Untuk Sahabat gw Tersayang, Echa.. :)

June 15, 2013

Seru-seruan yuk barengan sama @echabachreisy dan @GestraJulio di #TOILET sampe jam 9. Only on KISI 93.4 FM, Bogor's number one hits music station! line streaming www.kisifm.com

Gw buka home Facebook. Status itulah yg gw baca. Gw tersentak, memandang status itu lama. Itu status sahabat gw, echa. Mata gw berkaca-kaca. Ya Allah, gimana kabarnya dia?

Udah hampir satu setengah tahun gw di Jerman, gw sadar gw jarang banget kontak2an sama Echa. Terakhir kabar yg gw denger dari dia adalah dia ikutan audisi penyiar di Kisi FM. Kabar itu juga gw dapet setelah gw susah payah kontak dia berbulan-bulan yang lalu. Susah banget pokoknya ngehubungin dia. Facebook, Twitter, Whatsapp, Line, bahkan skype jarang banget dia online di sana. Katanya, takut ketagihan kalo dia sering2 aktif di media social. Sementara banyak kerjaan yang harus dia kerjain. Akhirnya, jalan satu-satunya gw nge-email dia. Itu juga di jawabnya lama.

Statusnya dia tanggal 1 Juni dan gw bacanya baru beberapa jam setelahnya. Karena pas dia tulis status itu, di Jerman udah pagi buta. Jadi, gw lagi tidur. Bangun-bangun, acara radionya udah selesai. Karena perbedaan waktu 5 jam antara Indo sama Jerman. Indo lebih cepet.

Gw ngumpat dalam hati, “Sialan. Kenapa gw baru baca statusnya sekarang. Argghh!!“ Gw langsung buka webnya Kisi FM, kali aja gw nemu tulisan yang ngasih info kapan lagi sahabat gue ini siaran. Tapi gw ga nemu. Kalau memang jadwal dia tetap, berarti sabtu depan dia siaran lagi di jam yang sama. Tapi sialnya, minggu depan itu gw ga ada jadwal libur weekend. Yang artinya gw harus kerja. Pulang kerja, langsung belajar persiapan ujian Bahasa Jerman sama temen gw yang jauh2 dateng dari kota sebelah Cuma buat ngajarin gw doang. Jadi gw ga bisa dengerin lagi. Gw harus nunggu dua minggu lagi, karena libur weekend gw adanya cuma setiap dua minggu sekali. Gw tarik nafas panjang. Sahabat macam apa gw ini? Tau kabar sahabatnya sendiri, belakangan -,-“

Akhirnya hari yang di tunggu pun tiba, gw berharap dia emang beneran ada jadwal siaran minggu ini. Karena gw ga tau harus ngehubungin dia lewat mana, ga ada jalan lain ya lewat twitter sama facebook. Gw bilang aja, : “Chaaa, lo kalo ada jadwal ngisi di kisi, ksh tau gw dong min 7 jam sebelumnya. biar gw bisa denger. Gw pengen dengeerrr J“ Ga berapa lama, ternyata dia pas banget lg OL Twitter. Terus bilang : “bsk sabtu jam 9-11 dir.. tp kadang klo weekend streamingnya suka ga bs. tp coba aja. Senin aja jam 4-6 pm jg.. kangeeennn Karena gw ga mungkin streaming hari senin, soalnya masuk kerja, jadinya ya hari Sabtunya satu-satunya hari buat dengerin dia siaran. Yang artinya, gw harus begadang nungguin dia siaran. Karena kalau dia siaran jam 9, di Jerman jam 4 pagi. Nah, pas banget ternyata tumben-tumbenan nyokap gw pengen webcaman jam 6 pagi waktu Indo. Jadi kan, pas tuh. Jam 00.30 Shalat Tahajjud, Jam 1 paginya webcaman sama mami sekitar dua jam-an, jam 3 paginya Shalat Shubuh, jam empat paginya, dengerin dia siaran di Kisi FM.

Klo boleh jujur, gw itu sama dia beda banget 180°. Bisa di bilang kita saling melengkapi. Hobi dia sama hobi gw itu beda banget. Kadang gw heran, kok dia mau jadi sahabat gw?haha. Dari dulu gw tau kalo dia itu emang pengen banget bisa jadi penyiar. Udah banyak ikutan audisi sana-sini. Gw tau banget gimana dia berjuangnya supaya bisa lolos audisi. Sekarang dia udah bisa lolos audisi di Kisi FM. Gw HARUS denger suaranya. Suara Echa, suara sahabat gw tersayang.

Aslinya, gw itu ga begitu suka dengerin radio. Karena gw selalu ga bisa fokus ngerjain apa2 sambil dengerin radio. Karena gw harus selalu dengerin perkataan penyiarnya kan, jadi kalo gw ngelakuin hal lain atau perhatian gw fokus ngerjain yang lain, gw jadi ga bisa nangkep itu si penyiar ngomong apa. Jadi ketika siaran di mulai, gw cuma duduk diem di depan laptop. Demi Echa, gw rela deh duduk diem ga ngapa-ngapain di depan laptop. Fokus gw cuma satu, dengerin dia siaran haha

Akhirnya, gw denger suaranya. Suaranya Echa. Tiba-tiba aja gw inget kejadian waktu gw udah di bandara mau berangkat ke Jerman. Dia nelpon gw sambil nangis, karena ga bisa nganterin gw ke bandara. Sekarang, satu setengah tahun udah hampir lewat. Gw denger suara dia bukan di telpon lagi, tapi di radio sekarang. Suaranya yang renyah, suaranya yang ceria. Iya, itu suaranya Echa. Suara sahabat gw dari SMP. Dan ntah kenapa, air mata gw turun pas denger suaranya. Gw nangis di pagi buta. Gw kangen banget sama lo, cha…

Di tengah-tengah siarannya, gw denger dia ngebahas dikit tentang gw. Gw ketawa dan kesel juga di saat bersamaan, karena dia bilang gw mirip persis kayak Fatin X-Factor -,-“. Oke yang bilang ga cuma satu orang, tp dasar tu anak malah berkoar-koar di radio HAHA #kaco

Dia bilang, gw di suruh request lagu. Tapi gw ntah kenapa malah pengen dengerin lagu jebotnya si Vitamin C yg Graduation. Soalnya kayak nyeritain tentang kisah gw sama dia haha. Iya emang itu lagu jadul dan gw juga ga minta dia muterin sih. Soalnya sejauh yg gw tau, radio itu biasanya muterin lagu2 HITS gt. Jadi gw cuma iseng aja minta, ga berharap di puter. Eh, taunya sama dia di puterin beneran. Pas denger itu, gw cuma bengong aja. Sambil mikir, “Ni anak apa ga di omelin atasannya ya muter lagu jadul begini?haha“ Tapi tetep gw dengerin :
Vitamin C – Graduation

And so we talked all night about the rest of our lives
Where we're gonna be when we turn 25
I keep thinking times will never change
Keep on thinking things will always be the same
But when we leave this year we won't be coming back
No more hanging out cause we're on a different track
And if you got something that you need to say
You better say it right now cause you don't have another day
Cause we're moving on and we can't slow down
These memories are playing like a film without sound
And I keep thinking of that night in June
I didn't know much of love
But it came too soon
And there was me and you
And then we got real blue
Stay at home talking on the telephone
And we would get so excited and we'd get so scared
Laughing at ourselves thinking life's not fair
And this is how it feels

As we go on
We remember
All the times we
Had together
And as our lives change
Come whatever
We will still be
Friends Forever

So if we get the big jobs
And we make the big money
When we look back now
Will our jokes still be funny?
Will we still remember everything we learned in school?
Still be trying to break every single rule
Will little brainy Bobby be the stockbroker man?
Can Heather find a job that won't interfere with her tan?
I keep, keep thinking that it's not goodbye
Keep on thinking it's a time to fly

And this is how it feels
La, la, la, la:
Yeah, yeah, yeah
La, la, la, la:
We will still be friends forever

Will we think about tomorrow like we think about now?
Can we survive it out there?
Can we make it somehow?
I guess I thought that this would never end
And suddenly it's like we're women and men
Will the past be a shadow that will follow us around?
Will these memories fade when I leave this town
I keep, keep thinking that it's not goodbye
Keep on thinking it's a time to fly

Lirik ini buat gw dalem banget karena, banyak hal yang gw inget di lirik ini :
“I keep thinking times will never change. Keep on thinking things will always be the same. But when we leave this year we won't be coming back. No more hanging out cause we're on a different track..”

Gw kira, beneran kita bakalan sama-sama terus. Sering ketemu, hang out bareng. Tapi ternyata semakin lama, gw semakin sadar kalau memang jalur yg kita berdua tempuh emang bener-bener beda. Dari mulai kuliah gw dulu sempet di Bandung. Makin jauhlah gw sama dia. Jarang ngobrol, jarang ketemu. Dia sibuk sama kuliahnya, gw juga.

Akhirnya, kita berdiri di tengah hutan dengan dua jalan yang berbeda. Tujuan perjalanan kita ga sama. Kita berdua berpelukan erat, menangis, saling mendoakan akan kesuksesan sahabatnya. Memberi semangat agar sama-sama bisa melewati jalanan di hutan rimba yang belum pernah di lalui sebelumnya. Melewati rintangan-rintangan, cobaan berat, duri yang menorehkan luka di hati karena cacian orang lain, di pandang rendah orang banyak, jatuh terperosok lubang yang tak terlihat dan berusaha bangkit kembali. Dua jalan itu sama-sama menawarkan hal yang hampir serupa di tempat dan keadaan yang berbeda.

Gw ngeliat Echa ngambil jalan di sebelah kanan. Jalan impiannya, jalan yang dia inginkan, jalan yang bisa mengantarkan ia menjadi Echa yang lebih baik. Menjadi apa yang dia inginkan. Mengantarkan dia ke tempat lain.

Gw ambil jalan kiri. Jalan gw, jalan impian gw. Jalan yang mengantarkan gw ke sudut dunia yang berbeda, membawa gw terbang jauh ke Jerman. Menghadapi tantangan besar yang  belum pernah gw alami sebelumnya.

Lirik lagu itu terngiang-ngiang di benak gw : ‘Cause we’re on a different track…’

“And if you got something that you need to say. You better say it right now cause you don't have another day. Cause we're moving on and we can't slow down. These memories are playing like a film without sound

Memori gw dan dia berputar-putar di benak gw ketika gw dengerin dia siaran. Gw inget kebiasaan jelek dia yang baru mau cerita ketika gw mau pulang ke rumah. Padahal gw udah sempet nginep di rumahnya, dianya ga cerita-cerita. Pas dia nganterin gw pake mobilnya, dia baru cerita panjang lebar yang berujung tertundanya waktu pulang gw selama beberapa jam ke depan.

Echa yang kurus, kecil tinggal tulang sama kentut, klo ketiup angin kenceng di Jerman, mungkin udah terbang. Anak yg susah gendut walaupun makan berpiring-piring. Echa yang ceria, gampang bergaul sama siapa aja. Anaknya asik di ajak ngobrol, selalu bisa masuk ke lingkungan mana aja.

Memori-memori itu berputar cepat selama gw bertahun-tahun jadi sahabatnya. Dengerin suaranya di radio, rasa kangen gw berkurang, seolah dia lagi siaran di sebelah gw. Echa, I Miss You a Lot! T,T

Pagi ini, yg gw lakuin sesuai lirik yg di puter lo, chaa : ‘Cause we're moving on and we can't slow down. These memories are playing like a film without sound’

 ”Stay at home talking on the telephone. And we would get so excited and we'd get so scared. Laughing at ourselves thinking life's not fair. And this is how it feels”

“Cha, inget ga? Gimana kita suka telpon-telponan lama banget klo ga bisa ketemuan? Kadang malah klo di rumah, gw pake telpon rumah sampe nyokap gw marah-marah gara-gara telpon kelamaan?haha”

“As we go on, we remember. All the times we had together. And as our lives change, come whatever
We will still be : Friends Forever

Hari ini dari pukul 4 pagi sampe 05.40 pagi. Gw semakin sadar betapa gw kangen berat sama sahabat gw yang satu ini. Congratz ya, karena udah lolos audisi masuk KISI FM. Semoga lancar terus semuanya J Maaf banget di dua puluh menit terakhir, gw ketiduran. Jadi gw ga denger apa yang lo bilang T,T Maaf juga, gara2 lo  muter tu lagu, jadi diomelin sama atasan lo ya gr2 muter lagu jadul haha #peace. Pokoknya, SUKSES TERUS BUAT LO, CHAA!! :D *hugs2*

Hannover, 15 Juni 2013
Di tulis oleh Nadhira Arini untuk Sahabatnya nan jauh di Indonesia : Essenza Quranique Bachreisy

Gue bangga punya sahabat kayak lo, Cha! J

You Might Also Like

3 comments

  1. Vitamin C - Graduation. Salah satu lagu favorit akuuu. Dan momentnya lagi pas banget nih. Kelulusan SMK. Pisah sama sahabat :'( huwaaaaaaaaaaaa sedih :(((

    ReplyDelete
  2. Baca ini, ga sadar keluar air mata krn ingetin aku dengan sahabtku. Kita sudah mengambil jalan masing-masing untuk melanjutkan masa depan. Tulisan kamu bagus dir, ga sabar mau baca buku kamu kalo udah keluar :D

    ReplyDelete
  3. duh ka, ciri-ciri Echanya ngena bgt ke aku. that's same like me muahaha :33
    ``Echa yang kurus, kecil tinggal tulang sama kentut, klo ketiup angin kenceng di Jerman, mungkin udah terbang. Anak yg susah gendut walaupun makan berpiring-piring. Echa yang ceria, gampang bergaul sama siapa aja. Anaknya asik di ajak ngobrol, selalu bisa masuk ke lingkungan mana aja.``

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Follow me on IG : @nadhiraarini