Saturday, 20 July 2013

Ramadhan Kedua :D

Ramadhan kali ini adalah Ramadhan kedua yang gw rasain di negeri orang. Sama2 di laksanainnya di Musim Panas. Sama2 panas, sama2 lama, tapi rasanya beda. Klo taun lalu mungkin gw ngerasa lebih berat karena gw tinggal di rumah keluarga asuh yang agamanya Islam, tapi mereka ga ikutan puasa. Jadi perasaan gw puasa taun lalu itu sedih aja. Semuanya sendiri, sahur sendiri, buka puasa sendiri, ga ada orang Indo yang bisa di kunjungkin, ga ada buka puasa bareng. Ade2 asuh gw, gw pegang hampir 100% selama Musim Panas, karena orang tua asuh gw sibuk banget. Malah yang bungsu tidur hampir tiap hari di kamar gw haha. Sedih deh pokoknya taun lalu itu. Seneng2nya cuma pas mendekati lebaran karena gw ketemu ade gw di Berlin beserta orang Indo lainnya. Jadi sedihnya terobati laaahh hehe.
 photo 81.gif photo 81.gif photo 81.gif
Tapi taun ini beda. Gw lebih seneng puasa taun ini. Walaupun sebenernya, kerjaan gw lebih berat dari taun lalu, tapi gw bener2 enjoy banget puasa. Awalnya, gw sempet takut ga kuat karena kerjaan gw bener2 nguras tenaga banget. Terus gw doa sama Allah, semoga di beri kekuatan. Gw pengen nunjukkin ke orang-orang di tempat kerja gw. Walaupun gw puasa, gw tetep bisa bekerja dengan baik kok. Gw bener2 berdoa semoga ga pingsan, soalnya gw bener2 gamau mereka nganggap Islam itu agama yang menyiksa. Soalnya, mereka bolak balik bilang klo orang itu ga akan bisa bertahan tanpa makan dan minum seharian. Nah, gw mau nunjukkin ke mereka klo gw baik2 aja tanpa makan dan minum. Makannya gw bener2 minta di kuatin sama Allah.
 photo m204.gif photo m204.gif photo m204.gif
Allah emang baik banget. Selama ini gw kira, kerjaan tambah berat pas Musim Panas. Eh, taunya anak-anak special need di tempat kerja gw sebagian besar pada pulang liburan ke rumah masing-masing. Terus ada tiga orang yang pindah ga tinggal di tempat kerja gw lagi. Selama seminggu ini, gw bener2 cuma ngurus dua anak dan itu bener2 kayak ga ngapa2in. Nyantai abiisss. Jadi tenaga gw ga banyak terkuras. Malah banyak bengongnya karena anak yang di urus cuma dua biji haha. Emang ya, rencana Allah top markotop banget deh.. :D
 photo 07.gif photo 07.gif photo 07.gif
Terus juga,selama puasa, orang-orang Indo di Hanno udah ngatur setiap minggu ada buka puasa bareng. Beda2 tempat. Minggu pertama di rumah ibu A, minggu kedua di rumah bapak B dan begitu terus sampe minggu ke empat. Ini acara bukbernya pengobat rasa sedih banget deh. Pokoknya setiap dateng bukber, seneng banget gue. Selain bisa makan2 enak dan pulang ngerampok bekel (hehe), kumpul2nya itu loh yang asik. Ngobrol sana sini, cerita ABCDE, kenalan sama banyak orang Indo yang di Hanno, dsb. Jadi menikmati banget gw puasanya. Malah gw ngerasa waktu cepat berlalu banget, tau2 udah buka aja. Yang kerennya lagi, Allah itu buat cuaca di Hannover jadi adem. Ga panas terik banget. Anginnya semilir sempoi2, sejuk banget pokoknya. Subhanallah banget yaa, berkah Ramadhan :D
 photo m121.gif photo m121.gif photo m121.gif
Anak2 special need di tempat kerja gw juga menghormati gw banget. Ampe minta maaf ke gw coba, karena makan di depan gw. Aslinya, sih gw udah biasa. Ga tergoda buat makan juga. Tapi seneng aja, mereka ngehormatin gw. Malah Sebi pengen ikutan gw ke acara bukber anak2 Hanno. Walaupun dia bukan orang Islam, tapi dia bener2 pengen tau acara buka bareng orang2 Indo itu kayak apa. Ampe gw bilang, “Ntar kamu bosen loh, kita semua kan ngomongnya pake Bahasa Indonesia…” Tapi dia tetep ngotot pengen ikut. Cuma sampe sekarang belom kesampaian. Soalnya, buka puasanya di rumah yang ada di lantai tiga, lantai dua. Terus ga ada lift. Jadi Sebi ga bisa naik karena diakan pake kursi roda. Mungkin kalo kita buka puasanya minjem tempat di universitas dan ruangannya memungkinkan untuk di jangkau pakai kursi roda, baru Sebi gw ajak. Aduuhh, tu anak so sweet banget yaa.. Gw sayang banget sama dia xDDDD.
 photo m015.gif photo m015.gif photo m015.gif
Berhubung gw itu anak rumahan banget ya. Gw ga pernah pulang malem selama gw tinggal di sini. Pertama kali gw pulang malem banget itu ya, pas buka puasa bareng. Soalnya kan, Maghrib sekitar jam 21.45-an. Acara selesai kadang jam 23.00. Gw biasanya orang terakhir yang pulang karena bantuin beres2. Kasian tuan rumahnya. Di sini kan, nyewa pembantu muahaaalle rek. Jadi biasanya gw baru pulang jam 23.30 malem haha.
 photo m021.gif photo m021.gif photo m021.gif
Tapi tenang aja, selama pulang malem gw ga pernah pulang sendirian. Jadi gw bareng temen-temen gw yg cwo2. Maklumlah, Hannover itu rata2 kebanyakan mahasiswa cwo2, cwenya dikit. Sekalinya ada, biasanya udah pada nikah muda, jadi pulang bareng suaminya. Lah gue? HAHAHA. Jadi deh, gw ikutan bareng pulang naik kereta sama para cwo2 yang rumahnya searah rumah gw. Ya ga di anterin sampe depan rumah sih, karena mereka pada turun duluan. Kasian juga klo nganterin gw ampe depan pintu. Tapi setidaknya, sampe kereta bisa barengan. Lumayan kan, ada bodyguard wkwk.
 photo m036.gif photo m036.gif photo m036.gif

Jadi selama di perjalanan, mereka bener2 jagain klo ada orang mabok lewat. Sumpah, baru kali ini gw liat kehidupan malam Hannover. Horor banget deh, klo udah berurusan sama orang mabok itu. Kereta itu ya, lebih berisik pas malem2 ketimbang pagi atau siang. Klo tengah malem, mereka pada teriak2 gt di kereta. Maklumlah sebagian besar udah pada mabok, terus muka merah padam. Ada yg jalannya sempoyongan gt hampir jatoh ke lantai kereta. Untung ga ampe jatoh niban orang -,-“ Biasanya klo ada pemabok tipe kayak gini, temen2 gw yg cwo udah siap siaga aja bawa gw menjauh.
 photo m033.gif photo m033.gif photo m033.gif
Tempat disko yang paling banyak emang katanya di daerah gw. Jadi beberapa stasiun setelah gw turun itu, bersarang banyak diskotik. Makanya, kereta yang gw dan temen2 gw selalu naikin ini, penuh sama para pemuda-pemudi yang udah siap mau clubbing. Yang gilanya kemaren, masa mereka ampe loncat2 di kereta gitu. Ajegile, lo kata ni kereta trampolin apa? Sableng bener -,-“ Gw ampe bilang ke temen gw gini, “Itu grombolan itu ga turun di stasiun gw kan ya? Horor amat klo iyaaa..tidaakkss” Gw baru sadar, pantesan para ibu2 Indo suka ngingetin gw ati2 sama orang mabok. Mereka itu pada serem. Gw yg emang dasarnya cuek dan ga pernah pulang malem banget gt ya awalnya ga ambil pusing. Pas mau pulang pasti di tanyain sama ibu2, “Dhira pulang sama siapaaa?? Jangan sendirian. Banyak orang mabok. Bahaya. Bareng siapa kek gitu. Atau nginep aja deh sini sampe besok pagi..” Yah, gw sih mau2 aja nginep. Tapikan besoknya gw kerja pagi banget hehe. Jadi klo gw  belom nemu orang yang bisa diajak pulang bareng, pasti itu ibu2 heboh. Nyuruh gw nyari2 orang yg bisa di ajak pulang bareng2. Tapi Alhamdulillahnya, para cwo2 itu tempat tinggalnya searah sama tempat gw tinggal. Walaupun mereka turun duluan, tp tetep aja selama perjalanan ada yg jagain.

Klo mau jujur sih, gw deg2 sernya pas mereka udah pada turun. Gw kan sendirian di kereta dengan para pemabok gila. Udah gitu, turun kereta gw harus jalan kaki dulu kira2 15 menitan. Lewatin samping hutan sebelom masuk komplek perumahan. Horor aslinya mah, makanya turun kereta selalu bolak balik nengok ke belakang. Abis, klo lewat jalur lain busnya udah ga adaa. Jadi terpaksa harus lewat jalur belakang. Pokoknya cuma Allahlah pelindung gw, komat kamit doa terus minta di lindungin. Hiyy, orang-orang mabok di sini parah2 euy. Ga yang tua, ga yang muda, sama aja -,-“
 photo m071.gif photo m071.gif photo m071.gif
Terus ya, gw itu bulan ini lagi ga punya duit total haha. Jadi pas acara bukber ga nyumbang apa2. Malah itu jadi ajang gw ngerampok makanan saking gw ga ada makanan kadang buat sahur sama buka wkwk. Sebelom pulang, makanan yang masih sisa di bekelin. Lumayan bisa buat persediaan tiga hari kedepan haha sengsara banget yak gue LOL.
 photo 34.gif photo 34.gif photo 34.gif
Yang kocaknya, pas janjian sama temen2 gw yg cwo mau berangkat bukber, tiba2 salah satu dari mereka nge whatsapp. Bilang klo berangkatnya rada telat, jadi janjiannya diundur sekitar 45 menit. Soalnya dia belom mandi. Tadinya gw udah mau nyerocos ngomel2 tuh. Susah deh emang janjian sama cwo. Suka ngaret. Eh taunya, gw ga jadi ngomel gara2 dia bilang, klo dr tadi itu dia lagi masak pisang goreng buat nyumbang makanan di acara bukber. BAH, gw langsung bengong. Di saat tas gw isinya tempat makanan kosong buat ngerampok makanan ntar, eh dia yang cwo aja nyumbang makanan. Masak sendiri pulaaa. Udah gt pas udah buka, gw cobain enak banget pisang gorengnya. Jadi kayak pisang coklat gt. Di bungkus kulit lumpia deh kayaknya. Dia buatnya rapi banget,ga kayak cwo yang buat HAHA gila deh. Sempet malu juga sebenernya. Tapi apa daya, gw lagi ga punya duit bener2 bro. Klo ada sih, gw nyumbang makanan juga kali. Maaf ya, maaf yaa HAHAHA
 photo 27.gif photo 27.gif photo 27.gif
Intinya, puasa tahun ini Subhanallah indah banget. Gw malah sedih, kok kayaknya cepet berlalu banget puasanya. Ga kerasa udah sebelah hari ajaa T,T Ramadhan jangan cepet berakhir doonggg!! Hiks.
 photo m003.gif photo m003.gif photo m003.gif

Oke deh, ini ceritaku. Bagaimana dengan ceritamu? xDDD
 photo m155.gif photo m129.gif photo m137.gif

4 comments:

  1. hmm..ceritaku gak jauh beda dngmu. Ketika di jerman thn 99 (kota Dresden)sempet juga ikutan buka puasa bersama dosen2 yg sekolah s3, tapi untungnya puasa di musim winter jd jam 4 sore dah buka yeeaahhhhh...pengalaman pulang malam sempet juga ketika musim panas, ya itu banyak anak2 ABG yg bawa2 pilox curat2 S-Bahn serem juga. Agak2 takut juga sih kalo pulang malam, tp teman2 dosen pd baik2 anterin sampai rumah juga. hmmm Halo pak Senam dosen UGM, pak BHI dosen di UNJ, pak Sigit dosen UGM juga...kangen sama mereka hohoho...

    ReplyDelete
  2. Nadhira, cerita lagi dong pengalaman puasa disana. Sempet jatuh cinta ga di jerman? #eeaaaaaa....

    ReplyDelete
  3. share dong gmana bs homestay di Jerman??

    ReplyDelete
  4. penasaran, kenapa keluarga asuhnya yang dulu ga ikutan puasa ya??

    ReplyDelete