaysia. Gak hanya sekadar jembatan, Penang Bridge juga sangat berkontribusi dalam perkembangan ekonomi, sosial dan budaya di Malaysia. Jadi, untuk melewati jembatan ini kita diharuskan membayar sebesar 5,6 ringgit untuk sekali jalan.

4.    Penang Peranakan Mansion

Letaknya ternyata di George Town. Tempat ini merupakan museum peninggalan sejarah dan budaya. Sejarah mengatakan bahwa rumah ini dahulunya adalah tempat tinggal seorang kaya raya keturunan China yang menyukai barang-barang bernilai tinggi macam perhiasan, furniture, artefak dan barang antik lainnya. Di sini kamu bisa melihat barang-barang tua namun bernilai tinggi. Whoops, harus ekstra hati-hati untuk ga senggol barangnya nampaknyaa haha.
Katanya, untuk masuk ke mansion ini kamu harus membayar sekitar 20 Ringgit. Yeay!

5.     Street Art di Geroge Town

Ternyata George Town punya banyak tempat wisata, yaa. Street Art itu menurut Traveloka katanya Instagram-able bangeet. Karena di sini, penuh banget sama lukisan-lukisan jalanan yang unik-unik bangeet. Kamera gue harus standby nih dan batrenya kudu penuh. Klo ngga,  bisa nyesel seumur hiduup gagal foto-foto :(

6.    Vihara Kek Lok Si

Mayoritas agama penduduk Malaysia itu ga jauh beda sama Indonesia, mayoritas muslim. Sayangnya, di Penang jumlah penduduk muslimnya cuma sedikit katanya, ga sebanyak di Kuala Lumpur. Jadi, jangan heran kalau di Pulau Penang ini banyak bangunan bersejarah yang asalnya dari agama lain. Salah satunya yaaa, vihara inii.

Vihara ini juga dikenal sebagai Temple of Supreme Bliss atau Kuil Kebahagiaan Agung. Vihara ini merupakan salah satu kuil terbesar di Asia. Selain itu, keindahan arsitektur kuil ini juga mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung, looh.

7.     Penang Toys Museum


Parraahh! Ini museum pasti lucu bangeet! Katanya, museum ini termasuk unik karena isinya  mainan dari seluruh dunia. OH MY GOD!
Letaknya di Jalan Tanjung Bungah dengan harga tiket masuk sebesar 30 Ringgit. Kalau ke museum ini udah pasti gue bakalan bernostalgia dengan masa kecil gue, niih. Udah gitu di sini juga ada banyak action figure dari tokoh-tokoh kartun dari super hero sampe kisah Harry Potter juga adaa. Oh-Em-Jii!! Surga dunia itu memang ada, kawan! Ga sabar pengen ke siniii.

Nah, nah…
Kan…kaann…

Jadi bingung mau kemanaa. Mamiii, ayo segera kita putuskan mau melipir kemana, niih! I’m soo, exiteedd!
Bagi temen-temen yang juga tertarik liburan ke Penang kayak gue dan keluarga guee…
Yuk, segera langsung beli tiket maskapai kesayangan kalian di Traveloka, yaaa!
Ga sabar nunggu abis lebaraan. Pengen cepet-cepet liburan ke Penang! Aaaa 

2 comments:

  1. Bakal jdi melancong sesi 2 nih ya, Dhir.
    Ikutan mupeng.

    ReplyDelete
  2. Malaysia memang indah mba ternyata dan obyek wisatanya ga jauh dr tempat berhentinya krl gituu, jd pengen ke sana lagii��

    ReplyDelete