Karya Pelangi

November 17, 2013

Beberapa bulan lalu, temen gue ngasih tau info kalau ada lomba nulis. Namanya Sayembara Menulis Karya Pelangi. Sebuah sayembara menulis pencarian karya-karya luar biasa yang bertemakan “Love, Dream, and Disability” untuk dikolaborasikan menjadi sebuah buku kumpulan kisah inspiratif mengenai  dunia disabilitas dengan judul PELANGI.

Isi ceritanya udah pasti kisah nyata inspiratif dari para penyandang disabilitas yang ditulis oleh sahabat penyandang disabilitas itu sendiri, keluarga yang punya anak atau saudara special need, volunteer, dan masyarakat umum. Karena gue pas banget lagi kerja sosial di bagian penanganan anak-anak special need di Jerman, jadinya gue nyoba ikutan. Jadi gue masuknya di bagian kategori volunteer.

Karena gue ga pernah ikutan lomba nulis, gue jadi rada grogi gimanaa gitu. Apalagi di ketentuannya gue harus nulis pake Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jadi di bayangan gue, gue ga boleh nulis pake Bahasa Gahoel gitu. Maksudnya pake bahasa gue-elo. Buat gue yang udah kebiasaan nulis blog pake bahasa yang ga baku, susah banget nulis cerita pake Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Gue ampe sempet ga pede ngirim, karena hasilnya jadi kayak bukan gue yang nulis. Maklum, gue biasa nulis blog pengalaman sendiri pake gaya bahasa gue sendiri. Jadi, karakter di tulisan gue keluar. Tapi klo pake bahasa baku, jadi kayak bukan pengalaman gue sendiri jadinya. Makanya gue jadi kudu bertapa dulu berhari-hari sambil nimbang-nimbang : dikirim-nggak-dikirim-nggak-dikirim...Yaudah deh, dikirim. Akhirnya gue kirim. Dan gue udah bisa duga, pasti ga akan juara pertama. Mungkin malah ga akan menang juga.

 photo m119.gif photo m119.gif photo m119.gif
Setelah gue kirim tulisan gue, gue udah ga berharap menang. Yang jelas tulisan gue dikirim, ya udah. Akhirnya setelah ngirim, gue nge follow akun twitter resmi lombanya. Nama akunnya @KaryaPelangi. Ngeliat mention orang-orang, kayaknya dari judulnya aja udah oke, apalagi tulisannya. Langsung gue closed aja itu akunnya, karena gamau terlalu berharap juga hehe  #peace

Beberapa minggu setelah karya gue di kirim, gue mudik sebulan ke Indo. Di situ nyokap gue nanya, pengumuman lombanya kapan? Gue menang atau nggak? Ortu gue semangat banget, karena untuk pertama kalinya gue mau ikutan lomba nulis. Biasanya males hehe.
 photo m048.gif photo m048.gif photo m048.gif
Gue mutusin mau ikutan lomba, karena temanya sesuai sama visi gue beberapa puluh tahun ke depan. Klo mau tau visi gue apa, bisa liat postingan gue di sini : http://nadhira-arini.blogspot.de/2013/11/visi-nya-dhira.html pokoknya klo hal-hal yang berhubungan dengan anak-anak special need, pasti gue usahain ikutan partisipasi. Jadi ga masalah mau menang atau nggak, yang jelas gue ikutan nyumbang karya.

Seminggu setelah gue mendarat dengan selamat di Indo, ternyata pengumuman juara utamanya. Nyokap gue yang paling semangat ngingetin gue buat liat website pengumuman lombanya. Walaupun gue tau gue ga bakalan  juara utama, ntah kenapa gue deg-degan aja buka websitenya. Pas gue liat, taunya bener kaaann gue ga menang haha.
 photo m037.gif photo m037.gif photo m037.gif
Nyokap gue meluk gue terus bilang, "Gak papa sayang, namanya juga baru ikutan lomba perdana. Yang jelas sekarang dapet pengalamannya. Semakin sering ikut lomba, semakin oke pasti tulisan anak mami. Okei? Toh masih ada pengumuman yang satu lagi kan? Mudah-mudahan anak mami masuk 25 karya terbaiknya." Gue cuma ngangguk-ngangguk sambil nyengir. Emang udah feeling ga bakalan menang, kok..hehe
 photo m083.gif photo m083.gif photo m083.gif
Dua hari kemudian klo nggak salah, pengumuman 25 karya terbaiknya. Jadi yang masuk 25 besar ini, karyanya di masukin ke dalem buku. Untuk kategori ini gue ada harapan sedikit. Walaupun ga juara utama, gue masih berharap semoga karya gue masuk jajaran karya terbaik. Sambil guling-guling di atas kasur, gue buka website resminya dari hape. Langsung buka ke kategori Volunteer. Gue yang buka hape sambil gulang-guling ga jelas, langsung berhenti guling-guling di atas kasur. Terus teriak, "MAMAAAAA"

Nyokap gue yang lagi nonton tv sama bokap gue langsung heboh ngeliatin gue. Gue dateng sambil nyodorin hape. "Ini tadi hasil pengumumannya Mbak Dhira udah liat, mam, beh.."

Ternyata hasilnya ini :
 photo m135.gif photo m135.gif photo m135.gif

ALHAMDULILLAH, masuk 25 karya terbaiiikk. Ulalala~ Nama gue paling atas lagi haha.
"Aduh Alhamdulillah anak mami, menangg. Hebat nih, anak mamii. Sini mama peluk sayaang. Tuh kan, di bilangin pasti masuk 25 besaaar."
Bokap gue, "Nah kaan, anaknya siapa dulu doongg. Kerreenn" 
Gue : "Anaknya mami beh hehe"
Bokap gue manyun, "Gitu yaa, giliran yang bagus-bagus aja, ga ngaku anaknya bapak. Curang nih."
Tapi walaupun udah menang gitu, gue masa masih ragu juga, "Kayaknya Mbak Dhira menang karena lagi volunteer di Jerman kali ya, mam, beh? Bukan karena tulisan Mbak Dhira bagus? Abis, bahasa tulisannya bukan Mbak Dhira banget sih..baku gitu. Kaku banget kayaknya."
Bokap gue, "Nggak dong, sayang. Jurinya pasti punya kategori penilaian. Kalau kamu menang berarti tulisanmu baguus. Pede ajaa. Anak bapak kan, hebat." 
Gue cuma ngangguk-nganggu seneng hehe.

Tapii sayang banget, gue ga bisa dateng ke launching bukunya tanggal 3 November kemarin. Soalnya, gue udah balik lagi ke Jerman. Hiks. Tapiii, panitianya baik banget. Lewat Mb Anis sang Ketua Panitia, akhirnya gue minta tolong supaya sertifikat gue dikirim ke alamat rumah. Alamat rumah di Bogor yaa, bukan di Jermaaann hehe. Makasih banyaaakk.

Nah, tadi pagi nyokap gue nge whatsapp ngirim foto. Gambar fotonya ternyata sertifikat gue udah sampe. Gue kira cuma sertifikat sama bukunya doang, taunya ada pialanya jugaaa. Waah, selama 21 tahun gue hidup, baru pertama kali gue punya piala sendiri hehe. #Bangga
 photo m171.gif photo m171.gif photo m171.gif

Ini dia fotonya :
Ya Allah, Aku punya Piala Ya Allah :D
 photo 81.gif photo 81.gif photo 81.gif

Makasih banget buat seluruh panitia Karya Pelangi, karena ngasih kesempatan gue yang males ikutan lomba jadi mau ikutan lomba hehe. Insya Allah, bisa terus berbagi dengan ikutan partisipasi setiap tahun :D
 photo m087.gif photo m087.gif photo m087.gif
Sertifikatnya juga berguna buat gue apply kuliah di sini. Kan jurusan yang mau di ambil berhubungan jugaa. Jadi bisa langsung gue translate itu sertifikat. Ihiiy. Alhamdulillah :)

So, buat temen-temeeeenn. Ayo beli buku karya kita-kita nih...
Isinya pasti penuh inspirasii. 
Kabar terakhir, katanya udah ada di Gramedia.
Tapi klo mau tau lebih lanjut bisa add facebok Karya Pelangi di sini : https://www.facebook.com/kolaborasipelangi
Atau follow akun resminya di sini : https://twitter.com/KaryaPelangi

Mama bilang:
 “Allah menutup pintu tapi Allah juga membuka jendela, sayang…
Allah menutup kemampuan utama orang-orang itu, tapi Allah juga membuka kemampuan lain yang mungkin orang lain yang normal sekalipun belum tentu bisa ngelakuinnya. Selalu beryukur ya sayang. Allah itu adil, nak… “

SELAMAT MEMBACA SEMUAA!! :D
 photo m120.gif photo m120.gif photo m120.gif

You Might Also Like

11 comments

  1. selamat ka nadhira... yeee.. congratulations!!!
    barokallah... langsung searching bukunya aaah

    ReplyDelete
  2. Wooww,, senengnya yahh baru ikutan lomba perdana langsung menang pula. Congrats Mba Dhira yakin aja kamu bisa pasti bisa. Hmmm,, kalo Mba sih, boro-boro menang, paling cuma dilirik aja trus udah ada di list kalo Mba udah terdaftar lomba, Mba nggak pernah menang sihh,,,(T T) *sedih berurai air mata <--- Lebay deh
    Oh yah, Mba juga sekarang balik lagi ngeblog trus bingung nulis apa akhirnya jadi GA hunter and blog contest lumayan daripada blognya nganggur, hehe DAN lagi-lagi nggak menang juga,, Nasib, hehehe hikshishiks..
    Tapi, alhamdulillah juga sih bloggnya Mba nggak kayak kuburan banget, ada lah postingannya walaupun hanya sekedar ngontes atau memburu GA dengan hadiahnya lumayan.
    Btw, Mba Anis itu nama lengkapnya sapa yah? berasa kenal, hehehe..
    Sekali lagi selamat yah Mba Dhira, dan salam kenal juga <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah mb, jangan ga pede gitu doongg hehe
      coba aja terus nulis, kan lama-lama kelatih. Terus suatu saat menaang lomba deehh :D

      Nama panjangnya mb anis : Anis Diah Ayu Masita. Kenal ga? hehe

      Delete
  3. Kalo kamu fokus di satu bidang,insyaallah kamu akan sukaes disitu,seperti cahaya matahari akan bisa membakar kertas kalo kita fokuskan cahayanya dengan suryakanta alias kaca pembesar. Sukses buat anak mama yang hebat,semoga jadicontoh untuk adik- adikmu... Ailapyu say

    ReplyDelete
    Replies
    1. iii mamiii, masa mb dhira baru baca komen mami yg ini cobaaa O,O kok bisa ya, ga kebaca?hiks.

      iya mam, In shaa Allah mb dhira bisa sukses di bidang yg mb dhira suka ya maamm. I lopyu tuuu :) *kissu2*

      Delete
  4. ^mamanya mb dhira ya?? Hehe


    Yeyeyeyeyey mb dhira menaaang,, bdw,, piala nya cantiiik.. Mau doongg,, xixixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,salam kenal. Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca blog mbak Dhira,putri sulungku yang hebat,hehe..

      Delete
  5. Jadi penasaran. pengen nyari bukunya trus baca tulisan mbak dhira :D

    Keep writing ! :)

    ReplyDelete
  6. Selamat ya.. U deserved it !!! Oya, kalo pertama kali punya piala berarti saat SD ampe SMA belum pernah dapat misal lomba-lomba apa aja gt ? Bagus jg buat motivasi para ortu jaman sekarang yg suka nuntut anaknya yg usia sekolah agar menang2an..pdhl gedenya belum tentu berhasil..Makasih ya buat blog indahnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaa hehe
      pernah sih waktu TK menang lomba busana muslim. Juara dua klo ga salah. Inget banget, menangnya karena pake baju buatan mama saya hehe

      Sebenernya banyak sih dl lomba yg bisa aku ikutin, tapinya jaman dulu synya males aja ikutan lomba hehe orang tua saya juga Alhamdulillahnya ga pernah maksa :D

      makasih mb udah nyempetin baca blog sayaa :)

      Delete

Like us on Facebook

Follow me on IG : @nadhiraarini